-->

Putus Mata Rantai Covid-19, Polres MTB Imbau Warga Tidak Mudik

Putus Mata Rantai Covid-19, Polres MTB Imbau Warga Tidak Mudik


Putus Mata Rantai Covid-19, Polres MTB Imbau Warga Tidak Mudik

Posted: 18 Apr 2020 06:24 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM– Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada Sabtu (18/04/2020), Pukul 10.00 WIT.

Imbauan tersebut dilakukan oleh Kasat Samapta Polres MTB, AKP Nahum Tengah bersama anggotanya yang diawali dengan kegiatan Patroli dialogis kepada beberapa warga Kota Saumlaki.

Pada kesempatan tersebut disampaikan Imbauan kepada warga Kota Saumlaki yang ditemu satu persatu, "Salah satunya misalnya yang saat ini sering disampaikan pemerintah terkait himbauan untuk tidak atau menunda mudik saat hari raya nanti. Selain masyarakat juga diminta tetap menjaga kebersihan badan dan tangan dan menerapkan social distancing hingga tetap berada di rumah saat ini," ujar Kasat Samapta AKP Nahum Tengah.

"Mari kita memutus mata rantai Penyebaran Covid -19 semuanya harus peduli dan mau ikut berperan Konkrit" Sekali lagi Pintanya Kasat Samapta. (HumasPolresMTB)

Demmy Paays Ajak Masyarakat Kota Ambon Bantu Gugus Tugas COVID-19 Pantau Pelaku Perjalanan

Posted: 18 Apr 2020 05:56 AM PDT

Demmy Paays Ajak Masyarakat Kota Ambon Bantu Gugus Tugas COVID-19 Pantau Pelaku PerjalananAMBON, LELEMUKU.COM - Demi kebaikan dan kesehatan bersama, masyarakat Kota Ambon, Provinsi Maluku dimintakan kerjasamanya untuk membantu Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dalam memantau para pelaku perjalanan yang wajib melakukan isolasi mandiri.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demmy Paays, saat dikonfirmasi Tim Media Center melalui saluran telepon, Sabtu (18/4/2020).

Kalak menjelaskan, dalam menekan penyebaran COVID-19, Gugus Tugas membutuhkan keterlibatan masyarakat.
"Karena masyarakat lebih mengetahui situasi dan kondisi wilayah masing-masing. Dari pantauan, apabila ditemui adanya Pelaku Perjalanan yang tidak melakukan isolasi mandiri, maka masyarakat bisa melaporkan kepada RT/RW atau langsung ke Posko Gustu," jelas Kalak.

Isolasi mandiri, lanjut Kalak, merupakan protap yang diatur Pemerintah bagi semua Pelaku Perjalanan dengan durasi waktu 14 hari setelah tiba ditempat tujuan.

"Ini protap, jadi wajib dilaksanakan demi kebaikan bersama, dan masyarakat diharapkan aktif untuk memantau serta melaporkan kepada Tim Gugus Tugas apabila ada yang melanggar protap tersebut," beber Kalak.

Ditambahkan, ketika menerima laporan, Tim Gugus Tugas melalui Babinsa maupun Babinkamtibmas akan segera menuju lokasi untuk melakukan sosialisasi.
"Semalam kita menerima laporan, tim langsung turun lokasi. Sosialisasi kita berikan, baik kepada Pelaku Perjalanan maupun keluarganya. Apabila kedepan, Gustu masih menerima laporan yang sama, maka baik Pelaku Perjalanan maupun anggota keluarga yang melakukan kontak erat dengannya akan mengikuti isolasi secara terpadu sesuai lokasi yang sudah ditetapkan Pemerintah," tutup Kalak.

Karena itu, kepada masyarakat, Pemerintah berharap untuk tetap mengikuti anjuran guna mencegah penyebaran COVID 19, dan bagi para pelaku perjalanan, sangat diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri sesuai waktu yang ditetapkan demi kebaikan dan kesehatan bersama. (DiskominfoSandiAmbon)

Di tengah Wabah Covid-19, Polres MTB Bagi Sembako kepada Penjual Lokal di Jalan Trans Yamdena

Posted: 18 Apr 2020 05:20 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku pada Senin (18/04/2020), Pukul 12.10 WIT Bertempat di sepanjang Jalan Trans Yamdena tepatnya pada Petuanan Desa Ilngei, Desa Wowonda dan Desa Kabiarat Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) telah melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial berupa pembagian sembako oleh yang dipimpin langsung oleh Kapolres MTB, AKBP. Adolof Bormasa,S.H,.M.H.

Jenis Sembako yang diberikan adalah Beras 95 Kg, Sarimi 9 karton, Gula Pasir 22 Kg dan Minyak Goreng 22 liter.

Sebanyak 22 warga yang bekerja sehari – hari sebagai penjual hasil kebun pada jalur jalan Trans Yamdena menerima bantuan sembako, warga tersebut diantaranya Veny sermatang (49), Maria yempori (74), Elisa betsermayam (42), Kodelifa hilmase (35), Magdalena Batmomolin (45), Yuli Jampormias (34).

Kace Kundre (56), Benny Kundre (58) Umur 58, Sarce Batlayar (44), Lili laritembun (46), Gardenia Kundre (38), Lamasena Lamere (56), Reni liburselan (43), Mery sarpumpuain (49), Martina Bulurdity (32), Rose Ingalawana (56), Albertina Kenjapluan (39), Yustina Nusmesse (55), Emi Lamere (28), Odo sabarlele (62) dan Ulis Sabarlele (34).

"Pemberian bantuan sembako ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan bantuan uluran tangan ditengah pandemik Covid-19 ini," ungkap Kapolres Bormasa.

Selanjutnya, para penjual hasil kebun ini sangat merasakan dampak dari pendemik Covid 19, omset penjualan mereka menurun diakibatkan banyak masyarakat yang mulai jarang keluar rumah, oleh sebab itu kita hadir untuk berbagi dengan mereka.

Turut hadir dalam kegiatan Bakti Sosial Waka Polres Maluku Tenggara Barat, Kompol Lodevicus Tethool,.S.H,.M.H, Kapolsek Wertamrian Polres Maluku Tenggara Barat IPDA. J. Samponu, Personil Polres Maluku Tenggara Barat kurang lebih 16 Orang. Kegiatan itupun berlangsung aman dan lancar hingga pukul 13.00 Wit. (HumasPolresMTB)

Sikapi Pandemi Covid-19, Adolof Bormasa Pimpin TFG ‘Tactical Floor Game’

Posted: 18 Apr 2020 05:20 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku Polda menggelar pelatihan Tactical Floor Game (TFG) dalam upaya Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dan menghadapi kontijensi.

TFG Sispamkota Polres Maluku Tenggara Barat ini digelar di Guppasa Coffee Saumlaki pada Rabu (15/4/2020), pukul 09.40 WIT

Kapolres Maluku Tenggara Barat AKBP Adolof Bormasa,S.H.,M.H mengatakan, pelatihan TFG Sispamkota kontijensi Ops Aman Nusa II Siwalima 2020 merupakan simulasi upaya pelatihan dalam penanganan konflik sosial dampak COVID-19 di wilayah hukum Polres Maluku Tenggara Barat.

"TFG adalah sebuah pemaparan untuk menyimulasikan pergerakan dari unsur-unsur, pelaku atau orang, melalui sebuah peta yang diletakkan di sebuah meja maupun dilantai," terang dia.

Bormasa menjelaskan, TFG tersebut bertujuan untuk memetakan pergerakan personel dalam segala kondisi di wilayah hukum Polres MTB sekaligus mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan personel baik pada saat aman maupun situasi kontijensi.

"Kegiatan ini juga sebagai silahturamahi bagi kita semua, Mari kita bersatu bekerja sama membantu Pemda untuk menanggulangi virus covid 19 di wilayah kita," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1507/Saumlaki, Letkol Inf Rahmad Saeroddin, S.I.P, M.I.Pol, Danlanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Hartanto, M.Tr.Hanla, Dansatradar 245 Nifmasbulur Saumlaki, Mayor Lek Fauzi Arizona S.T M.I. Pol, Kajari Saumlaki Frenkie Son S.H. M.H. M.K.ns, Waka polres MTB Kompol Lodevicus Tethool. S.H., M.H, Dansubdenpom Lettu CPM Frans.

Dankie Kompi 3 yon C pelopor Iptu A. Thenu, Kepala BPBD Bruno Layan, Perwira Polres MTB, Personil Polres MTB, Personil Brimbo kompi 3 yon C pelopor, Personil Kodim 1507 Saumlaki dan Personil Lanal Saumlaki dengan aman hingga pukul 10.15 WIT. (HumasPolresMTB)

Marga Taufiq Pimpin Sertijab Pejabat Utama di Kodam Pattimura

Posted: 18 Apr 2020 04:48 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq memimpin laporan Korps Serah Terima Jabatan dan Penyerahan Tugas Jabatan para Pejabat utama Kodam XVI/Pattimura, bertempat di Ruang Loby, Makodam XVI/Pattimura, Ambon pada Jumat (17/04/2020).

Adapun pejabat yang di sertijabkan yakni penyerahan jabatan Kasdam XVI/Pattimura kepada Pangdam XVI/Pattimura dan serah terima jabatan Danrem 152/Babullah dari Kolonel Endro Satoto S.I.P., M.M. kepada Kolonel Inf Dr. Chairussani Abbas Sopamena, S.I.P., M.Si. serta Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura dari Kolonel Inf Djoko Sulistyono Pronoto Yudha Witjoro, S.I.P., M.Si. kepada Kolonel Inf Erwansyah, S.I.P., M.A.P.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, serah terima jabatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan tugas dan dinamika organisasi TNI AD, terlebih khusus di lingkungan Kodam XVI/Pattimura, untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kinerja serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan Kodam XVI/Pattimura. (Lanjutan di kolom komentar)

Dalam kesempatan itu Pangdam juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P. yang telah menyelesaikan tugas di Kodam XVI/Pattimura dengan baik.

Dan kepada pejabat yang telah mendapat kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas di wilayah Kodam XVI/Pattimura, Pangdam juga mengatakan selamat dating dan selamat bertugas dan segera pelajari dan sesuaikan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Adakan komunikasi dan koordinasi dengan semua unsur untuk mendapat informasi dan masukan agar segera menyesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah Kodam XVI/Pattimura.

Kegiatan Sertijab dan penyerahan jabatan berlangsung dengan tertib dan khidmat dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang melaksanakan Sertijab beserta istri oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq dengan didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/Pattimura Ny. Nida Marga Taufiq dan diikuti tamu undangan lainnya. (KodamPattimura)

17 Pasien Covid-19, 6 Orang Sembuh, 105 ODP dan 7 PDP di Maluku per 17 April 2020

Posted: 17 Apr 2020 08:58 PM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Pemerintah Provinsi Maluku menyampaikan perkembangan laporan penyebaran Pandemic Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) Provinsi di 11 Kabupaten dan Kota per Jumat (17/04/2020).

Melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maluku menyatakan jumlah pasien positif covid-19 sebanyak 17 jiwa dan 6 pasien diantaranya dinyatakan sembuh.

Kemudian jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD) sebanyak 105, dengan rincian Kota Ambon ada 57 jiwa, Maluku Tengah 1 jiwa, Seram Bagian Barat (SBB) 5 jiwa, Seram Bagian Timur (SBT) 6 jiwa, Buru 30 jiwa, Kepulauan Tanimbar 6 jiwa.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 7 jiwa dengan rincian Ambon 3 jiwa, Buru 1 jiwa, Malteng 2 jiwa dan Buru 1 jiwa serta 11 pasien positif corona terdapat di Ambon, Buru, Bursel dan Malteng.

Tim gugus Covid-19 Maluku mengatakan dalam mencermati perkembangan dalam menghadapi pandemic tersebut dengan bersatu, saling mendukung, saling menjaga untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan selalu berupaya untuk mempertahankan masyarakat tetap sehat dengan jaga jarak ketika bertemu, jangan bersentuhan, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan gunakan masker dikerumunan. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel