-->

Dinas Pariwisata Biak Numfor Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Dinas Pariwisata Biak Numfor Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata.lelemuku.com.jpg

BIAK, LELEMUKU.COM - Dinas Pawisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua melakukan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata, di Horel Arumbay, Kamis (11/11/2021).

Sebanyak 40 orang peserta ikut mengambil bagian dalam kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidang keperawisataan itu. Mereka adalah para Kepala Kampung, Bamuskam dan pengelola Destinasi Wisata.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengatakan, pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan semua pihak, salah satunya adalah masyarakat sebagai pemangku kepentingan bersama-sama pemerintah. Dukungan masyarakat dimaksud salah satunya melalui penanaman kesadaran pengembangan dan pengelolaan desa wisata.

“Pengembangan desa wisata akan mendorong berbagai upaya untuk melestarikan dan memberdayakan potensi keunikan berupa nilai-nilai kearifan lokal sehingga dapat berkembang secara mandiri dan professional,” kata Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Setda Kabupaten Biak Numfor Zakarias R. Mailoa, ST.,MM saat membuka pelatihan desa wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor.

Dikatakan, untuk mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan tingkat partisipasi masyarakat, maka  melalui kegiatan pelatihan ini, peran pemangku kepentingan di desa atau kampung diharapakan  menggerakan semua potensi wisata.

Selain itu, juga diharapkan pemangku kepentingan di desa wisata juga mampu menyelesaikan setiap permasalahan pada wilayah wisatanya dengan baik,  sehingga berdampak pada kesan yang baik disebuah destinasi dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan nilai nilai kearifan lokal.

Sekedar diketahui, Kabupaten Biak Numfor sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Papua khususnya dan Indonesia pada umumnya, memiliki beragam potensi wisata yang menjadi daya tarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Adapun potensi dimaksud seperti wisata alam bawah laut, potensi budaya, potensi keragaman burung-burung endemik, peninggalan benda-benda perang dunia ke II, dan masih banyak lagi potensi lainnya, yang  menjadi magnet tersendiri bagi kabupaten biak numfor untuk dikunjungi wisatawan domestic maupun wisatawan mancanegara.(humasbiaknumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel