-->

Rapat Konsultasi Sail Teluk Cenderawasih (STC) Papua - Papua Barat 2023

Rapat Konsultasi Sail Teluk Cenderawasih (STC) Papua - Papua Barat 2023.lelemuku.com.jpg

JAKARTA PUSAT, LELEMUKU.COM - Rapat konsultasi pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) kembali dilakukan di Jakarta dengan melibatkan kementerian dan lembaga terkait, di Hotel Fairmont Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2021).

Sesuai dengan rencana pelaksanaan STC akan dilakukan akhir bulan Oktober 2023 dan kini masih menunggu penandatanganan Inpres oleh Presiden Joko Widodo.

Rapat konsultasi kali ini agak berbeda dengan sebelumnya, tak hanya melibatkan langsung kementerian dan lembaga terkait, namun dihadiri langsung oleh Pemerintah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Pemerintah Provinsi Papua diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Setda Provinsi Papua, DR. Muhammad  A. Musa'ad, M.Si dan Provinsi Papua Barat diwakili langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Papua Barat, Yusak Wabiya.

Dalam kesempatan itu, masing-masing kepala daerah memaparkan potensi unggulannya, dan rapat konsultasi itu ada tiga bupati yang hadir langsung memaparkan potensi unggulannya. 

Mereka adalah Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd, Bupati Kepulauan Yapen Tony Tesar, Bupati Manokwari Hermus Indou dan perwakilan kabupaten lainnya.

Selain kepala daerah, masing-masing kementerian terkait juga melakukan pemaparannya terkait dengan rencana dan kebijakan serta dukungan mereka dalam mensukseskan rencana pelaksanaan STC tersebut.

Rapat konsultasi yang dibuka oleh Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur DR. Velix Vernando Wanggai sekaligus memimpin sesi diskusi.

Dalam rapat konsultasi itu dihadiri langsung oleh anggota DPR RI asal Papua Yan P Mandenas, sejumlah perwakilan kementerian terkait seperi Kementerian PUPR, Kemenparkeraf, deputi I staf khusus Presiden, deputi staf khusus Wapres.

Keterlibatan dua provinsi ini karena direncanakan dalam Sail Teluk Cenderawasih nantinya akan melibatkan langsung 9 kabupaten (6 kabupaten di Provinsi Papua dan 3 kabupaten di Provinsi Papua Barat).  Adapun kabupaten dimaksud masing-masing Kabupaten Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire, Supiori, Mambramo Raya, Manokwari, Manokwari Selatan dan Teluk Wondama.

“Rapat konsultasi yang melibatkan kementerian terkait dan dua provinsi, Papua dan Papua Barat adalah bentuk keriusan persiapan. Pemerintah Kabupaten Biak Numfor yang memprakarsai atau cukup serius mendorong terleksana Sail Teluk Cenderawasih karena akan memberikan multi efek terhadap kemajuan daerah,” ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd.

Dikatakan, event bertaraf internasional (Sail Teluk Cenderawasih) agak unik karena melibatkan dua provinsi dan 9 kabupaten yang lebih fokus pada peningkatan dan pemberdayaan masyarakat  Teluk Cenderawasih khususnya dan Tanah Papua umumnya.

Bupati Herry Ario Naap yang juga cukup gencar mendorong terwujudnya pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih ke Pemerintah Pusat mengatakan, bahwa pelaksanaan STC akan mulai didengungkan pada tahun 2022 dengan festival Teluk Cenderawasih  yang akan star di Biak dan finis tanggal 5 Februari 2022 di Mansinam Manokwari.

“Sesuai dengan rencana setelah festival Teluk Cenderawasih, akan dilanjutkan dengan puncak pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih yang akan direncanakan akhir tahun 2023,” tandasnya.(humasbiaknumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel