-->

Yogie Gultom Pimpin Anev di Polsek Tansel

Yogie Gultom Pimpin Anev di Polsek Tansel


Yogie Gultom Pimpin Anev di Polsek Tansel

Posted: 04 May 2020 12:02 PM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melalui Polsek Tanimbar Selatan (Tansel) melalukan kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) serta pembacaan penempatan personil untuk mengisi kekosongan personil Pasca Mutasi pada Senin (27/04/2020).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Yogie, S.T.K dan didampingi oleh Waka Ipda E. Fasse serta dihadiri oleh seluruh Kanit dan Kasi serta personil Polsek Tanimbar Selatan diawali pukul 09.30 WIT bertempat di ruang Lobi Polsek tersebut.

Dalam arahan Kapolsek Tansel menekankan kepada personil yang baru mutasi tiba agar cepat menyesuaikan diri dan tunjukan kinerja yg baik sebagaimana reward yang telah dipercayakan Pimpinan kepada personil.

Kemudian Gultom menjabarkan secara global pelaksanaan tugas di masing-masing unit dan seksi di Polsek serta apa yang harus dikerjakan setiap personil sesuai bidang tugasnya dan bertanggung jawab. Kegiatan itu pun berlangsung aman dan lancar. (Albert Batlayeri)

Yogie Gultom Pimpin Pembagian Takjil Gratis di Saumlaki

Posted: 04 May 2020 11:02 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Memasuki ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan 1441 H / 2020 Polsek Tanimbar Selatan (Tansel) di wilayah Polres Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melaksanakan pembagian Takjil gratis kepada Umat Muslim di Kota Saumlaki dan sekitarnya pada Senin (04/05/2020 ).

Kegiatan makanan berbuka puasa itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Yogie Gultom, S.T.K dengan didampingi oleh beberapa personil yang bertempat tikungan Pelabuhan Saumlaki tepatnya di depan Pos Pol KPPP pada beberapa menit menjelang waktu berbuka puasa bagi Umat Muslim.

"Kegiatan ini kita laksanakan sebagai wujud turut mendukung dan menghargai sekaligus turut membantu basudara kita umat Muslim khususnya di Kota Saumlaki dan sekitarnya yg sementara melaksanakan ibadah Puasa agar kegiatan Ibadahnya dapat berjalan dgn aman dan lancar," ungkap Kapolsek Gultom.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan di bulan Puasa, jaga kebersihan diri, Jaga Jarak serta patuhi anjuran Pemerintah untuk bersama-sama mencegah penularan Virus Corona atau COVID-19. Kegiatan itu pun berlangsung aman dan lancar serta mendapatkan apresiasi dan ucapan terima kasih dari masyarakat. (Albert Batlayeri)

Ruben Morioulkossu Siap Kerjakan Lima Amanat Petrus Fatlolon

Posted: 04 May 2020 11:02 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM yang baru saja dilantik oleh Bupati Petrus Fatlolon, SH., MH mengakui siap untuk menjalankan lima amanat yang diberikan kepadanya.

Dalam arahannya, Bupati Fatlolon menyampaikan lima hal yang harus dikerjakan oleh pejabat Sekda Moriolkossu, diantaranya memastikan urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai tupoksi.

Kedua, memastikan seluruh Pejabat Struktural di lingkungan Pemkab Tanimbar memberikan perhatian lebih untuk mendukung penuh tugas pokok Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona atau COVID-19.

Ketiga, menjaga stabilitas dari ketahanan pangan di Tanimbar yang menjadi tugas bersama untuk mengkampanyekan, mendorong dan memberikan motivasi kepada Pemerintah Desa (Pemdes) serta masyarakat supaya mulai menanam tanaman pangan lokal untuk memastikan ketersediaan pangan.

Keempat, memperhatikan masalah pendidikan dan kesehatan dengan serius walaupun saat ini sementara dilakukan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah, namun harus dipastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke desa dapat berjalan dengan baik serta kepada para guru harus memonitor aktifitas anak selama belajar dari rumah.

Kelima, memastikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait terutama Dinas Cipta Karya agar melakukan monitoring di titik-titik rawan banjir dan drainase yang disesuaikan dengan informasi BMKG, dimana curah hujan di beberapa wilayah termasuk di Tanimbar cukup tinggi.

"Saya segera akan konsolidasikan tugas-tugas ini dengan seluruh SKPD, teristimewa SKPD terkait yang diarahkan oleh bupati dalam lima hal itu. Jadi tetap saya akan menjalankan tugas dalam rangka memperlancar tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat," aku dia usia pelantikan kepada para awak media pada Senin (04/05/2020).

Penjabat Moriolkossu dilantik mengantikan Sekda terdahulu, Piterson Rangkoratat, SH melalui SK Bupati Tanimbar dengan Nomor 821.22 – 162 – Tahun 2020 tanggal 04 Mei 2020 tentang 'Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar'.

Setelah mendapat persetujuan dari Gubernur Maluku, Murad Ismail melalui surat Nomor 421/1548 tertanggal 30 April 2020 tentang 'Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar'.

Kemudian Morioulkossu akan melaksanakan tugas sesuai ketentuan selama tiga bulan hingga terpilihnya pejabat definitif Sekda Tanimbar yang baru. (Laura Sobuber)

Rustan Saru Ungkap Lima Pedagang Sayur Keliling Akan Menjalani Tes Swab

Posted: 04 May 2020 09:02 AM PDT

Rustan Saru Ungkap Lima Pedagang Sayur Keliling Akan Menjalani Tes SwabJAYAPURA, LELEMUKU.COM – Setelah menjalani Rapid test dan dinyatakan reaktif corona virus disease atau covid 19, pada kamis 30 April lalu, kelima pedagang sayur keliling di kota Jayapura yang sedang menjalani karantina mandiri akan melakukan tes PCR dengan cara pemeriksaan Swab.

"Dari lima orang ini, akan kami ambil swab, pada hari senin kemudian kita tes, apakah mereka terkena covid atau tidak, "jelas Ketua Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid 19 Kota Jayapura, Ir H. Rustan Saru MM, Jumat 1 April 2020.

Pihaknya juga menhimbau kepada warga kota jayapura agar tidak panik dengan 5 pedagang sayur ini karena mereka akan menjalani tes Swab untuk memastikan positif corona.

Selain itu, pihaknya juga mereka telah melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing dan di larang melakukan aktivitas jual beli sayur.

"Kepada seluruh masyarakat kota Jayapura, tidak perlu panik dan khawatir karena mereka belum positif covid, hanya reaktif, sehingga mereka harus menjalani tes 1 kali lagi,"ungkap Ketua Gugus Tugas kota Jayapura.

Selain itu,  Kepada para pedagang yang teah menjalani Rapid Test Covid 19 di kota Jayapura, akan di tandai setiap kendaraanya dengan stiker resmi yang dikeluarkan tim gugus tugas covid 19 kota jayapura. (HumasKotaJayapura)

Satpol PP Kota Ambon Bersihkan Rumah Warga Ambon Terimbun Longsor Akibat Hujan Lebat

Posted: 04 May 2020 09:02 AM PDT

Satpol PP Kota Ambon Bersihkan Rumah Warga Ambon Terimbun Longsor Akibat Hujan Lebat
AMBON, LELEMUKU.COM – Rumah salah satu warga di Kawasan Skip, Kelurahan Batu Meja tertimbun longsor akibat hujan deras yang mengguyur Kota Ambon sejak pagi hingga sore tadi.

Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja, P.Loppies saat dikonfirmasi Tim Media Center, Senin (4/5/2020) melalui sambungan telepon mengatakan, bencana longsor yang terjadi menimpa sebuah rumah milik keluarga Fredy Wattimena.

"Tidak ada korban jiwa dalam perisitiwa tersebut, namun dinding rumah bagian belakang milik keluarga Fredy mengalami kerusakan akibat material longsor menghantam dinding rumah tersebut," jelasnya.

Kasat menambahkan, material longsor hingga sore tadi sudah dibersihkan oleh anggota Satpol PP Kota Ambon, dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta warga sekitar.

Sementara itu, Sekretaris Badan (Sekban) Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhumury dalam keterangannya menjelaskan, untuk meminimalisir bencana longsor, pihaknya akan memasang terpal pada lokasi tersebut.

"Pihak BPBD sudah tinjau lokasi, kita juga sudah melakukan pendataan, langkah awal yang akan kita tempuh adalah dengan menghancurkan batu karang dan kemudian memasang terpal pada area miring disekitar lokasi untuk mengurangi dampak pengikisan," kata Sekban.

Sekban menghimbau kepada masyarakat yang tinggal disekitar lereng bukit dan juga bantaran sungai untuk senantiasa waspada apabila curah hujan meningkat. (DiskominfoAmbon)

Herry Naap Imbau Masyarakat Biak Tenang dan Dukung Pemerintah Lawan COVID-19

Posted: 04 May 2020 09:02 AM PDT

BIAK, LELEMUKU.COM – Data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor hingga dengan Senin (4/5) malam ini, pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 19 orang, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 22 orang. Baik pasien yang statusnya sebagai ODP mapun PDP sudah dikarantina khusus (lengkapnya lihat digrafis yang kami lampirkan).

"Pasien PDP dan ODP sudah dikarantina, intinya perkembangan kesehatan mereka tetap dipantau dan pengambilan swab kami masih tunggu alat Virus Transport Media (VTM) dari Litbangkes Jayapura," kata kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Daud N, Duwiri, S.KM.,M.Kes., Senin (4/5) malam.

Seperti yang sampaikan sebelumnya bahwa kasus positif tertular Virus Corona di rawat di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 13 orang (jumlah itu sudah termasuk 2 pasien rujukan dari Kabupaten Supiori).

Bupati yang juga adalah Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd diberbagai kesempatan mengimbau masyarakat supaya tidak panic dan tetap tenang, serta mendukung upaya-upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan ataupun penangan terhadap Virus Corona supaya tidak meluas di masyarakat.

"Mengajak kepada masyarakat supaya menjaga diri, jaga keluarga dan ikuti himbauan atau anjuran dari pemerintah. Rajin cuci tangan dengan menggunakan sabun, tidak perlu keluar rumah kalau tidak penting, gunakan masker, istirahat yang cukup dan sejumlah lainnya," imbuh Bupati. (HumasBiakNumfor)

11 Pasien COVID-19, 63 ODP dan 20 PDP di Maluku per 4 Mei 2020

Posted: 04 May 2020 08:02 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Pemerintah Provinsi Maluku menyampaikan perkembangan laporan penyebaran Pandemic Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) Provinsi di 11 Kabupaten dan Kota per Senin (04/05/2020) pukul 12.00 WIT.
Melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Maluku menyatakan jumlah pasien positif covid-19 sebanyak 23 jiwa dan 12 pasien diantaranya dinyatakan sembuh.

Kemudian jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD) sebanyak 63 dengan rincian ambon 14 jiwa, Buru Selatan (Bursel) 1 jiwa, Maluku Tengah (Malteng) 3 jiwa, Seram Bagian Timur (SBT) 1 jiwa dan Maluku Tenggara (Malra) 1 jiwa.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 18 jiwa dengan rincian Ambon 51 jiwa, Bursel 1 jiwa, Buru 3 jiwa, Seram Bagian Barat (SBB) 2 jiwa, Kepulauan Tanimbar 2 jiwa dan Kepulauan Aru 4 jiwa serta 11 pasien positif corona terdapat di Ambon 7 jiwa, Buru Selatan (Bursel) 1 jiwa, Malteng 1 jiwa dan Buru 2 jiwa.

Tim gugus Covid-19 Maluku mengatakan dalam mencermati perkembangan dalam menghadapi pandemic tersebut dengan bersatu, saling mendukung, saling menjaga untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan selalu berupaya untuk mempertahankan masyarakat tetap sehat dengan jaga jarak ketika bertemu, jangan bersentuhan, cuci tangan pakai sabun, hindari kerumunan dan gunakan masker dikerumunan. (Laura Sobuber)

281 Relawan COVID-19 Tanimbar Jalankan Misi Kemanusiaan

Posted: 04 May 2020 08:02 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Infection Desease (COVID-19) telah mengunguhkan sebanyak 56 orang relawan tenaga kesehatan dan 225 orang relawan tenaga sosial di daerah yang dipimpinnya itu pada Senin (04/05/2020).

Fatlolon menyampaikan apresiasinya kepada para relawan yang telah bersedia untuk membantu menjadi penpanjangan tangan dari gugus tugas COVID-19 Tanimbar dalam menjalankan misi kemanusiaan selama masa pandemic virus mematikan itu.

"Saya memberi apreseasi kepada para relawan yang bersedia menjalankan misi kemanusiaan dan masa tugas dari para relawan nantinya akan berakhir bersamaan dengan masa kerja Gugus Tugas COVID-19 Tanimbar," ungkap dia.

Para relawan dikukuhkan berdasarkan Keputusan Ketua Gugus Tugas COVID-19 Tanimbar dengan Nomor 443.1 – 01 – GT. COVID – Tahun 2020 tertanggal 4 Mei 2020 tentang 'Pembentukan Tim Relawan Tenaga Kesehatan Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019' dan Keputusan Nomor 443.1 – 02 – GT. COVID – Tahun 2020 tertanggal 4 Mei 2020 tentang 'Pembentukan Tim Relawan Tenaga Sosial Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 di Tanimbar. (Laura Sobuber)

Petrus Fatlolon Apresiasi Mantan Sekda Tanimbar, Piterson Rangkoratat

Posted: 04 May 2020 07:32 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH memberi apresiasi kepada mantan Sekretaris Daerah (Sekda) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tersebut, Piterson Rangkoratat, SH atas mengabdian pelayanan membantu dirinya dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan teknis daerah selama tiga tahun terakhir.

"Saya patut menyampaikan terima kasih, hormat dan penghargaan kepada mantan sekda, bapak Piterson Rangkoratat, SH yang telah menjalankan tugas tanggungjawab selaku Sekretaris Daerah dari tahun 2017 sampai dengan kemarin melepas jabatannya. Kiranya seluruh karya, pengabdian dan pelayanan yang diberi oleh mantan sekda mendapatkan berkat dan rahmat dari Tuhan yang Maha Kuasa," kata dia saat melantik penjabat Sekda Tanimbar yang baru, Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM pada Senin (04/05/2020).

Pada kesempatan itu, Fatlolon pun mengajak seluruh staf ahli, asisten dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) untuk bersama-sama membangun Tanimbar sesuai dengan jabatan tugas dan tangungjawab masing-masing dalam mencapai Visi dan Misi dirinya bersama Wabup Agustinus Utuwaly, S.Sos, yaitu menjadikan masyarakat Kepulauan Tanimbar yang sehat, cerdas, berwibawa dan mandiri.

"Mari kita bersama-sama terus bergandengan tangan membangun Tanimbar sesuai degan jabatan tugas dan tanggungjawab yang diamanatkan di atas pundak kita masing-masing. Kiranya Tuhan senantiasa menolong dan memberkati kita semua," ajaknya.

Piterson Rangkoratat diketahui demosi sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Sementara Ruben Moriolkossu akan melaksanakan tugas sesuai ketentuan selama tiga bulan hingga terpilihnya pejabat definitif Sekda Tanimbar yang baru. (Laura Sobuber)

Farah Quinn Kangen Puasa Bersama Orangtua

Posted: 04 May 2020 06:32 AM PDT

JAKARTA, LELEMUKUCOM – Koki Selebriti Indonesia Farah Quinn mengungkapkan rasa rindunya untuk melaksanakan puasa bersama orangtua tercinta.

"Bagaimana puasanya teman-teman sayang? Semoga lancar, Alhamdulillah. Puasa tahun ini saya kangennn sekali berkumpul dengan orang tua tercinta. Walaupun tinggal di satu kota tapi kita tidak bisa berjumpa," tulis dia di media sosial (Medsos) pada Sabtu (02/05/2020).

Ibu dari Armand Quinn ini mengaku walau tinggal satu kota bersama orangtua, ia tetap tak bisa berkumpul guna mendukung pemerintah mencegah pandemi Virus Corona atau COVID-19.

Kemudian wanita 40 tahun itu pun membagikan beberapa menu pilihan selama bulan Ramadhan, seperti frozen food, cakes, masakan rumahan, nasi hainam, tekwan, daging frozen.

"Penting sekali kita menjaga jarak agar tetap sehat Untuk teman-teman yang pengen relax tapi tetap makan yang enak-enak, bisa geser ke kiri, lihat beberapa pilihan makanan sedap yang langsung di deliver ke rumah," tambahnya. (Laura Sobuber)

Joy Adriaansz Ungkap Pasien Dengan Keluhan Mirip COVID-19 Ditangani Sesuai Prosedur

Posted: 04 May 2020 05:19 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz menjelaskan tentang prosedur penanganan pasien di Rumah Sakit terkait protokol COVID-19.

Jubir mengatakan, prosedur tersebut sudah berlaku di Kota Ambon. Pihak RSU Dr. Haulussy telah mengeluarkan surat edaran terkait prosedur penanganan pasien yang datang melakukan pemeriksaan atau dirujuk ke IGD dengan gejala covid-19.

"Hal ini tidak lepas dari kondisi Kota Ambon yang sudah terjadi transmisi lokal penyebaran COVID-19. Dalam surat edaran tersebut dijelaskan, seorang pasien yang datang dengan keluhan tenggorokan seperti batuk, pilek, sesak napas, nyeri tenggorokan serta demam, akan langsung dimasukan ke ruang isolasi IGD. Pasien tersebut akan langsung mengisi formulir skrining COVID-19 dan melakukan pemeriksaan darah dan rapid test," lagi kata Jubir.

Secara otomatis, pasien tersebut berstatus ODP atau PDP. Semisal hasil pemeriksaan awal, pasien tersebut negatif, maka pasien tersebut dapat melakukan rawat jalan dengan edukasi isolasi mandiri dan wajib melaporkan kepada Dinas Kesehatan Kota Ambon.

"Kalau pasien tersebut berstatus PDP, maka langsung dirawat diruang isolasi serta dilakukan foto rontgen disana, dan bila hasil test awal adalah positif, pasien akan mengikuti swab test," lagi jelas Jubir.

Ditambahkan lagi, pasien yang hasil rapid testnya negatif, akan tetap mengikuti prosedur pemeriksaan rapid test kedua 10 hari setelah test rapid pertama.

Terkait pasien yang meninggal pada saat melakukan perawatan, Jubir menjelaskan, prosedur yang diterapkan sesuai dengan protokol COVID-19.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, lanjut Jubir, seorang pasien yang mengalami gangguan penapasan karena penyakit bawaan, asma dan TBC paru. Ketika dibawah ke rumah sakit umum, pasien tersebut tak tertolong dan meninggal dunia di Rumah Sakit.

Dikatakan pula, pasien tersebut ketika merujuk ke Rumah Sakit, keluhannya menyerupai keluhan pasien COVID-19, sehingga diterapkan prosedur penanganan COVID-19. "Kepada pasien sudah dilakukan rapid test dan hasilnya positif, namun rapid test tidak memastikan seorang pasien adalah positif COVID-19. Sampel Swab Test telah diambil untuk memastikan penyebab kematian yang bersangkutan dan hasilnya baru dapat diketahui beberapa hari kedepan" tegas Jubir.

Terhadap pasien, telah dilakukan proses pemakaman dengan menggunakan protap COVID-19.
"Ini adalah langkah yang diambil oleh pihak rumah sakit untuk mengantisipasi dengan melakukan prosedur pemakaman sesuai protokol COVID-19, mulai dari kesiapan jenasahnya sampai dengan lokasi pemakaman yang telah disiapkan Pemerintah," imbuh Jubir.

Untuk diketahui, prosedur penanganan sesuai Protokol COVID-19 dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi dini penyebaran COVID-19 pada wilayah yang rentan dan sudah terdampak transmisi lokal, Rapid Test adalah test awal yang dilakukan untuk mengantisipasi dini penyebaran namun bukan test konkrit untuk memastikan seorang pasien positif COVID-19, karena test konkrit untuk memastikan seorang positif COVID-19 adalah Swab Test. (DiskominfoAmbon)

Bank Indonesia dan Dinas Pertanian Provinsi maluku Bentuk Kelompok Tani Binaan di Kota Ambon

Posted: 04 May 2020 03:49 AM PDT

Bank Indonesia dan Dinas Pertanian Provinsi maluku Bentuk Kelompok Tani Binaan di Kota AmbonAMBON, LELEMUKU.COM - Guna menjaga ketersediaan barang khususnya sayuran yang tidak tahan lama, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku bersama Dinas Pertanian bekerjasama dalam menjaga pasokannya. Salah satu jalan untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara mengembangkan daerah-daerah penghasil yang lokasinya dekat dengan Kota Ambon.

Untuk mendukung upaya tersebut, Bank Indonesia berkoordinasi dengan Dinas Pertanian membentuk kelompok tani binaan di beberapa wilayah guna mendukung pasokan kebutuhan di wilayah Maluku, terutama Kota Ambon. Salah satu kelompok binaan tersebut berada di Telaga Kodok. Adapun bentuk dukungan diberikan dalam bentuk berupa bantuan bibit/benih, pupuk dan peralatan pertanian hingga pelatihan.

Kelompok Tani binaan Bank Indonesia yang bernama Telaga Legah ini, diketuai oleh Ibrahim Kaimudin dengan beranggotakan sebanyak 20 orang petani. Luas area pertanian yang diimiliki sebesar 0,25 ha. Komoditas utama yang ditanam kelompok ini berupa cabe (rawit dan keriting), sawi, bawang merah, tomat, buncis dan kacang panjang.
Bank Indonesia dan Dinas Pertanian Provinsi maluku Bentuk Kelompok Tani Binaan di Kota Ambon
Kini Kelompok Tani Telaga Legah kembali membuahkan hasil setelah pada akhir 2019 yang lalu panen komoditas cabe keriting dan bawang merah. Panen sawi sakata sebanyak 1,3 ton memberikan harapan tambahan penghasilan bagi kelompok tani ditengah situasi pandemi COVID-19 saat ini. Adanya suplai pangan dari tanah Maluku diharapkan dapat memasok kebutuhan domestik di dalam provinsi. Hasil panen ini rencananya akan langsung dipasok ke pasar Ambon.

Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku senantiasa akan berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Pemerintah Provinsi Maluku, TPID Provinsi Maluku dan pihak terkait lainnya untuk melaksanakan program dan strategi pengendalian inflasi di Maluku meski di tengah pandemi Covid-19, sehingga inflasi tetap terjaga pada level yang rendah dan stabil. (BIMaluku)

Petrus Fatlolon Beri Lima Tugas ke Ruben Morioulkossu Sebagai Penjabat Sekda Kepulauan Tanimbar

Posted: 04 May 2020 03:49 AM PDT

Petrus Fatlolon Beri Lima Tugas ke Ruben Morioulkossu Sebagai Penjabat Sekda Kepulauan Tanimbar
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH melantik Drs. Ruben B. Moriolkossu, MM sebagai penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tersebut pada Senin (04/05/2020).

Bupati Fatlolon menyampaikan lima hal yang harus dikerjakan oleh pejabat Sekda Moriolkossu, diantaranya memastikan urusan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai tupoksi.

Kedua, memastikan seluruh Pejabat Struktural di lingkungan Pemkab Tanimbar memberikan perhatian lebih untuk mendukung penuh tugas pokok Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona atau COVID-19.
Ketiga, menjaga stabilitas dari ketahanan pangan di Tanimbar yang menjadi tugas bersama untuk mengkampanyekan, mendorong dan memberikan motivasi kepada Pemerintah Desa (Pemdes) serta masyarakat supaya mulai menanam tanaman pangan lokal untuk memastikan ketersediaan pangan.

Keempat, memperhatikan masalah pendidikan dan kesehatan dengan serius walaupun saat ini sementara dilakukan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah, namun harus dipastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke desa dapat berjalan dengan baik serta kepada para guru harus memonitor aktifitas anak selama belajar dari rumah.

Kelima, memastikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait terutama Dinas Cipta Karya agar melakukan monitoring di titik-titik rawan banjir dan drainase yang disesuaikan dengan informasi BMKG, dimana curah hujan di beberapa wilayah termasuk di Tanimbar cukup tinggi.

"Seluruh tahapan sampai dengan pelantikan penjabat sekda telah berjalan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," kata Fatlolon.

Penjabat Ruben Moriolkossu dilantik berdasarkan SK Bupati Tanimbar dengan Nomor 821.22 - 162 - Tahun 2020 tanggal 04 Mei 2020 tentang 'Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar' setelah mendapat persetujuan dari Gubernur Maluku, Murad Ismail melalui surat Nomor 421/1548 tertanggal 30 April 2020 tentang 'Persetujuan Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar'. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel