-->

Yoan Clara Teken Apresiasi Dukungan Pemkab Tanimbar di Pemilihan Puteri Indonesia 2020

Yoan Clara Teken Apresiasi Dukungan Pemkab Tanimbar di Pemilihan Puteri Indonesia 2020


Yoan Clara Teken Apresiasi Dukungan Pemkab Tanimbar di Pemilihan Puteri Indonesia 2020

Posted: 12 Mar 2020 03:34 AM PDT

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Runner UP V Puteri Indonesia 2020, dr. Yoan Clara Teken memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku yang telah mendukungnya di ajang kecantikan Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020.

"Terima kasih kepada Pemda Kab. Kepulauan Tanimbar untuk supportnya," ucap dia di media sosialnya saat dikutib Lelemuku.com pada Rabu (12/03/2020).

Dokter muda lulusan Rusia itu pun terlihat sedang mengenakan Tais atau Tenun Maluku asal Tanimbar, dengan bangga dirinya membagikan tiga foto dengan pose yang berbeda sambil kenakan gaun modifikasi modern dari warisan budaya Tanimbar itu.

Pada keterangan foto, Puteri dari pasangan Andreas Teken dan Kristina Yempormasse itu meminta kepada 13,2 ribu pengikutnya untuk memilih gaya mana yang disukai. Kemudian ia mengatakan bahwa gaun modern yang dikenakannya adalah bukti bahwa Tais bisa dirancang dengan sentuhan internasional.

"1 or 2 or 3? Dengan Bangga tampil mengenakan TENUN TANIMBAR di dada. Karya ini sebagai bukti bahwa tenun pun bisa dibuat menjadi Internasional look. Yak an? Beta Bangga Pake Tenun Tanimbar," pinta gadis berdarah Seram dan Tanimbar itu.

Dari postingan tersebutpun menarik banyak komentar, salah satunya akun (@)matrutydio_ yang mengatakan bahwa semua sempurna, kemudian disusul oleh akun (@)nurniwahidah bahwa ia memilih semua pose. Sementara itu, (@)thony787 meminta kepada Yoan untuk mengenakan pakaian adat Tanimbar dengan segala perangkat adat, seperti Somalay, Lorang, Lerbutir, Belusu yang menjadi ciri khas wanita Tanimbar.

"Jangan lupa positif foto pakai baju adat Tanimbar lengkap juga ya, yang ada pakai somalai, lorang, lerbutir, cenderawasi, belusu, dll yang menjadi khas putri tanimbar," tulis (@)thony787 di kolom komentar.

Sebelumnya Pemkab Tanimbar sangat mendukung penuh Puteri Indonesia Maluku yang merupakan dokter muda lulusan Rusia dan berdarah Tanimbar, dr. Yoan Clara Teken pada Pemilihan Puteri Indonesia tahun 2020.

Hal itu diutarakan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Joice Fatlolon Pentury, SP. Menurutnya Bupati Tanimbar Petrus Fatlolon SH., MH mendukung penuh dengan menyokong setiap aktifitas sejak karantina hingga acara puncak dari ajang kecantikan bergengsi di Indonesia tersebut.

Joice mengaku puteri dari pasangan Andreas Teken dan Kristina Yempormasse itu sebagai perwakilan dari Maluku, secara khusus dirinya akan mempromosikan Tanimbar melalui properti yang bertemakan Tanimbar, seperti busana tradisional mewakili daerah ia mengangkat tema Bunga endemik dari Kepulauan Tanimbar yang dalam bahasa Fordata disebut Lelemuku atau anggrek larat dan nama ilmiahnya Dendrobium Phalaenopsis serta sudah dijadikan sebagai flora khas Maluku.

"Yoan berharap Pemda Tanimbar bisa bantu karena disamping dia membawa nama Maluku, secara khusus dia puteri Tanimbar yang akan juga menampilkan properti mewakili tema Tanimbar. Hal itu Yoan sampaikan kepada Dinas Pariwisata Maluku dan Ketua TP-PKK Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail yang puji Tuhan, diterima," papar dia pada Jumat (06/03/2020).

Joice pun berharap anak kedua dari lima orang bersudara itu dapat menunjukkan penampilan yang maksimal dan terbaiknya demi mengasah kemampuan diri dan mempromosikan Maluku, secara khusus Tanimbar di acara grand final yang akan secara live disiarkan di SCTV pada Jumat, 06 Maret pukul 20.00 WIB. (Laura Sobuber)

Polres MTB Menjamin Rasa Aman Dalam Unjuk Rasa Masyarakat Desa Meyano Das di Saumlaki

Posted: 12 Mar 2020 03:04 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Demi terciptanya rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan dan peserta aksi unjuk rasa, Personil Polres Maluku Tenggara Barat melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa di tiga lokasi yaitu pada Kantor Kejaksaan Negeri Saumlaki,Kantor DRPD dan Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar.Kamis (12/3/2010),pukul 11.30 wit sampai dengan pukul 14.50 wit.

Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan oleh masyarakat Desa Meyano Das Kecamatan Kormomolin yang kurang lebih 60 peserta dengan Korlap Sdr Eduardus Koisin.

Dalam aksi tersebut peserta aksi melakukan aksinya dengan berorasi yang intinya menuntut agar dana Desa yang bermasalah agar diproses tuntas secara hukum, selain itu peserta aksi juga membawa beberapa Pamlet yang bertuliskan "Menuntut Keadilan Demi Rakyat Kecil".

"Pengamanan ini kami lakukan agar peserta aksi dapat menyampaikan aspirasi dengan aman dan nyaman, serta warga masyarakat terutama pengguna jalan tidak merasa terganggu dengan adanya kegiatan penyampaian aspirasi ini," kata Kasat Samapta AKP Nahum Tengah saat memimpin pelaksanaan pengamanan.

"Awal sampai dengan akhir kegiatan penyampaian asprasi dari masyarakat Desa Meyano Das,Kecamatan Kormomolin,Kabupaten Kepulauan Tanimbar, berlangsung aman, lancar dan tertib,"pungkasnya. (HumasPolresMTB)

Tedros Adhanom Ghebreyesus Ungkap Corona Virus Sebagai Pandemi Dunia

Posted: 11 Mar 2020 04:49 PM PDT

Tedros Adhanom Ghebreyesus Ungkap Corona Virus Sebagai Pandemi DuniaJENEWA, LELEMUKU.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hari Rabu (11/3) menetapkan wabah virus corona sebagai pandemi dan memperingatkan bahwa situasi akan lebih buruk. Dirjen WHO memperkirakan jumlah penderita, jumlah kematian, dan jumlah negara yang terimbas COVID-19 akan lebih banyak.

Pemerintah di seluruh dunia berusaha mengambil langkah-langkah untuk mengatasi wabah virus corona yang menyebar luas,yang sejak Desember, telah menular ke lebih dari 125 ribu orang dan menewaskan sekitar 4.600 orang di 114 negara.

Dirjen Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan organisasinya telah "membunyikan bel alarm dengan keras dan jelas," dan bahwa negara-negara "masih bisa mengubah arah pandemi."

"Karena itu, kami menilai bahwa COVID-19 bisa dikategorikan sebagai pandemi. Pandemi bukanlah kata yang digunakan dengan enteng atau gegabah. Ini adalah kata yang jika disalahgunakan bisa menimbulkan ketakutan yang tidak masuk akal atau penerimaan yang tidak bisa dibenarkan bahwa pertarungan itu menyebabkan penderitaan dan kematian yang tidak perlu," kata Tedros.

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus berbicara kepada media di Jenewa, Swiss.

Ia menambahkan, 90% dari semua penderita virus corona terbatas pada empat negara, dan epidemi di dua negara di antaranya, China dan Korea Selatan, "menurun secara signifikan."

"Meskipun ini adalah virus corona pertama yang diberi label pandemi, kami percaya bahwa ini akan menjadi pandemi pertama yang bisa diatasi atau dikendalikan," tambahnya.

Penyakit itu, yang secara resmi dikenal sebagai COVID-19, pertama kali muncul di China, tempat para pejabat kesehatan hari Rabu melaporkan 24 kasus baru.

Walaupun terjadi penurunan dari puncak wabah di China, negara itu, di mana pemerintahnya menerapkan larangan keluar masuk kota-kota guna mencegah penyebaran antar-komunitas, kini menghadapi kenaikan jumlah kasus yang datang dari negara lain. Itu mendorong pejabat di China memerintahkan siapa pun yang datang dari luar negeri agar mengkarantina diri 14 hari.

Italia meniru langkah China setelah menjadi pusat wabah kedua, dengan lebih dari 10 ribu penderita dilaporkan sejauh ini dan penderita di banyak negara lain terkait dengan orang-orang yang kembali dari Italia.

Orang Italia menjalani larangan nasional keluar masuk negara itu hari Rabu. Orang hanya boleh keluar rumah dengan alasan kesehatan yang gawat dan pekerjaan.

Ancaman virus corona hari Rabu mendorong Kanselir Jerman Angela Merkel memperingatkan, hingga 70% populasi Jerman pada akhirnya mungkin tertular jika kondisi saat ini berlanjut. Hampir 1.300 orang telah tertular sejauh ini di Jerman, dan dua meninggal.

Pejabat-pejabat Amerika semakin prihatin sementara jumlah kasus di negara ini melampaui 1.000.

Ketika ditanya dalam sidang Kongres hari Rabu apakah wabah terburuk akan terjadi, Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional Amerika Anthony Fauci menjawab, "Saya bisa mengatakan kita akan melihat lebih banyak penderita, dan keadaan akan menjadi lebih buruk daripada sekarang."

Departemen Keuangan Amerika dilaporkan mempertimbangkan perpanjangan tenggat pelaporan pajak dari 15 April, sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk memberi bantuan keuangan kepada pembayar pajak dan bisnis.

Rekomendasi agar tidak menghadiri pertemuan massal telah menyebabkan banyak pembatalan acara di seluruh dunia.

Pertandingan Liga Primer antara klub sepak bola Inggris Manchester City dan Arsenal yang dijadwalkan Rabu malam ditunda setelah beberapa pemain dan staf Arsenal mengkarantina diri karena pernah kontak dengan pemilik klub lain yang dinyatakan positif tertular virus tersebut. (VOA)

Yuliana Yoku, Danramil Arso Jadi Peran Penunjukkan Lokasi TMMD Kodim Jayapura

Posted: 11 Mar 2020 04:04 PM PDT

ARSO, LELEMUKU.COM – Penetapan kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom,Papua sebagai sasaran TNI Manunggal Membangun Desa,(TMMD) Ke-107 tak lepas dari peran serta sosok korps wanita TNI Angkatan Darat,(Kowad), Mayor Chk Yuliana R.Yoku selaku Danramil 1701-04/Arso. Dimana, atas dasar aspirasi dan keinginan dari masyarakat setempat agar TMMD Ke-107 dilaksanakan di Kampung Kibay, yang tentunya melalui program itu mendapatkan bantuan pembangunan.

Siapa sangka, dibalik tugas dan tanggungjawab yang diembannya sebagai Danramil 1701-04/Arso, ternyata sosok Mayor Chk Yuliana R Yoku mampu menghadapi segala tantangan dan hambatan bahkan tidak menyurutka semangat dan dedikasinya selama mengemban jabatan yang telah diberikan tersebut.

Perlu diketahui bahwa,Mayor Chk Yuliana R Yoku merupakan putri Papua yang memulai karir sebagai Kowad AD pada tahun 2001, Kegigihan dan semangatnya terbukti dengan diterimanya penghargaan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa atas dedikasi dan pengabdian yang telah dilakukannya.

Pada tahun 2020 ini, kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-107 yang dilaksanakan Kodim 1701/Jayapura bertempat di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, wilayah tersebut masih masuk wilayah tanggungjawab Koramil 1701-04/Arso.

Komando Rayon Militer 1701-04 /Arso merupakan satuan dibawah Kodim 1701/Jayapura, Korem 172/PWY. Dimana Koramil 1701-04/Arso terletak di daerah perbatasan RI-PNG, wilayah yang menjadi tanggungjawabnya antara lain, Distrik Arso, Distrik Arso Timur, Distrik Arso Barat dan Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.
Koramil itu merupakan komando kewilayahan terdepan guna melakukan pembinaan potensi wilayah dengan segenap aspeknya, sehingga Koramil harus menjadikan wilayah sebagai ruang, alat dan kondisi juang bagi kepentingan pertahanan negara.

Maka dari itulah, Danramil sebagai Komandan satuan kewilayahan tentunya memiliki tugas dan tanggungjawab yang berat, apalagi jika bertugas sebagai Danramil daerah perbatasan RI-PNG.

Infrastruktur yang belum memadai, luas wilayah dan keterbatsan personil menjadi tantangan dalam setiap pelaksanaan tugas. Tidak cukup sampai disitu saja tantangan seorang Danramil perbatasan RI-PNG, gangguan dari KSB (Kelompok Separatis Bersenjata) setiap saat selalu mengintai.

Otentikasi :
Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si.
(Kapendam XVII/Cenderawasih)

David Aragae Sambut TMMD Kodim Jayapura di Kibay

Posted: 11 Mar 2020 04:04 PM PDT

ARSO, LELEMUKU.COM – Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-107 Tahun 2020 yang akan dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer 1701/Jayapura mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan masyarakat.

Kali ini apresiasi tersebut datang dari tokoh masyarakat setempat yaitu Kepala Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom Bapak David Aragae, S.STP , MM terkait kegiatan TMMD Ke-107 di Kampung Kibay.

Bapak David Aragae menilai, apa yang akan dilakukan Kodim 1701/Jayapura melalui program TMMD merupakan sebuah gebrakan untuk membantu mensejahterakan masyarakat di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur yang belum terlalu mendapat sentuhan pembangunan oleh Pemerintah.

"Pelaksanaan TMMD ke-107 tepatnya di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur kali ini sangat bermanfaat untuk kampung Kibay, karena selama ini belum terlalu banyak dapat sentuhan pemerintah. Kita bisa melihat bahwa kampung ini adalah kampung yang berbatasan langsung dengan negara tetangga PNG,"Ungkapnya

"Sehingga lewat program TMMD ke-107 ini kami harap merupakan awal dari adanya pembangunan fisik maupun non fisik di kampung ini,"tambahnya.

Selanjutnya, saya selaku Kadistrik Arso Timur juga berharap nantinya setelah pelaksanaan TMMD terutama pembangunan fisik yaitu Gereja dan rumah untuk masyarakat dapat bermanfaat bagi masyarakat saya dan dapat dirawat dengan baik sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan spiritual masyarakat di Kampung Kibay ini.

"Semoga nantinya setelah dibangun Gereja dan Rumah, masyarakat Kampung Kibay dapat merawat serta manjaganya, sehingga apa yang sudah dibangun oleh Bapak TNI dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kampung Kibay,"Pungkas Kadistrik.

Sebagaimana diketahui, Program TMMD ke-107 tahun 2020 ini akan berlangsung di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom.

Dalam kegiatan program TMMD ke-107 ini rencananya akan dibangun 1 untit Gereja dan 3 unit rumah untuk masyarakat Kampung Kibay.

Otentikasi :
Kolonel Cpl Eko Daryanto, S.E., M.Si.
(Kapendam XVII/Cenderawasih)

Satgas TMMD Kodim Merauke Berangkatvsari Senggo ke Epem

Posted: 11 Mar 2020 03:04 PM PDT

MERAUKE, LELEMUKU.COM – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-107 Kodim 1707/Merauke di Kampung Epem Distrik Citak Mitak Kabupaten Merauke akan segera di mulai, berbagai persiapan telah dilakukan diantaranya pemberangkatan personel dan materiil termasuk bahan bangunan.

Menurut Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. melalui Pasi Ter Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Herman Purba mengatakan bahwa 21 orang anggota Satgas TMMD Ke-107 sudah berada di lokasi sasaran pembangunan yaitu di Kampung Epem dan pada hari ini Senin tanggal 9 Maret 2020 sebanyak 30 orang anggota Satgas TMMD Ke-107 dengan berbagai bahan bangunan diberangkatkan dari Pelabuhan Senggo menuju Kampung Epem. Pada Rabu (11/03/2020)

"21 orang anggota Satgas TMMD Ke-107 sudah berada dilokasi sasaran pembangunan, sedangkan saat ini 30 orang lagi bersamaan dengan bahan bangunan juga diberangkatkan dari Pelabuhan Senggo menuju Kampung Epem". ungkap Pasi Ter.

"Sebanyak 30 orang anggota Satgas TMMD Ke-107 yang diberangkatkan bersamaan dengan bahan bangunan tersebut dipimpin langsung oleh Lettu Inf Antonius Kalambia selaku Komandan SSK Satgas TMMD Ke-107 Kodim 1707/Merauke". jelasnya.

"Untuk pemberangkatan bahan bangunan menggunakan Kapal KM Haris Jaya Setia sedangkan pemberangkatan anggota menggunakan 3 buah perahu belang untuk menuju Kampung Epem,"Pungkasnya. (Pendam17)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel