-->

107 Pasien Covid-19, 19 Sembuh dan 7 Meninggal di Papua per 19 April 2020

107 Pasien Covid-19, 19 Sembuh dan 7 Meninggal di Papua per 19 April 2020


107 Pasien Covid-19, 19 Sembuh dan 7 Meninggal di Papua per 19 April 2020

Posted: 19 Apr 2020 10:29 AM PDT

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Kabupaten Mimika kini menjadi daerah terbanyak di Provinsi Papua dengan jumlah pasien positif terjangkit virus corona atau Covid-19 mencapai 31 kasus.⠀

Hal demikian sebagaimana update data terbaru sebaran Covid-19 Papua hingga Minggu (19/4/2020) malam, dimana dari 12 kasus baru, tujuh kasus ditemukan di Kabupaten Mimika, sementara dua kasus di Kabupaten Jayapura serta sisanya dua kasus di Kota Jayapura.⠀

"Sekarang Kabupaten Mimika menjadi kabupaten dengan jumlah kasus terbanyak, yaitu 31 kasus," terang Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule di Jayapura, Minggu.⠀

Sementara dengan tambahan 12 kasus positif corona, jumlah kasus positif di Papua kini telah menyentuh angka 107.⠀

Dimana dari 107 kasus itu, 81 pasien dirawat, 19 sembuh dan 7 meninggal. ⠀

Menyikapi hal demikian, dia lagi-lagi meminta masyarakat agar tetap tinggal di rumah. "Sebab saat ini lebih aman di rumah untuk bisa memutus mata rantai penyebaran virus ini," ucap ia.⠀

Lebih rinci, dari 31 kasus di Mimika, 24 pasien dirawat, empat pasien sembuh dan tiga meninggal dunia.⠀

Kemudian di Kota Jayapura telah ditemukan 30 kasus, 20 dirawat, tujuh sembuh dan tiga meninggal dunia.⠀

Jayapura kini jumlahnya sudah 23 kasus, 18 pasien masih dirawat, empat sembuh dan satu meninggal.⠀

Lalu di Merauke ada sembilan pasien, lima perawatan dan empat sembuh.⠀

Kabupaten Keerom telah ditemukan empat kasus, semua dirawat di Kota dan Kabupaten Jayapura.⠀

Begitu juga tiga pasien yang berasal dari Kabupaten Sarmi.⠀

Di Kabupaten Mamberamo Tengah tersapat satu pasien yang dirawat di RSUD Wamena.⠀

Di Jayawijaya ada dua kasus positif yang seluruhnya masih dirawat.⠀

Terakhir, di Kabupaten Nabire telah ditemukan tiga kasus positif dan seluruhnya masih dalam perawatan di RSUD Nabire.⠀

Diketahui, saat ini ada 3.507 orang dalam pemantauan (ODP) dan 101 pasien dalam pengawasan (PDP). (DiskominfoPapua)

Bantuan SKK Migas dan Inpex Masela Perkuat Logistik Hadapi Covid-19 di Tanimbar

Posted: 19 Apr 2020 10:29 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku mengapresiasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Inpex Masela Ltd yang telah memberikan bantuan guna mendukung upaya pencegahan dan penanganan pandemi Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) pada Selasa (14/04/2020).

"Pemkab dalam hal ini gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Tanimbar sangat berterima kasih. Pemberian tersebut telah memperkuat kita punya kesiapan logistik apabila korona masuk, setidaknya APD level 3 itu cukup tersedia untuk penanganan di Tanimbar," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr. Edwin Tomasoa kepada para awak media.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu), A. Rinto Pidyantoro mengatakan bantuan tersebut merupakan bentuk empati dari industri hulu migas atas mewabahnya covid-19 yang telah menjangkit hingga di daerah Timur Indonesia.

"SKK Migas dan Kontraktor KKKS melakukan giat kepedulian terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 di Tanimbar, tidak hanya dikarenakan akan dibangunnya kilang liquefaction natural gas (LNG) atau Kilang Gas Alam Cair oleh Kontraktor SKK Migas yaitu Inpex Masela Ltd, namun juga merupakan bagian dari kepedulian terhadap potensi penyebaran yang perlu segera prioritaskan, sehingga tidak menyebar hingga daerah operasional hulu migas di Indonesia," katanya.

Rinto pun mengakui ada beberapa hambatan untuk membawa logistik bantuan bencana non alam akibat pembatasan wilayah di beberapa tempat dan ketersediaan alat angkut logistic yang terbatas pada masa pandemic Covid19 ini, sehingga bantuan tersebut baru bisa diserahkan secara simbolis yang bertempat di Gedung Kewarbotan, dengan rincian 8 poster edukasi penangulangan Covid-19 dan peralatan kesehatan, berupa 47 unit Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan berupa baju Hazmat, pelindung wajah, masker N95 dan sepatu boot, 38 dus masker bedah dan 1.000 botol hand sanitizer.

"Sambil menunggu proses angkut pengiriman bantuan ke Saumlaki, kami bersama beberapa Lembaga Masyarakat dan Subkontraktor KKKS telah melakukan dukungan dalam bentuk program pengembangan masyarakat di bidang Kesehatan yang melibatkan perwakilan masyarakat Desa Lermatang dan Bomaki, tenaga professional yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia serta jurnalis hulu migas yang ada di Saumlaki," aku dia. (Laura Sobuber)

Kodim Sarmi Terus Mencari Korban Speedboat Terbalik, Falvius Yaas

Posted: 19 Apr 2020 05:20 AM PDT

SARMI, LELEMUKU.COM – Kodim 1712/Sarmi mengerahkan seluruh personel dalam mencari satu korban tragedi speedboat terbalik di Pulau Liki Kabupaten Sarmi pada Sabtu (11/4/2020) lalu. Korban yang belum ditemukan tersebut merupakan Plh Sekda Sarmi Falvius Yaas.

Komandan Kodim 1712/Sarmi Letkol Inf Lambert Jerry Mailoa, SE mengatakan, untuk pencarian kepada korban sudah dilakukan semaksimal mungkin, mulai dari sejak dilaporkan terjadinya kecelakaan sampai dengan saat ini.

"Semua pihak telah bergerak baik dari Basarnas, Kodim 1712/Sarmi, Polres Sarmi, Lembaga Adat dengan cara adat, para nelayan yang ada di Sarmi, paguyuban dan masyarakat sepanjang pantai mulai dari timur Distrik Fee'en sampai dengan barat Distrik Pantai barat, akan tetapi belum mendapatkan hasil", kata Dandim saat ditemui di lokasi pencarian, Minggu (19/4).

Lebih lanjut dikatakan, sesuai dengan Undang-undang Pencarian dan Pertolongan (SAR) No 29 tahun 2014 pasal 34, operasi pencarian dan pertolongan dilaksanakan paling lama tujuh hari.

"Batas paling lama pencarian oleh Tim SAR dilakukan tujuh hari saja. Selanjutnya akan dilakukan pemantauan mengingat tidak ada tanda-tanda keberadaan korban. Namun, kami dari Kodim 1712/Sarmi melalui Koramil setempat akan terus melakukan upaya pencarian bersama dengan para nelayan," ujarnya. (KodamCenderawasih)

Cegah Covid-19, Pieter Walalayo Pimpin Pemeriksaan Pilot dan Barang di Bokondini

Posted: 19 Apr 2020 04:25 AM PDT

KARUBAGA, LELEMUKU.COM – Demi Mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19), Tim gugus tugas covid – 19 di wilayah Kabupaten Tolikara melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Tak terkecuali dengan pilot pesawat perintis yang masuk membawa barang sembako ke wilayah Kabupaten Tolikara.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Danramil 03/Bokondini Lettu Inf Pieter Walalayo bersinergi dengan dinas kesehatan Kabupaten Tolikara serta Kepolisian setempat pada Minggu (19/04/2020).

"Kami tetap melaksanakan penyemprotan Desinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh masyarakat. Tidak terkecuali dengan pilot pesawat perintis yang melayani wilayah-wilayah terpencil di kab. Tolikara beserta dengan barang semabko yang dibawahnya," kata Pieter.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut juga dilakukan baik di Posko pengawasan, door to door maupun menyambangi ketempat masyarakat bekerja.

"Setelah diperiksa lalu kita data, bagi yang suhu tubuhnya diatas normal langsung kami arahkan ke Puskesmas maupun Posko kesehatan yang telah disiagakan guna pemeriksaan lebih lanjut. Saat ini, partisipasi dan kerjasama warga sangat diperlukan dengan cara mengikuti himbauan pemerintah berupa penggunaan masker apabila keluar rumah, selalu mencuci tangan, hindari kerumunan dan jaga jarak", tegasnya. (KodamCenderawasih)

Tri Sugiarto Serahkan Bantuan APD kepada Gugus Tugas Covid-19 Malut

Posted: 18 Apr 2020 07:56 PM PDT

TERNATE, LELEMUKU.COM – Penyaluran bantuan dalam rangka penanganan Covid-19 di Malut terus didatangkan dari Pusat melalui Pesawat milik TNI AU B-737/A-7305/K-05 setelah pada sabtu sore (18/4/20) mendarat di bandar Udara Sultan Babullah.

Bantuan yang tiba di bandara Sultan Babullah tersebut langsung diserahkan oleh Kasrem 152 Babullah Ternate, Letkol Kav Tri Sugiarto kepada Kadis Kesehatan Idhar Sidi Umar.

Setelah menerima bantuan tersebut Idhar kemudian mengemukakan, sejauh ini bantuan yang diambil dari perwakilan langsung dikirim ke kita. Sedangkan bantuan yang kedua itu dari Korem 152 Babullah yang beberapa waktu lalu kita telah terima di Korem dengan jumlah 1000 pic.

Kemudian bantuan ketiga lanjut idhar, yang kemarin juga kita terima di sini (Bandara Babullah) dengan jumlah 3000 pic di tambah dengan masker 6000.

"Untuk bantuan keempat ini hanya coveroll (APD) 1000 yang dikasi," Ucapnya

Dirinya menjelaskan, total bantuan yang berikan sejauh ini sudah 7000 yang dikasi untuk coveroll (APD) kemudian masker sudah 9000 yang diberikan. Selain itu, 3000 masker kemudian ditambah 6000 masker sedangkan untuk rapid test pertama 2400 kemudian ditambah 6000.

"Jadi total sudah 8400 rapid test yang diberikan". Ungkapnya.

Idhar juga mennyampaikan, untuk Maluku Utara saat ini Stok APD dikatakan masih cukup. Menurutnya, APD yang telah ada akan siap didstribusikan ke kabupaten/Kota yang akan melayani pasien-pasien yang dicurigai terpapar Covid-19. (HumasMalut)

Satu Pasien RST Ambon Terkonfirmasi Positif Covid-19 Dari Hasil Rapid Test

Posted: 18 Apr 2020 07:56 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RST dr. Latumeten Ambon, dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani Rapid Test.

Pasien berjenis kelamin perempuan dan berusia 74 tahun itu, diketahui tiba dari Makassar (Sulawesi Selatan) pada tanggal 14 Maret 2020. Dirinya merupakan warga Kota Ambon, dan hanya melakukan perjalanan ke Makassar.

Setelah tiba di Ambon, pasien tersebut mengeluh lemas-lemas, dan awalnya tidak menunjukkan gejala umum seseorang yang terinveksi Covid-19.

Karena tetap merasa lemas dan tidak ada perubahan, pasien itu pada tanggal 30 Maret, disarankan oleh dokter untuk dilakukan test menggunakan Rapid Test.

"Hasilnya reaktif, positif," kata Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Sabtu (04/04/2020).

Dikatakannya, secara medik hasil dari Rapid Test tersebut harus di uji lagi dengan mengirim spesimennya untuk diperiksa di Laboratorium PCR (Polymerase Chain Reaction) di Jakarta.

"Hasil test itu harus dikonfirmasi lagi dengan PCR. Sejauh ini, pasien tersebut diberlakukan sebagaimana pasien positif, sambil kita menunggu hasil sampel yang sudah dikirim," kata Selang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. M. Pontoh menegaskan jika tingkat keakuratan Rapid Test Covid-19 hanyalah 80 persen.

"Bisa positif palsu, atau negatif palsu. Kalau pemeriksaan spesimen di Labkes (PCR, red), keakuratannya bisa mencapai lebih dari 92 persen," tegasnya. (HumasMaluku)

Mahakarya Geo Survey (MGS) Bantu Sediakan APD, Masker, dan Pembersih Tangan Untuk Masyarakat Tanimbar

Posted: 18 Apr 2020 07:56 PM PDT

Mahakarya Geo Survey (MGS) Bantu Sediakan APD, Masker, dan Pembersih Tangan Untuk Masyarakat TanimbarSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Semakin maraknya pandemik COVID – 19 (Corona Virus Disease 2019) di Indonesia turut membuat  Perusahaan Penyedia Jasa Survey, PT. Mahakarya Geo Survey (MGS) tergerak untuk berpartisipasi dalam menyediakan sejumlah Alat Pelindung diri (APD), pembersih tangan, dan masker kepada masyarakat khususnya di lokasi kerja mereka saat ini, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Bantuan, yang diserahkan utusan PT MGS secara resmi kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Lermatang tersebut pada Rabu (15/04/2020) dimaksudkan guna memberikan perlindungan yang standar kepada masyarakat dan juga tenaga medis dalam menjalankan tugasnya dalam masa pandemi ini.

President Director PT.Mahakarya Geo Survey, Illiah Henky Suharto, dalam pernyataan tertulisnya mengaku senang pihaknya dapat berperan untuk membantu Pemda Tanimbar. "Mudah-mudahan melalui bantuan ini, kami dapat bersama-sama mampu mengatasi pandemi virus Corona agar semua masyarakat khususnya di Tanimbar terjaga kesehatannya serta terus berkarya," ujar Illiah.

Mahakarya Geo Survey (MGS) Bantu Sediakan APD, Masker, dan Pembersih Tangan Untuk Masyarakat TanimbarPada kesempatan yang sama, Illiah juga mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah KKT agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat yaitu (1) mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir, (2) menjaga daya tahan tubuh dengan cara beristirahat yang cukup, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh, (3) berolah raga secara teratur dan (4) memakai masker saat di luar rumah.

Aksi bantuan MGS tersebut dilakukan secara paralel dan juga sejalan dengan bantuan yang sebelumnya telah diberikan oleh Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Inpex Masela pada Selasa (14/4/2020) guna mendukung upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 di Tanimbar.

PT MGS saat ini adalah kontraktor Survey Meteorologi & Oceanografi (Metocean) dari INPEX yang sedang mengembangkan proyek Liquefied Natural Gas (LNG) Abadi dengan kilang LNG-nya direncanakan dibangun di Tanimbar. (MGS)

TBM Rumah Inspirasi dan Yayasan Indah Salurkan Bantuan Alat Semprot di Negeri Iha Kulur

Posted: 18 Apr 2020 07:26 PM PDT

MALUKU, LELEMUKU.COM – Rumah Inspirasi Iha-Ulupia dan Yayasan Insan Sehat Sejahtera (Indah) menyalurkan bantuan alat semprot kepada tim pencegahan Corona Virus alias Covid-19 negeri Iha dan Kulur pada Sabtu (18/04/2020).

Penyerahan secara simbolik langsung oleh direktur Rumah Inspirasi Iha-Ulupia, Muhammad Fahrul Kaisuku kepada ketua tim pencegahan covid 19 negeri Iha, Salihin Samal yang juga menjabat Raja Negeri Kulur (pejabat).

Dalam pernyataan resminya, Kaisuku mengakui bantuan tersebut hasil kolaborasi pihaknya dan Yayasan Indah dibawah koordinator Turaya Samal selaku pengurus region provinsi Maluku.

"Ini merupakan kolaborasi bersama yayasan yang dibina oleh bapak Haji Hambra Samal. Tokoh nasional asal Maluku. Kebetulan kita Rumah Inspirasi yang dipercayakan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ini," ungkap Kaisuku.

Kaisuku merincikan, bantuan yang disalurkan berupa lima unit alat semprot yang targetnya untuk dusun-dusun dibawah pemerintahan negeri berteon/teun Ama-Iha Ulupia tersebut.

Kaisuku menegaskan, selaku pelaku volountir yang bergerak di wilayah sosial dan pendidikan, gerakan ini dapat mematik semangat hidup masohi serta menginspirasi untuk adik-adik dan basudara di negeri Iha Kulur untuk terus menjadikan buku dan Al-Quraan sebagai sahabat.

"Artinya ini bagian dari program promotif literasi kepada masyarakat," tegasnya.

Pasalnya, lanjut Kaisuku, bukan saja alat semprot, Rumah Inspirasi juga menyerahkan masker dan selembaran edukasi perihal pandemi dan imbauan PKM Perwatan Iha.

"Kami ajak masyarakat terutama generasi emas Iha Ulupia untuk membaca buku. Satu hari, satu lembar saja. Baca buku apa saja, baca selembaran apa saja. Akan terbiasa untuk membaca nantinya. Semua yang dilakukan ini demi masa depan SDM negeri ini 10, 20 tahun kedepan," pungkasnya.

Sementara Turaya Samal, pengurus Yayasan Indah saat di konfirmasi media ini, mengakui adanya penyerahan alat semprot di negeri Iha.

"Hari ini alat semprot. Dalam waktu dekat bersama rumah inspirasi juga akan membagikan masker kain kepada masyarakat di negeri tersebut. Tentu juga kami akan jangkau petuanan," akuinya.

Turaya yang juga seorang anggota DPRD Provinsi Maluku itu berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memutus mata rantai Corona Virus di wilayah tersebut.

"Semoga dapat membantu bapak/ibu di posko induk negeri Iha. Selanjutnya kami akan langsung menjangkau wilayah petuanannya," singkatnya.

Di kantor sekretariat tim, Ketua penanganan – pencegahan Covid 19 negeri Iha Kulur, Salihin Samal sesat sebelum menerima bantuan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi.

Dirinya mengakui, pastinya bantuan yang disalurkan itu sangat membantu.

"Memang kami butuh alat tersebut. Insya Allah kami akan menjalankan tugas kami sebagaimana yang diinginkan masyarakat terhindar dari cobaan ini," singkat Samal

Pejabat negeri Kulur ini menjelaskan, di negeri Iha Kulur terdapat 6 posko termasuk satu posko Induk.

Lima posko lainnya tersebar di dusun dusun dibawah pemerintahan negeri Iha.

"Terbatas dalam hal akses apalagi APD maka, kami kesulitan untuk menjamin ketersediaan logistik posko di dusun-dusun. Tapi dengan inisiasi dari anak-anak kami di Rumah Inspirasi sehingga kami bisa sedikit lega. Terimakasih juga kepada yayasan Indah," pungkas Samal.

Untuk diketahui, dalam penyerahan penyemprotan tersebut, ketua Tim Covid19 negeri Iha Kulur didampingi kepala Puskesmas Perawatan Iha Ismail Samal, Bhabinkamtibmas Brigpol Mualana Lattupono dan sejumlah tim lapangan Covid19 negeri Iha Kulur.

Sedangkan penyerahan selebaran edukasi, masker diberikan oleh Direktur Rumah Inspirasi kepada Babinsa, Serma Dulhamid Puttuhena pagi tadi (4 jam sebelum) dilakukan penyerahan alat semprot. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel