-->

Satgas TMMD 107 Terapkan Physical Distancing Saat Makan Siang Bersama

Satgas TMMD 107 Terapkan Physical Distancing Saat Makan Siang Bersama


Satgas TMMD 107 Terapkan Physical Distancing Saat Makan Siang Bersama

Posted: 28 Mar 2020 02:32 AM PDT

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Di sela-sela pekerjaan fisik yang mereka kerjakan, personel TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 107 di perbatasan RI – PNG tetap mengikuti perkembangan informasi tentang wabah Covid 19 di tanah air.

Menurut Kapendam XVII/Cenderawasih, Kol. Cpl Eko Daryanto bahwa selain sering mencuci tangan, mereka juga menerapkan physical distancing (jaga jarak perorangan) saat melaksanakan makan siang bersama. Masing-masing anggota menempatkan diri kurang lebih 1 meter dari rekannya dan menghindari posisi berhadap-hadapan. Mereka juga tetap menjaga kebugaran tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

"Meskipun sederhana, tapi kami menyiapkan makanan yang mempunyai nilai gizi yang cukup. Kami juga selalu menyiapkan lauk pauk bervariasi, termasuk lauk daun. Lauk daun (sayuran) ya, bukan lockdown," canda Kol. Inf Jerry, Dandim 1701/Jayapura yang menjabat sebagai Dansatgas TMMD.

Kualitas makanan menjadi salah satu kunci kebugaran personel TMMD yang melakukan pembangunan gereja dan rumah di Kampung Kibay. Selain itu Dansatgas juga menyiapkan suplemen vitamin bagi anggotanya sebagai penunjang imunitas tubuh.

Logistik yang disiapkan oleh Satgas TMMD tentunya bukan hanya diperuntukan bagi personel TNI, namun juga bagi masyarakat yang aktif membantu pekerjaan pembangunan. Kegiatan makan bersama ini menjadi media mempererat keakraban antara prajurit TNI dan masyarakat Kampung Kibay.

"Tujuan TMMD ini bukan hanya membantu akselerasi pembangunan di daerah tertinggal, tapi yang utama adalah membangun kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat. Karena dengan kemanunggalan itu lah sebenarnya kita bisa sama-sama menjaga keamanan dan kedamaian di tanah Papua," tutup Jerry. (Laura Sobuber)

Abdul Hadi Tatap Muka Bersama Satgas TMMD Ke-107 Kodim Merauke dan Masyarakat Epem

Posted: 28 Mar 2020 02:32 AM PDT

MERAUKE, LELEMUKU.COM – Dalam rangka peninjauan pembangunan 20 unit rumah masyarakat yang dikerjakan oleh Personel Satgas TMMD Ke-107 Kodim 1707/Merauke, Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Abdul Hadi S. Sos menyempatkan diri melakukan tatap muka dengan dengan anggota Satgas TMMD Ke-107 dan para tokoh serta aparat Kampung Epem Distrik Citak Mitak Kabupaten mappi. Senin (23/03/2020).

Menurut Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si bahwa tatap muka tersebut bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan tali silaturahmi dengan warga serta untuk mengetahui secara langsung tanggapan warga Kampung Epem dengan adanya kegiatan TMMD Ke-107 ini.

Pada kesempatan tersebut Abdul Hadi juga mengajak anggota Satgas TMMD Ke-107 dan Masyarakat untuk senantiasa bahu membahu dan meningkatkan semangat gotong royong sehingga pembangunan di Kampung Epem ini terus berjalan lancar dan selesai tepat pada waktunya.

Setelah mengamati secara langsung "Antusias masyarakat dalam membantu pembangunan bisa dikatakan cukup tinggi dimana disetiap pekerjaan mereka saling gotong-royong," ungkap perwira berpangkat melati satu.

"Hal tersebut sesuai apa yang pernah disampaikan oleh Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. selaku Dansatgas TMMD Ke-107 Kodim 1707/Merauke beberapa hari yang lalu bahwa antusias masyarakat Kampung Epem dalam membantu membangun cukup tinggi". jelasnya.

Dengan adanya pembangunan rumah masyarakat yang dilakukan oleh Satgas TMMD mereka sangat senang dan gembira. Kegembiraan tersebut tampak di wajah Bapak Sakius Wer yang merupakan salah satu warga Kampung Epem yang mendapat bantuan rumah melalui kegiatan TMMD Ke-107. "Pungkasnya". (Laura Sobuber)

Cegah Penyebaran Covid-19, Kodam Cenderawasih Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Posted: 28 Mar 2020 02:32 AM PDT

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih melakukan penyemprotan cairan desinfektan baik di tempat bekerja maupun di kendaraan dinasnya, pada Jumat (27/03/2020).

Menurut Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si bahwa bukan hanya penyemprotan saja tetapi ada beberapa satuan juga membangun ruangan khusus untuk disinfektan seperti Korem 172/PWY, Rindam XVII/Cenderawasih dan lainnya.

Saat dikonfirmasi, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab ke satuan-satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih.

Tujuan dari penyemprotan cairan disinfektan ini sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19.

"Penyemprotan disinfektan ini langkah konkrit satuan jajaran Kodam XVII/Cen atas arahan dan instruksi Bapak Pangdam XVII/Cen yang bertujuan untuk meminimalisir dan menekan serta mengurangi atau menghilangkan mikro organisme seperti virus atau kuman yang menempel pada benda dan tubuh guna menghambat penyebaran wabah Virus Corona di lingkungan satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih,"Kata Kapendam.

"Tak hanya orang, kendaraan milik satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih juga di semprot menggunakan cairan desinfektan. Langkah-langkah konkrit juga sudah dilakukan oleh beberapa satuan seperti Kesdam melakukan penyemprotan di rumah-rumah dinas jajaran Kodam, Korem 172/PWY dan Rindam XVII/Cenderawasih membangun ruang/bilik khusus desinfektan bagi personel maupun tamu yang berkunjung, Kantor Pendam, Paldam dan Kumdam serta Satker lainnya secara proaktif melakukan penyemprotan ruang-ruang kerja serta lingkungan perkantoran."tambah Kapendam..

Selanjutnya, terkait social Distancing, satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih sudah melakukan hal itu, seperti kegiatan olah raga secara perorangan dengan menjaga jarak, kegiatan di perkantoran pun harus jaga jarak dan mengurangi kegiatan yang bersifat kumpul-kumpul sesuai anjuran pemerintah,"Jelas Kolonel Eko.

Lebih lanjut, Kapendam juga berpesan, "mari kita semua turut membantu negara untuk mengatasi pandemi Covid 19 ini. Apalagi wabah Virus Corona sudah menjadi bencana nasional seperti yang ditetapkan oleh Pemerintah,"Pesan Kapendam. (Laura Sobuber)

TMMD Ke-107 Kodim Jayapura Bangun 2 Rumah Masyarakat Hampir Rampung

Posted: 28 Mar 2020 02:32 AM PDT

WARIS, LELEMUKU.COM – Setelah hampir 2 minggu bekerja membangun 1 gereja dan 3 rumah di kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom

Menurut Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si bahwa pada Jumat (28/03/2020) sudah ada 2 rumah masyarakat yang memasuki tahap finishing yaitu pengacian pada dinding rumah dan dilanjutkan pemasangan keramik, pemasangan pintu serta jendela.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas TMMD Ke-107 Kodim 1701/Jayapura Kolonel Inf Jerry Simatupang melalui Danki Satgas TMMD Ke-107 Kodim 1701/Jayapura Mayor Inf Edi mengatakan sudah ada 2 rumah yang memasuki tahap pengacian dinding dan selanjutnya akan siap dipasangkan keramik, jendela dan pintu.

"Setelah hampir 2 minggu berjalan pembangunan 2 rumah sudah memasuki tahap finishing yaitu pengacian dan pemasangan keramik, Sedangkan untuk pembangunan gereja sudah mencapai 45%,"ungkapnya.

Selanjutnya Danki Satgas juga menjelaskan bahwa TMMD ke-107 ini difokuskan untuk 2 kegiatan yaitu fisik dan nonfisik, dimana sasaran fisik yakni pebangunan 1 gereja dan 3 rumah dan rencana akan ditambah dengan 1 rumah lagi.

"Semangat, kerja keras dan dan gotong royong antar anggota Satgas TMMD maupun dengan masyarakat Kampung Kibay, menjadikan proses pembangunan dapat berjalan dengan cepat dan lancar," tambah Danki Satgas.

Lebih lanjut, "kebersamaan dan kekompakan ini tidak lepas dari peran Babinsa Koramil Arso Timur yang aktif melakukan pembinaan teritorial di wilayah kerjanya".

"Kami berharap Kebersamaan ini terus terjalin dengan baik sehingga semua proses pembangunan agar dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu," pungkasnya. (Laura Sobuber)

Jelang Pensiun, Sertu Bini Selalu Semangat Bangun Kampung Kibay

Posted: 28 Mar 2020 02:14 AM PDT

WARIS, LELEMUKU.COM – Walaupun beberapa bulan lagi akan pensiun, namun tidak menurunkan semangat Sertu Bini Babinsa Koramil 1701-04/Arso untuk ikut membangun dalam kegiatan TMMD ke-107 di kampung Kibay Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom.

Menurut Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si bahwa Sertu Bini, Babinsa Koramil 1701-04/Arso yang usianya sudah tak lagi muda menjadi salah satu anggota satgas TMMD ke-107 Kodim Jayapura yang melakukan pembangunan gereja dan rumah masyarakat di Kampung Kibay.

Dimana faktor usia tidak menurunkan semangat juangnya yang masih tetap tinggi. Tentunya itu semua menjadi sebuah kebanggaan bagi Koramil 1701-04/Arso dan merupakan pengabdian yang luar biasa sebelum memasuki masa pensiunnya.

Dalam kegiatan TMMD tersebut, Sertu Bini mengungkapkan perasaan bangga karena dapat menjadi bagian dari anggota Satgas TMMD ke-107 Kodim 1701/Jayapura.

"Saya merasa bangga terhadap diri saya karena sebelum pensiun saya masih bisa mengabdikan diri kepada NKRI melalui kegiatan TMMD ke-107 di kampung Kibay ini," katanya.

"Saya juga sudah pernah beberapa kali mengikuti kegiatan TMMD, namun bagi saya TMMD ke-107 kali ini yang terasa berbeda, karena masyarakat yang ramah dan mau bergotong-royong untuk membangun kampungnya, itu menjadi semangat tersendiri dalam TMMD kali ini," tambahnya.

Disisi lain Kapten Inf Sanu Petrus mengatakan bahwa Sertu Bini patut diacungi jempol kerena dengan semangatnya dalam kegiatan TMMD ini dapat memotivasi para anggota Satgas TMMD lainnya.

"Harapan kami, TMMD kali ini dapat berkesan bagi sertu Bini diakhir kariernya sebagai seorang prajurit TNI", kata Petrus.

Perlu diketahui, Sertu Bini merupakan anggota Babinsa Koramil 1701-01/Arso yang saat ini berusia 53 tahun dan mempunyai dua orang anak serta berhasil menjadikan salah satu anaknya menjadi seorang anggota Polisi di Jayapura. (Laura Sobuber)

Ashanty Naikan Doa Minta Covid-19 Berakhir

Posted: 28 Mar 2020 12:07 AM PDT

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Penyanyi Indonesia Ashanty memberi doa kepada Tuhan untuk meminta agar Pandemik Virus Corona atau Covid-19 bisa segera berakhir.

Ia mengatakan pada Rabu, 18 Maret 2020. "Wahai makhluk Allah yg bernama covid 19. Jika Engkau tentara Allah yg dikirim untuk memberantas kesombongan dimuka bumi. Segerakan lah selesaikan tugas Mu. Ijinkan kami bisa menghirup udara ramadhan yg syahdu. Ijinkan kami. Menemui bulan penuh ampunan Dari Robb semesta alam. Wahai makhluk nano berukuran 150 nanometer yg mampu menggemparkan dunia. Ukuran kecilmu menjadi bukti kuasa Pencipta NYA," pintanya.

Ashanty mengungkapkan ingin merayakan hari raya lebaran nanti dengan penuh hikmad tanpa Covid-29.

"Covid19 pulanglah ke tempat Mu dengan tenang sebelum Ramadan. Covid19 pulanglah ke tempat Mu dengan tenang sebelum Ramadan. Covid19 pulanglah ke tempat Mu dengan tenang sebelum Ramadan. Aamiin Ya Rabb. Kami ingin Tarawih berjalan seperti biasa, Kami ingin Pasar Ramadan seperti biasa, Kami ingin Umrah berjalan seperti biasa. Kami ingin Haji berjalan seperti biasa. Aamiin Ya Mujib," ungkap dia. (Laura Sobuber)

Widya Murad Ismail Ajak Masyarakat Maluku Tetap di Rumah

Posted: 27 Mar 2020 08:44 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail mengajak seluruh masyarakat dengan di 9 kabupaten dan 2 kota untuk tetap melaksanakan aktifitas di rumah.

Hal ini disarankan untuk menekan penyebaran Pandemic Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) yang sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia (RI), R. Joko Widodo kepada seluruh pimpinan di daerah.

"Tetap di rumah #ParSamuaPungBae," kata dia dengan memegang kertas bertuliskan dialeg Maluku di Instastory miliknya pada Sabtu (28/03/2020).

Melalui postingannya, Widya meminta setiap orang tetap berada di rumah demi kebaikan sesama. Sementera itu, melalui gugus tugas Covid-19 Maluku menyatakan terdapat 1 pasien positif corona di Kota Ambon, 4 pasien dalam pengawasan (PDP) diantaranya 3 PDP di Kota Ambon dan 1 PDP di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kemudian ada 96 Orang Dalam Pemantauan (ODP), yaitu di Kota Ambon 23 ODP, Kabupaten Buru 14 ODP, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 16 ODP, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) 1 ODP, Malteng 6 ODP, Kota Tual 4 ODP, Kepulauan Aru 6 ODP dan 26 ODP di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel