-->

Kasrul Selang Jelaskan Kesiapsiagaan Pemprov Maluku Hadapi Pandemi Corona

Kasrul Selang Jelaskan Kesiapsiagaan Pemprov Maluku Hadapi Pandemi Corona


Kasrul Selang Jelaskan Kesiapsiagaan Pemprov Maluku Hadapi Pandemi Corona

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang, menjelaskan kesiapsiagaan Provinsi Maluku dalam menghadapi penyebaran Virus Corona.

Pada 27 Januari 2020, setelah Virus Corona mewabah, pihaknya langsung membentuk Satgas dan melaksanakan beberapa agenda rapat dengan pihak atau dinas terkait, termasuk menentukan tugas dari dinas tersebut.

Penjelasan ini disampaikan Selang di dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Maluku bersama OPD terkait dari unsur TNI/Polri di lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Ambon Senin (16/3).

"Tadi malam di Pelabuhan Yos Sudarso, sekitar 400 penumpang Kapal Ngapipulu diperiksa petugas menggunakan Thermometer Gun," katanya.

Selang menjelaskan, saat mereka mendapat informasi tentang dugaan salah satu warga di Saumlaki, Kepulauan Tanimbar, terpapar viris Corona pada 13 Februari lalu, pihaknya langsung menurunkan tim untuk mencari kebenaran informasi tersebut.

Pasien itu ternyata berstatus atau masuk kategori "orang yang diawasi". Pasien ini diketahui mengalami kelelahan usai menempuh perjalanan dari Kuala Lumpur, Malayasia.

"Meski begitu, kami tetap tindaklanjuti dengan pihak terkait," jelasnya.

Menurut Selang, beberapa persoalan lainnya yang sedang mereka tindaklanjuti adalah mengenai kunjungan para turis di Maluku. Mengenai kunjungan ini, mereka telah berkordinasi dengan pihak Imigrasi.

Menyangkut penyediaan fasilitas rumah sakit, lanjut Selang, tempat tidur pasien Virus Corona yang disiapkan di RSUD dr. Haulussy yang sebelumnya berjumlah 6 unit, kini berjumlah 13 unit. Ia mengaku, semoga 13 tempat tidur itu tidak terpakai. Sementara untuk rumah sakit di Kota Ambon yang sudah memiliki fasilitas ruang isolasi selain RSUD dr. Haulussy, juga tersedia RST dr. Latumeten, dan RSUP Dr. Leimena.

"Di Pulau Seram, kami memiliki rumah sakit rujukan yakni di RSUD Masohi (Maluku Tengah) di Rumah Sakit Sadsuitubun Langgur" ujarnya.

Menurut dia, pihaknya telah membentuk Gugus Tugas yang akan bekerja mengawasi dan mencegah menularnya Virua Corona ke Maluku.

"Ini contoh saja, bagaimana kalau ada satu pasien yang terduga, misalnya ada di Pulau Romang. Evakuasinya nanti seperti apa? Dari Romang ke Tiakur, sementara di Rumah Sakit Tiakur belum ada ruang isolasinya. Maka ada kemungkinan, apakah akan dibawa ke Ambon atau bagaimana? Meski begitu, akan disiapkan ambulance laut," ujar Selang. (HumasMaluku)

Murad Ismail Pimpin Rakor Pencegahan Virus Corona Masuk Wilayah Maluku

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Gubernur Maluku, Murad Ismail, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka menghadapi dan mencegah pendemi virus Corona atau Covid-19 masuk ke wilayah Maluku. Sejauh ini, kata Murad, belum ditemukan adanya kasus positif Corona di daerah kepulauan ini.

Rakor dengan tema "Cegah Covid-19" itu, dihadiri seluruh Forkopimda Provinsi Maluku, DPRD Maluku, Walikota Ambon, serta sejumlah pihak terkait lainnya, Senin (16/3).

"Percepatan penanganan Corona harus dilaksanakan secara masif, melibatkan seluruh sumber daya yang ada," kata Murad.

Wabah Corona yang terus menyebar itu, kini mendapat perhatian serius Pemerintah Pusat. Pemerintah bahkan telah menetapkan status Darurat Bencana Nasional pada 14 Maret 2020 lalu.

Presiden RI Joko Widodo, selanjutnya menandatangani Keppres No. 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dan menunjuk Kepala BNPB, Letjen Doni Munardo, sebagai ketua pelaksana tingkat nasional.

"Setelah dibentuk Gugus tersebut, 14 Maret lalu, Pak Doni lantas memberikan sejumlah arahan," kata Murad.

Arahan tersebut diantaranya, kata Murad, perhatian utama pemerintah saat ini adalah menyembuhkan pasien yang terpapar virus Corona, dan melindungi masyarakat yang sehat.

Para kepala daerah di tingkat provinsi dan kabupaten kota diminta membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus di skala daerahnya. Pembentukan ini dibantu oleh Pangdam, Danrem, Kapolda, Kadis Kesehatan, BPBD Maluku, serta pihak terkait lainnya.

"Aksi nyata yang telah dilakukan adalah perbanyak tempat pengawasan atau pengetesan Covid-19, perbanyak Talkid untuk tes secara cepat, serta memperbanyak tenaga medis dan melibatkan masyarakat secara aktif" lanjut Murad.

Ia mengajak, meskipun belum ditemukan masyarakat Maluku yang positif terpapar virus Corona, namun kita tidak boleh lengah menghadapi ancaman wabah Corona. Pelaksanaan Rakor ini merupakan sarana tukar pikiran dan kolaborasi guna mencegah masuknya virus yang berasal dari Wuhan (China) itu ke Maluku. Adapun kebijakan yang nanti disepakati, lanjut Murad, diharapkan dapat dilaksanakan secara gotong-royong atau bersama-sama.

"Demi masyarakat Maluku, tak hentinya saya memohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak, agar penanganan Covid-19 di Maluku dapat berhasil," pinta Murad kepada para undangan Rakor.

Sebagai langkah nyata, Pemprov Maluku, telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku. Dilaksanakan pula upaya edukasi melalui sosialisasi kepada masyarakat secara langsung, maupun melalui media.

"Kita juga telah melaksanakan assessment atau penilaian, untuk mengetahui secara pasti kapasitas sarana dan prasarana kesehatan di Provinsi dan Kbupaten kota," ujar Murad.

Dalam Rakor itu, Murad berhadap sinargitas dan kolaborasi lintas sektor di Maluku dapat berjalan baik, dan bisa mencegah menyebarnya virus Corona di Maluku. (HumasMaluku)

Rinto Pudyantoro Ungkap Bentuk Siaga SKK Migas Pamalu Hadapi Pandemic Virus Covid-19

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

MANOKWARI, LELEMUKU.COM – Kesehatan dan keamanan bekerja adalah bagian yang tidak terpisahkan dari prosedur berkegiatan di hulu migas nasional, yang tentunya banyak bersinggungan dengan kondisi global.

Sehubungan dengan situasi dan kondisi global maupun nasional terkait pandemi yang disebabkan oleh Novel Corona Virus (COVID-19), SKK Migas yang merupakan bagian koordinasi dari Kementerian ESDM tengah menyelaraskan arahan MESDM, yang disampaikan melalui Surat Edaran nomor 4.E/70/SJN.P/2020 guna Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), dengan terlebih dahulu mengedarkan surat himbauwan kewaspadaan Covid-19 no 0041/SKKMF0000/2020/S1 tanggal 03 Maret 2020 kepada operator hulu migas.

Upaya upaya yang dilakukan, tidak terlepas hanya dengan membatasi Sosial Distancing para pekerja hulu migas dalam bentuk travel advice untuk kegiatan operasionalnya, namun upaya prefentif berupa survilance monitoring, untuk mewaspadai novel coronavirus dengan secara rutin melakukan pendataan status kesehatan dan kondisi pekerja yang memilki riwayat perjalanan operasional untuk tetap dimonitor dengan baik.

"Kami di kantor Perwakilan SKK Migas Pamalu, tetap melakukan kegiatan dengan prioritas prioritas yang ada dengan tetap terukur", jelas A Rinto Pudyantoro, selaku Kepala Perwakilan SKK Migas untuk wilayah Papua dan Maluku.

"Seperti biasa, dalam kondisi kegiatan rutin, tentunya pekerjaan pekerjaan kami tidak hanya memerlukan pemikiran pemikiran yang selalu dituntut untuk dilakukan, namun juga memerlukan ketahanan kondisi fisik yang harus baik", tambah Rinto.

"Untuk yang tidak fit, harus segera kedokter dan menyertakan surat dokter, bila ada pekerja dengan riwayat memilki deman, yang menjadi salah satu indikasi kewaspadaan, berdasarkan monitoring suhu tubuh pekerja akan terpantau secara dini, dan kami melaporkannya secara berkala kepada Dokter SKK Migas" Tegas Rinto.

Tidak hanya pendataan, SKK Migas KKKS secara terus menerus tetap menjalankan health advice, yang berupa budaya hidup sehat dan bersih, dengan menyediakan alat alat bantu higenis di lokasi kerja, seperti handsanitizer, yang turut bermanfaat menjaga agar penyebaran pademik tidak semakin luas.

Pemberlakukan pembagian tugas bekerja dari kantor dan berkerja dari rumah, merupakan pilihan yang paling optimal, guna tetap mengupayakan kemaslahatan masyarakat dengan tetap optimis ikut turut menjaga pembatasan penyebaran virus Covid-19. (HumasSKKMigasPamalu)

Baharudin Djafar Apresiasi Warga Desa Taar dan Holat di Kota Tual

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Baharudin Djafar,M.Si didampingi Komandan Korem 151/Bianiya, Kolonel Inf Hartono, SIP, dan sejumlah pejabat utama Polda Maluku, melakukan tatap muka dengan warga desa Taar, dan desa Holat yang bermukim di kompleks Un, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual pada Kamis (12/03/2020).

Tatap muka itu berlangsung di Aula kantor Walikota Tual dan dilaksanakan dalam rangka mencairkan suasana ketegangan kedua warga yang nyaris bentrok akibat terjadi kesalapahaman itu.

Kapolda Irjen Pol. Baharudin Djafar juga mengapresiasi, langkah kedua masyarakat desa tersebut, yang telah menahan diri sehingga bentrokan kedua warga desa tersebut tidak meluas.

"Saya (Kapolda) dan pak Dandrem serta seluruh unsur yang ada disini (hadapan warga) mengapresiasi warga karena tidak terlibat bentrokan yang meluas," kata Kapolda dihadapan, warga kedua desa, Kamis (12/3/2020).

Menurut Kapolda, kedua masyarakat itu telah menunjukan sikap yang baik, dalam menghadapi permasalahan diantara mereka.

"Kita hadiri disini hanya untuk memberikan penguatan- penguatan kepada masyarakat, sehingga masyarakat itu lebih sadar, dan bijak dalam menyikapi berbagai persoalan, termasuk dalam membantu menjaga maupun memelihara sitkamtibmas," papar jenderal polisi dua bintang itu.

Orang nomor satu di Polda Maluku itu juga mengaku, pihaknya akan mengusut tuntas motif dibalik persoalan hingga mengakibatkan kedua kelompok masyarakat itu nyaris bentrok.

"Percayakan sama kami, Insha Allah jika itu ada perbuatan yang melawan hukum akan, kami ambil langkah dan upaya hukum sesuai mekanisme yang berlaku," tegas Kapolda.

Mantan Kapolda Sulawesi Barat ini menghimbau, masyarakat untuk tidak lagi terpancing terhadap informasi-informasi maupun isu yang sengaja dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, yang ingin mengacaukan keamanan dan ketertiban masyarakat kedua desa tersebut.

"Jika terjadi sesuatu jangan main hakim sendiri, serahkan kepada aparat keamanan. Ada polisi, dan TNI,"tandas mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini.

Sekedartahu, warga dari desa yaitu Taar dengan Holat di Kota Tual, siang kemarin terlibat bentrok, masyarakat dari dua kelompok terkonsentrasi dengan menggunakan alat tajam dan nyaris bentrok. (HumasPoldaMaluku)

Baharudin Djafar Pimpin Apel TNI-Polri di Lokasi Pemicu Ketegangan Warga Desa Taar dan Holat

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Baharudin Djafar,M.Si memimpin apel personil gabungan TNI-Polri, diperempatan Un Wartel lokasi pemicu ketegangan antar warga desa Taar dan Holat, yang bermukim di kompleks Un, Kecamatan Dullah Selatan, Kota Tual, Jumat (13/3/2020).

Apel dilokasi kejadian dihadiri oleh Dandrem 151/Binaiya, Karo Ops Polda Maluku, Kabidhumas, Dansat Brimob, Danlanal Tual, Dandim, Kapolres dan para tokoh masyarakat dari kedua kelompok warga, juga disaksikan oleh kedua kelompok masyarakat, yang nyaris bentrok itu.

Kapolda mengatakan, apel itu sengaja dilaksanakan dilokasi kejadian untuk menunjukan kepada masyarakat agar selalu hidup dalam suasana damai.

"Kita berikan penguatan- penguatan dan semangat kepada personil kita dalam melaksanakan tugas dilapangan. Ada sekitar 150 personil gabungan. Selain itu juga kita tunjukan buat masyarakat bahwa ada aparat keamanan yang selalu bersama mereka, sehingga ketika terjadi sesuatu harus melibatkan aparat," kata Kapolda, saat pelaksanaan apel tersebut.

Menurut jenderal polisi Bintang dua ini, aparat keamanan akan meningkatkan patroli di Kota Tual, dan Maluku Tenggara, termasuk dikedua pemukiman masyarakat tersebut.

"Kehadiran kita (TNI-Polri) ditengah-tengah masyarakat itu sebuah kewajiban, karena kita berasal dari sana (masyarakat). Kita harus berikan rasa aman dan nyaman untuk mereka. Patroli akan kita intensifkan diseluruh wilayah ini," tutur jenderal Bahar, sapaan Kapolda.

Orang nomor satu di Polda Maluku, memastikan situasi dan kondisi keamanan6 diperbatasan kedua desa termasuk Maluku Tenggara dan Kota Tual, saat ini dalam kondusif aman terkendali.

"Alhamdulillah pasca pertemuan semalam di kantor Wali Kota, situasi sudah sangat aman terkendali, masyarakat diperbatasan kedua desa juga sudah beraktivitas seperti sediakala, hanya saja personil masih kita tempatkan dilokasi ini (perempatan Un Wartel) dan patroli jalan sama biasa," terang alumnus Akpol 1986.

Mantan Karo Paminal Devisi Propam Polri ini kembali mengapresiasi, langkah kedua masyarakat desa tersebut, yang telah menahan diri sehingga bentrokan kedua warga desa tersebut tidak meluas, dan kini kondisi di Kota Tual sangat aman terkendali.

"Saya (Kapolda) dan pak Dandrem serta seluruh unsur sangat mengapresiasi warga karena tidak terlibat bentrokan yang meluas, kemudian kondisi keamanan daerah ini,"tandas mantan Kapolda Sulawesi Barat. (HumasPoldaMaluku)

Temui Pemilik Rumah Rusak Akibat Ketegangan Warga Desa Taar dan Holat, Baharudin Djafar Minta Jangan Terprovokasi

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs Baharudin Djafar,M.Si didampingi Komandan Korem 151/Binaiya, Kolonel Inf. Hartanto,SIP dan sejumlah pejabat utama Polda Maluku, serta Forkopimda Kota Tual, menemui pemilik rumah rusak akibat ketegangan antara warga desa Taar dan Holat yang bermukim di kompleks Un Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual, Jumat (13/3/2020).

Tak hanya menemui para pemilik rumah Kapolda juga menghimbau, warga agar tidak terprovokasi terhadap informasi dan isu yang sengaja dihembuskan untuk mengacaukan situasi dan kondisi keamanan di Kota Tual, khususnya wilayah tersebut.

Kapolda mengaku, pihaknya dan Pemerintah Kota Tual, akan membantu biaya kerugian terhadap rumah-rumah warga tersebut.

"Ada sekitar tiga rumah milik saudara kita Meluas Silubun, Ibrahim Betaubun, dan Kace Songyanan yang mengalami kerusakan akibat kesalapahaman itu. Dan rumah-rumah itu akan kita bantu untuk perbaiki m," tegas alumnus Akpol 1986 ini.

Disela-sela kunjungan itu, orang nomor satu di Polda Maluku ini juga sempat berdialog dengan warga, terkait kondisi keamanan maupun pentingnya kehidupan umat beragama di kota tersebut.

"Selain kita bantu mereka, kita juga akan mengusut tuntas persoalan ini sehingga tidak membias. Kemudian kami minta kepada masyarakat bantu aparat keamanan untuk sama-sama menjaga situasi dan kondisi. Kita semua bersaudara maka jangan saling menyakiti maupun melukai," imbuh jenderal hobi berdakwah ini. (HumasPoldaMaluku)

Ciptakan Kondisi Aman dan Kondusif di Kota Ambon, Personil Sabhara Polda Maluku Tingkatkan Patroli

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan situasi keamanan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) yang aman dan kondusif khususnya bagi warga kota Ambon, personil Polisi Reaksi Cepat (PRC) Direktorat Sabhara Polda Maluku, mengintensifkan patroli.

Direktur Sabhara Polda Maluku Kombes Pol. Drs. Irwan Rahmaini, mengatakan, pihaknya mengintensifkan patroli itu, guna melakukan pencegahan terhadap berbagai kejahatan yang dapat memicu terjadinya gangguan Kamtibmas.
"Yang kita laksanakan ini merupakan patroli dialogis, dan itu dilakukan secara intensif untuk mencegah kejahatan yang bisa berimplikasi pada gangguan sitkamtibmas," kata Kombes Irwan, kepada media, Minggu (15/3/2020).

Menurutnya, patroli yang dilaksanakan itu merupakan patroli dialogis dengan menyasar sejumlah ruas jalanan dan kawasan pemukiman warga di Kota Ambon.
"Setiap malam kita melaksanakan patroli dialogis dengan menyasar akses utama seperti di Aster, Batumerah, Belso, jalan Pattimura, Urimesing, Batu Gantung, Kudamati, Talake, pasar Mardika,dan Ongkoliong, bahkan kesejumlah kawasan pemukiman,"bebernya.

Mantan Kapolres Sleman Polda D.I.Y menambahkan, sasaran dari patroli tersebut yakni daerah rawan terjadi gangguan kamtibmas.
"Misalnya nasyarakat yang sementara nongkrong di pinggir jalan hingga larut malam, balap liar, judi hingga miras. Ada yang kita bina dan ada juga yang kita tindak sesuai dengan prosudur yang berlaku,"ujarnya.

Alumnus Akpol 1989 ini mengaku, patroli yang dilakukan oleh personilnya itu untuk membeckup Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, dalam rangka menjaga situasi dan kondisi keamanan di Maluku, khususnya Kota Ambon. "Kita akan selalu beck up Polresta, biar Maluku terutama Kota Ambon ini benar-benar aman dan nyaman bagi siapapun," tandas pria dengan tiga melati di pundaknya itu. (HumasPoldaMaluku)

Antisipasi Virus Corona, Baharudin Djafar dan PJU Polda Maluku Periksa Panas Tubuh

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Untuk mencegah dan mendeteksi penyebaran virus corona atau virus Covid-19 bagi anggota Polri, dilingkungan Polda Maluku, Kapolda Irjen Pol. Drs. Baharudin Djafar,M.Si dan Sejumlah Pejabat Utama (PJU) melaksanakan pemeriksaan panas tubuh dengan menggunakan termal scanner yang berlangsung di ruang transit lapangan Letkol C.H Tahapary Tantui, Senin (16/3/2020).

Kapolda mengatakan, saat ini kita harus fokuskan untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sehingga tidak mudah untuk terkena virus mematikan itu.

"Kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal yang sangat utama dalam mencegah virus tersebut. Jangan sampai kita lalai untuk menjaga kebersihan dan stamina tubuh kita," kata Kapolda, sesaat sebelum pemeriksaan panas tubuh tersebut.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini juga memerintahkan, seluruh personilnya untuk rutin mengecek dan mamantau kesehatan tubuhnya.

"Mari kita cegah penyebaran virus itu selain dengan menjaga kebersihan kita juga harus rutin mengecek kondisi kesehatan kita," imbuh jenderal polisi bintang dua ini.

Alumnus Akpol 1986 itu menambahkan, perintah dan himbauan dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis sudah sangat jelas untuk dilaksanakan oleh seluruh jajaran kepolisian termasuk di Polda Maluku.

"Menyediakan alat pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk gedung/kantor dan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang yang masuk serta berkoordinasi dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat bila ditemukan adanya orang yang dicurigai (suspect) terpapar virus corona,"paparnya.

Kemudian, Menyediakan cairan antiseptik (hand sanitizer/sabun cuci tangan) dan mewajibkan setiap anggota secara berkala mencuci tangannya.

Selalu menggunakan penutup mulut terutama saat batuk maupun bersin dan segera buang ke tempat sampah, membersihkan barang-barang yang sering tersentuh banyak orang/rentan terkontaminasi.

Membiasakan atau menjadikan protap dalam memberi atau menerima salam tidak melakukan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium pipi kanan-kiri, dan bentuk kontak fisik lainnya. Sebagai contoh salaman yang dianjurkan tanpa kontak fisik salam dengan menyatukan telapak tangan di depan dada, salam dengan menyentuh dada kiri dengan tangan kanan, hormat sesuai pud.

Agar satker atau satwil menyiapkan rencana kontingensi dalam mengantisipasi perkembangan penyebaran virus COVID-19 dan melakukan pelatihan berdasarkan protokol WHO. (HumasPoldaMaluku)

Adolof Bormasa Pimpin Aksi Pencegahan Virus Korona TNI Dan Polri di Kepulauan Tanimbar

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Personil gabungan yang terdiri dari TNI-Polri di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menggelar kegiatan kerja bakti terpadu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa tempat Ibadah,diantaranya Masdjid An-Nur Saumlaki,Masjid Al-Ikhlas Saumlaki,Masjid Baabuq Taqwa Saumlaki,Gereja Protestan Damai Saumlaki dan Gereja Katolik Santo Matias Saumlaki.Minggu (15/3/2020) sekitar pukul 14.00 wit.

Kegiatan kerja bakti tersebut dilakukan untuk mencegah adanya virus Korona dengan aksi bersih-bersih.

Sasaran dari aksi bersih – bersih tersebut yaitu selokan air, membersihkan halaman, membersihkan sampah-sampah yang berserakan sekitar lokasi Masjid dan Gereja.

Sementara itu sebanyak 150 personil terdiri dari 70 Personil Polres Maluku Tenggara Barat,30 Personil Brimob Kompi 3 Batalyon C dan 50 Personil Kodim 1507 Saumlaki, diterjunkan untuk melaksanakan giat bakti bersama.

Kegiatan bakti bersama ini dipimpin langsung Kapolres Maluku Tenggara Barat (MTB) AKBP Adolof Bormasa,S.H.,M.H, didampingi Dandim 1507 Saumlaki Letkol Inf Rahmad Saerodin,S.I.P, serta PJU Polres maupun Kodim. (HumasPolresMTB)

Polres MTB Berbagi Kasih Lewat Program Berseri Kepada Veronika Sarbunan

Posted: 16 Mar 2020 12:23 PM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku menyerahkan bantuan program Berbagi Seribu Sehari (Berseri) kepada Veronika Sarbunan pada Senin (16/03/2020).

Veronika Sarbunan adalah seorang Janda yang bertempat tinggal di Desa Olilit Raya bagian timur, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel). Sembako yang diserahkan berupa 10 kg beras, 10 kg gula pasir, 5 liter minyak goreng Bimoli , 1 rak telur dan 1 karton supermi.

Penyerahan sembako oleh Kbo Sat Narkoba Polres MTB, Ipda Y.Rumlaan dan didampingi personil Sat Narkoba beserta Pengurus Bhayangkari Sat Narkoba dan Bhabinkamtibmas Desa Olilit Raya bagian Timur Bripka Antonius Dasfamudi.

Pada kesempatan itu, Kbo Sat Narkoba menyampaikan Pesan Kapolres MTB, Adolof Bormasa bahwa program itu merupakan pemberian ikhlas dari seluruh Personil Polres MTB dan Kompi Brimob dengan harapan semoga bermanfaat bagi keluarga.

Sementara itu penyampaian ucapan terima kasih dari penerima bantuan, Veronika Sarbunan disertai doa semoga Tuhan memberikan yang terbaik kepada Kapolres MTB beserta anggota dan keluarga. (HumasPolresMTB)

Deteksi Dini Covid-19 di Tanimbar, Hartanto Gelar Pemeriksaan di Lanal Saumlaki

Posted: 16 Mar 2020 11:23 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Komandan Pangkalan TNI AL Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Letkol Laut (P) Hartanto,M.Tr memerintahkan untuk adanya pemeriksaan kesehatan sesuai prosedur yang telah ditentukan oleh WHO pada Senin (16/02/2020).

Hal tersebut dilakukan menyikapi adanya penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) yang sedang gencar-gencarnya di dunia, khususnya di Indonesia yang telah mencapai 117 kasus dengan korban meninggal 1 orang WNA di pulau jawa, secara khusus di Solo, Jawa Tengah.

Pemeriksaan yang dilakukan bagi Personel Lanal Saumlaki, pengurus Jalasenastri, Tamu maupun bagi para pekerja yang akan melaksanakan pembangunan Dermaga Lanal Saumlaki tahap II yang akan dimulai dalam waktu dekat.

Kemudian proses pemeriksaan bagi Personel dan Jalasenastri dilaksanakan di Balai Pengobatan Lanal Saumlaki Jl. Slamet Riyadi No 01 Dsn. Lakateru Ds. Olilit Raya, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Sementara, bagi tenaga ahli konstruksi yang di datangkan dari Pulau Jawa yang tiba pada Senin ini juga dilakukan proses pemeriksaan yang dilaksanakan di ruang VIP Bandar Mathilda Batleyari Jln. Mangkawar, Desa Lorulun, Kecamatan Wertamrian yang dilaksanakan oleh tenaga medis Lanal Saumlaki dr. Setyo Heka Arianto beserta satu anggota kesehatan BP. Lanal Saumlaki.

Pemeriksaan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah. Adapun batas minimum suhu tubuh 36° C dan batas maksimal 37°C bila ditemukan suhu tubuh melebihi batas tersebut perlu tindakan medis lebih lanjut.

Dalam proses pemeriksaan yang dilaksanakan oleh tenaga medis Lanal Saumlaki tersebut tidak ditemukan tanda-tanda gejala Covid-19 dan di simpulkan keluarga besar Lanal Saumlaki, Personel Lanal Saumlaki beserta pengurus jalasenastri dan para tenaga ahli konstruksi yang akan melaksanakan pembangunan Dermaga Lanal Saumlaki tahap II dinyatakan sehat. (LanalSaumlaki)

Adolof Bormasa Jadi Irup di SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar

Posted: 16 Mar 2020 02:53 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Maluku Tenggara Barat (MTB) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, AKBP Adolof Bormasa, S.H., M.H bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Tanimbar pada Senin (16/03/2020).

Turut hadir mendampingin Kapolres Bormasa pada giat upacara bendera diantaranya, Iptu F.Patinasarany,S.H, Bripka H.Y.Tanamal, Bripka F.Y.Punay. dan Bripda T.Wacano.

Dalam amanatnya Kapolres Bormasa Mengajak para siswa-siswi beserta staf dewan Guru untuk memanjatkan Puji Syukur kehadirat Tuhan yang maha Kuasa, atas berkatnya dapat berkumpul melakanakan upacara bendera.

Kemudian ia memberikan koreksi tentang pelaksanaan upacara bendera, diantaranya Penggerek bendera siswa-siswi SMA Negeri 8 Kabupaten Kepulauan Tanimbar harus lebih ditingkatkan dan untuk tiang bendera milik sekolah itu harus segera diganti karena kondisi fisik Tiang yang sudah rusak.

"Menyangkut kesiapan para siswa-siswi saat bendera merah putih dikibarkan, masih terdapat siswa-siswi yang banyak gerak didalam barisan. Saya beri apresiasi kepada Staf dewan guru SMA Negeri 8, para murid dihimbau tidak melawan perintah dari Dewan guru," kata dia.

Bormasa pun memberikan tips kunci sukses, yaitu taat kepada Tuhan yang Maha Esa, taat kepada orang tua dirumah dan guru disekolah, rajin dan Tekun dalam Belajar.

Selanjutnya, ia mengakhiri dengan tips cara belajar yang baik dan benar dimana sepulang sekolah sebelum makan harus melihat kembali pelajaran yang telah dipelajari disekolah.

Setelah makan malam , siswa-siswi diharapkan untuk belajar malam. Jam 5 subuh, siswa-siswi diharapkan bangun dan belajar. Hari Minggu wajib untuk istirahat dan luangkan waktu untuk rekreasi setelah itu malamnya kembali laksanakan kegiatan belajar malam serta menjaga kondisi fisik dan Kesahatan.

"Tips-tips ini dilakukan agar dilaksanakan guna menciptakan generasi muda Tanimbar yang sukses dan berkualitas tinggi dimasa depan. Berkaitan dengan penyebaran Virus Korona yang sudah menjadi perhatian nasional maupun dunia, Siswa-siswi beserta Staf dan Dewan guru diharapkan menjaga kestabilan stamina dan menjaga kebersihan tubuh maupun lingkungan disekitar," tambahnya.

Amanat dan arahan Kapolres Bormasa pun mendapat tepukan tangan dan apresiasi dari para Guru maupun siswa – siswi SMA Negeri 8 Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Upacara berlangsung dengan situasi yang aman terkendali. (HumasPolresMTB)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel