-->

Satu Pasien Terinfeksi Corona di Maluku, Murad Ismail Minta Masyarakat Tenang Lakukan Isolasi Mandiri

Satu Pasien Terinfeksi Corona di Maluku, Murad Ismail Minta Masyarakat Tenang Lakukan Isolasi Mandiri


Satu Pasien Terinfeksi Corona di Maluku, Murad Ismail Minta Masyarakat Tenang Lakukan Isolasi Mandiri

Posted: 22 Mar 2020 09:49 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Gubernur Maluku, Murad Ismail meminta seluruh masyarakat Maluku untuk tenang menanggapi Pandemic Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) dan lakukan isolasi diri secara mandiri di rumah masing-masing.

"Untuk masyarakat Maluku, saya harap tetap tenang dan mendukung Pemerintah, TNI, Polri melalui gugus tugas dengan menjalankan kewajibannya untuk isolasi mandiri di rumah. Kepada para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Partai Politik untuk mengajak masyarakat melakukan isolasi mandiri, social distancing," pinta dia saat melakukan jumpa press pada Minggu (22/03/2020).

Gubernur Murad menyatakan hasil pemeriksaan laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) terhadap 2 sampel Covid-19 dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haulussy, Kudamati, Kota Ambon yaitu satu sampel dinyatakan negative dan Satu sampel lainnya positif Covid-19. Sehingga pasien tersebut disebut sebagai 'Kasus 01'.

Kemudian sejak diketahui informasi tersebut pada Minggu (22/03/2020) pukul 04.00 WIT dini hari, maka Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku langsung berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, diantaranya Kodam XVI Pattimura, Polda Maluku, Walikota Ambon dan Gugus Tugas Nasional untuk mengambil langkah Prosedur Tetap (Protap), seperti melakukan tracking atau pelacakan terhadap orang-orang yang beresiko, menyiapkan lokasi isolasi, memperketat pintu-pintu keluar dan masuk di bandara dan pelabuhan, mengantisipasi dampak pasca terkonfirmasinya pasien Covid-19 dan bersama saling mendukung dalam mencegah menyebarnya Covid-19 di Maluku.

"Mari bersama kita saling mendukung dalam mencegah menyebarnya Covid-19 di Maluku. Mari kita saling berdoa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu menyertai dan melindungi kita semua dalam situasi yang sedang kita hadapi bersama saat ini," Ajaknya.

Sementara itu, di Maluku terdapat 53 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dengan rincian untuk Ambon terdapat 6 ODP, Tual 2 ODP, Kepulauan Tanimbar 26 ODP, 10 ODP di Buru, 6 ODP di Aru dan 3 ODP di Seram Bagian Barat (SBB). (HumasMaluku)

Bangun Kekompakan dan Kebersamaan, Satgas TMMD Ke-107 Kodim Merauke Gelar Komsos Bersama Masyarakat Epem

Posted: 22 Mar 2020 09:49 AM PDT

KEPI, LELEMUKU.COM – Untuk menjalin kekompakan dan rasa kebersamaan, Personel Satgas TMMD Ke-107 Kodim 1707/Merauke menggelar kegiatan komunikasi sosial dengan masyarakat Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi. Pada Sabtu (21/03/2020).

Menurut Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si bahwa kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) tersebut dilaksanakan disela-sela kegiatan membangun rumah sekaligus makan siang bersama.

Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. melalui Danki Satgas TMMD Ke-107 Lettu Inf Antonius Kalambia mengungkapkan bahwa kegiatan komunikasi sosial bersama masyarakat Kampung Epem yang dilakukan oleh personel Satgas TMMD Ke-107 dalam pelaksanaannya pada saat istirahat siang.

"Komunikasi sosial bersama masyarakat tersebut kita lakukan disela-sela kegiatan membangun rumah yaitu pada saat istirahat siang sekaligus makan bersama". kata Lettu Inf Antonius.

"Kegiatan pembinaan teritorial seperti ini merupakan salah satu bentuk sarana untuk menjaga serta memelihara hubungan baik dengan masyarakat sehingga proses pembangunan di Kampung Epem juga dapat berjalan dengan lancar",jelasnya.

Bapak Markus yang merupakan salah satu warga Kampung Epem mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan bangga dengan adanya kegiatan TMMD Ke-107 Kodim 1707/Merauke.

"Saya dan masyarakat Kampung Epem sangat senang dengan adanya kegiatan TMMD Ke-107 ini, karena kehadiran bapak-bapak TNI disini selain membangun juga melakukan berbagai kegiatan positif serta dalam kesehariannya menunjukkan sikap yang ramah dan penuh kekeluargaan",ucap Bapak Markus yang saat itu ikut makan bersama. (Laura Sobuber)

Dipicu Aktivitas Sesar Cimandiri, Gempa Guncang Palabuhan Ratu

Posted: 22 Mar 2020 08:49 AM PDT

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Hasil analisis BMKG menujukkan bahwa gempa ini berkekuatan M 3,5 dengan episenter terletak pada koordinat 7,07 LS dan 106,56 BT tepatnya di darat pada jarak 44 km Barat Daya Kota Sukabumi di kedalaman 2 km Wilayah Palabuhan Ratu, Sukabumi pada Minggu, 22 Maret 2020 pukul 10.48.00 WIB diguncang gempabumi tektonik.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Dr. Daryono, S.Si., M.Si berdasarkan laporan masyarakat, guncangan gempa ini dirasakan di wilayah Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kecamatan Warung Kiara dan Kecamatan Simpenan dengan Skala Intensitas II MMI dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Patut disyukuri bahwa guncangan gempa ini tidak menyebabkan terjadinya kerusakan.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tadi pagi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktifitas Sesar Cimandiri.Banyak warga yang menanyakan apakah ada kaitan antara gempa tadi pagi dan gempa Kalapanunggal yang terjadi pada beberapa hari lalu.Dapat dijelaskan bahwa pembangkit gempa ini berbeda dengan sumber gempa magnitudo M 5,1 yang mengguncang Kabuptaen Sukabumi dan sekitarnya dan menimbulkan kerusakan di Kalapanunggal dan sekitarnya pada 10 Maret 2020 lalu. Saat itu gempa dipicu oleh aktivitas Sesar Citarik yang lokasinya di sebelah barat sesar Cimandiri.

Sesar Citarik memiliki orientasi utara timur laut-selatan barat daya, memanjang namun tersegmentasi melalui Pelabuhan Ratu, Bogor, hingga Bekasi. Sesar ini masih aktif hingga saat ini dengan mekanisme sesar geser/mendatar mengiri (sinistral strike slip).Sementara itu Sesar Cimandiri memiliki orientasi timur timur laut-barat barat daya, memanjang dan tersegmentasi dalam 5 segmen mulai dari Pelabuhan Ratu sampai Gandasoli. Sesar ini cukup aktif dengan mekanisme sama dengan Sesar Citarik.

Sejarah gempa menunjukkan bahwa baik Sesar Cimandiri maupun Sesar Citarik sama-sama sudah beberapa kali memicu terjadinya gempa merusak di wilayah Kabupaten Sukabumi pada tahun 1879, 1900, 1912, 1969, 1973, 1982, 2000, 2011, 2012, dan 2020.Bahkan gempa yang terjadi pada 12 Juli 2000 dengan magnitude M 5,4 dan M 5,1 menyebabkan sebanyak lebih dari 1.900 rumah rusak di Cidahu, Cibadak, Parakansalak, Gegerbitung, Sukaraja, Cikembar, Kududampit, Cicurug, Nagrak, Parungkuda, Sukabumi, Cisaat, Warungkiara, Kalapanunggal, Nyalindung, Cikadang, dan Kabandungan.

Sementara itu Gempa Kalapanunggal pada 11 Maret 2020 dengan magnitudo M 5,1 lalu merusak lebih dari 760 rumah.Agar masyarakat kita yang tinggal di daerah rawan gempa bisa selamat saat terjadi gempa kuat maka perlu dilakukan upaya penguatan mitigasi struktural dengan membangun bangunan rumah yang strukturnya kuat. Jika upaya ini tidak dilakukan, maka sampai kapanpun setiap terjadi gempa kuat maka kerusakan bangunan akan terus terjadi. (Laura Sobuber)

Gempa Susulan Guncang Bali dan Lombok yang Bersumber di Luar Zona Subduksi

Posted: 22 Mar 2020 07:49 AM PDT

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M=5,2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M=5,0. Episenter terletak pada koordinat 10,96 LS dan 115,16 BT, tepatnya di laut pada jarak 256 km arah Selatan Kota Denpasar pada kedalaman 10 km pada Minggu, 22 Maret 2020 pukul 13.48.46 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Bali terjadi gempa tektonik.

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, S.Si., M.Si jika memperhatikan lokasi episenter, kedalaman, dan mekanisme sumbernya tampak bahwa gempa yang terjadi masih merupakan rangkaian gempa susulan dari gempa utama dengan magnitudo M=6,3 pada 19 Maret 2020 pukul 00.45.38 WIB.

Dampak gempa berupa guncangan dirasakan di Lombok Barat, Mataram, dan Bali selatan dalam skala intensitas II-III MMI dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Sementara itu, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga hari Minggu, 22 Maret 2020 pukul 16.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock) sebanyak 37 kali dengan magnitudo terbesar 5,2 dan terkecil 2,9. (Laura Sobuber)

Kasrul Serang Ungkap 53 ODP di Maluku, Tanimbar Penyumbang Angka Terbesar dan Ambon Satu Positif Corona

Posted: 22 Mar 2020 07:49 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Ketua posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Serang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontohmerilis data terbaru penyebaran Covid-19 alias Corona.

Seperti diberitakan oleh kabarterkini.news bahwa Kasrul menyatakan, salah satu dari dua warga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haulussy, Kudamati, Kota Ambon telah resmi dinyatakan positif terjangkit wabah Corona.

Dikatakan, sebelumnya jumlah 27 orang dalam pemantauan (ODP) sekarang naik menjadi menjadi 53 orang.

"Itu data seluruh kabupaten kota di Maluku," akui dia.

Kasrul menyebutkan, satu PDP yang resmi divonis positif itu, setelah tim medis melakukan pemeriksaan spesimen darah untuk Covid-19 yang diterima dari Departemen Kesehatan di Jakarta subuh tadi.

"Kita diberitahu lewat telepon pukul empat subuh tadi, bahwa dari tiga sample yang dikirim ke Jakarta, sudah ada hasil spesimennya, yakni satu PDP telah terkonfirmasi positif Covid-19," ujar Kasrul.

Perihal 53 ODP itu, Kasrul merincikan, untuk Ambon ODP sebanyak 6, Tual ODP sebanyak 2, Kabupaten Kepulauan Tanimbar ODP sebanyak 26,
Buru ODP ada 10, Aru sebanyak 6 orang dan Seram Bagian Barat (SBB) ODP sebanyak 3.

"Total ODP 53. Sementara PDP 1 orang di Ambon sekaligus terkonfirmasi positif," tegas Kasrul. (Laura Sobuber)

Menangkal Pandemic Covid-19, Baharudin Djafar Pimpin Kegiatan Bersih Lingkungan di Pantai Tahapary Tantui

Posted: 22 Mar 2020 05:19 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, memimpin langsung kegiatan bersih-bersih lingkungan dalam mencegah COVID-19 (corona virus), dengan menyasar Pantai Tahapary Tantui, Ambon pada Minggu (22/03/2020).

"Kegiatan hari Sabtu dimulai dengan apel bersama dan bersih-bersih lingkungan dalam rangka menggerakkan pola hidup sehat kepada masyarakat," Irjen Pol Baharudin Djafar.

Ia menjelaskan, giat bersih yang melibatkan personil Brimob dan Sabhara Polda Maluku ini. Dimana Polri turut menjadi inisiator dalam pencegahan virus corona salah satunya dengan mensosialisasikan pola hidup sehat.

"Kita berkumpul pagi hari ini, untuk ikut mensosialisasi pola hidup sehat guna menangkal virus corona. Dari mulai cara cuci tangan, senam sederhana yang bisa dilakukan setiap hari dan juga membersihkan lingkungan," ungkapnya.

Dia menambahkan, melakukan kegiatan senam dan bersih bersih lingkungan secara serentak di seluruh jajaran kepolisian di Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga Polsek.

"Ini juga dilakukan serentak seluruh Indonesia dari tingkat Mabes. Termasuk di Provinsi Maluku," tambahnya

Mantan Kapolda Sulawesi Barat pada kesempatan ini, juga meminta seluruh personel Polda Maluku untuk terus menggelorakan kegiatan pola hidup sehat dan membersihkan lingkungan dimulai dari keluarga dan masyarakat sekitar.

Ia mengharapkan dengan pola hidup sehat dan lingkungan bersih, wilayah Maluku bisa menangkal virus corona. (HumasPoldaMaluku)

ODP Asal Bekasi Positif Corona, Richard Louhenapessy Imbau Masyarakat Ambon Tingkatkan Kewaspadaan Diri

Posted: 22 Mar 2020 04:19 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Walikota Ambon, Provinsi Maluku, Richard Louhenapessy, membenarkan informasi warga asal Bekasi yang saat ini dirawat di RSUD Dr Haulussy Ambon, yang dinyatakan positif mengidap covid-19.

Seperti diberitakan indonesiatimur.co, bahwa informasi tersebut dibenarkan oleh Walikota saat dikonfirmasi via telepon seluler.

"Informasi tentang ODP asal Bekasi yang dirawat sejak 15 Maret di RSUD Dr Hulussy Ambon, positif tertular Covid-19," Jawab Louhenapessy.

Namun demikian Walikota meminta warga Kota Ambon untuk tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan diri dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Louhenapessy mengingatkan pentingnya social distancing yang bertujuan memberikan jarak pada orang lain atau mengurangi kontak dengan orang-orang di sekitar yang kemungkinan terinfeksi virus maupun yang tidak terinfeksi sehingga bisa meminimalkan penularan penyakit.

Untuk langkah antisipasi, Walikota mengatakan akan gelar rapat lanjutan yang akan diambil segera, untuk mengatasi kondisi ini. Langkah lanjutan misalnya meningkatkan dan memperluas penyemprotan cairan diisfektan, meningkatkan sosialisasi, dan terus memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya menjaga jarak dan tidak melakukan aktifitas dalam jumlah banyak.

Dirinya meminta masyarat agar mematuhi anjuran pemerintah dan selalu mendapat informasi resmi dari pemerintah, dan jangan melawan, jika ada pemberitahuan atapun larangan yang disampaikan oleh para RT maupun RW.

''Kalau ada pemberitahuan dan teguran dari para RT dan RW, jangan melawan, karena ini semua untuk kebaikan bersama. Dengan ketaatan, kita bisa mencegah penularan,'' Imbaunya.

Terkait mereka yang bersama dengan korban, Walikota katakan akan segera ditangani sesuai prosedur tetap (Protap) yang berlaku. (Laura Sobuber)

Harap Sinergitas Pemdes dan Polri, Adolof Bormasa Kunker ke Polsek Nirunmas

Posted: 21 Mar 2020 09:49 PM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Maluku Tenggara Barat (MTB) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku yang didampingi Pejabat Utama (PJU) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Polsek Nirunmas pada Sabtu (21/03/2020).

Rankaian acara kunker adalah Laporan Bintara yang ditunjuk kepada Kapolres MTB, Pengalengan syal adat Tanimbar, Penyambutan secara adat oleh tua-tua adat, Jabatan tangan dengan personil Polsek Nirunmas, Tatap muka sekaligus sambutan dan pemberian arahan Kapolres MTB, Doa dan Snack Bersama.

Dalam arahan Kapolres Bormasa mengawali dengan memperkenalkan diri kepada seluruh staf pemerintah desa (Pemdes) dan seluruh masyarakat pada Kecamatan, kemudian menyampaikan paradigma polisi yang baru yang sesuai dengan UUD NO.2 Thn 2002 dimana polisi sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.

"Orang Tanimbar itu singkat jelas dan padat, untuk itu dalam pelayanan harus terbuka. Penekanan bagi pemerintah desa agar Dana desa harus sampai ke desa, apa bila terdapat penyalagunaan dana desa Polri memberikan kesempatan bagi pemerintah desa untuk melakukan Konfirmasi dan penyelesaian," kata dia.

Kemudian Kapolres Bormasa menitipkan para anggota polsek Nirunmas kepada pemerintah setempat agar dapat bekerja sama membangun Bangsa dan Negara.

"Berkaitan dengan pemilihan kepala desa, diharapkan Polri tetap pada fungsi pengamanan dan tidak diperbolehkan untuk masuk ke rana politik. Hal ini dikarenakan agar jangan sampai timbul konflik antar pemerintah desa setempat dengan Insitusi Polri," harapnya.

Turut hadir dalam Kegiatan kunjungan itu Waka Polres MTB Kompol Lodevicus Tethool, S.H,.M.H, Kabag Sumda Kompol. Onas. P Lekawael, Kasat Binmas IPTU. Richard. A. Banna, S.H.,S.Sos.,M.H, Kasubbag Sarpras IPTU. A. Taroreh, Kapolsek IPDA. Hairun Nasri Samal, Pejabat Kepala Desa Tutukembun, Lodewijk Batlayeri, Camat Kec. Nirunmas, Semmy Lerebulan, S.Sos, Personil Polsek Nirunmas dan sebanyak 20 orang Personil Polres MTB. Kegiatan berakhir dengan aman dan lancar. (HumasPolresMTB)

Desianus Orno dan Bastian Petrusz Genggam Rekomendasi Golkar

Posted: 21 Mar 2020 09:19 PM PDT

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Akhirnya Golkar secara resmi mengumumkan rekomendasi kepada pasangan Desianus Orno dan Bastian Petrusz, atau yang dikenal dengan akronim Kalwedo, untuk ikut bertarung dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD), pada September nanti.

Pengumumam ini disampaikan Wakil Ketua Umum DPP Golkar, Ahmad Dolly Kurnia Tanjung yang juga merupakan Ketua Panitia Pilkada 2020, di kantor DPP Golkar, kepada Odhi (panggilan akrab Desianus) Orno, Bastian Petrusz, yang disaksikan Wasekjen DPP Golkar, Dicky Loupatty, Korwil Maluku dan Maluku Utara, Hamzah Sangadji.

Pengumuman ini dilakukan pada pukul 15.00 WIB, Sabtu (21/03/2020) bersama dengan semua daerah yang mengikuti Pilkda di Maluku dan Maluku Utara. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel