-->

Wisuda 22 Pilot dan Instruktur Penerbangan Program Beasiswa Otsus Papua dari Nusa Flight Intitute

Wisuda 22 Pilot dan Instruktur Penerbangan Program Beasiswa Otsus Papua dari Nusa Flight Intitute.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA,LELEMUKU.COM - Sebanyak 22 pilot dan instruktur penerbangan lulusan Nusa Flight Intitute, Kamis pagi (18/11/2021) mengikuti wisuda di aula kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua. Prosesi wisuda berlangsung dengan protokol kesehatan secara ketat.

Dari 22 pilot dan instruktur penerbangan yang diwisuda untuk pertama kali itu, 15 orang diantaranya adalah siswa-siswi Orang Asli Papua (OAP) peserta Program Beasiswa Unggul Pemerintah Provinsi Papua yang dibiayai dari dana Otonomi Khusus (Otsus).

Antara lain Prengki Wakerkwa, Reven Wenda, Pither Tisony Keiya, Misael Molama, Paskahlis, Oromi Gwijangge, Akwila H.M.T Kogoya,Naftali Wigidipa, Yonathan Alex, Ray Marcelino, Charlewis Oriway Ansek, Alpons Keiya, Christian AP Baibaba, Harol Kristian Doko Kayame, Michael Apollos.

Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH mengatakan wisuda siswa-siswi Papua ini sebagai wujud pencapaian tujuan strategis kebijakan otonomi khusus, dalam menyiapkan  Sumber Daya Manusia (SMD) yang memadai baik kualitas maupun kuantitas.

Ketersediaan SDM Papua yang berkualitas merupakan tuntutan utama dalam era sekarang ini, sebagai konsekwensi dari semakin meningkatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi searta komunikasi di era globalisasi.

“Era perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi menuntut terbentuknya kesiapan kualitas manusia yang unggul, dengan ciri-ciri : cerdas, profesional, terampil, handal, mandiri, kreatif, produktif dan penuh inovasi serta memiliki apresiasi yang tinggi terhadap setiap perubahan. Tanpa kualitas sumber daya manusia yang unggul, Masyarakat Asli Papua akan menjadi beban pembangunan bahkan penonton semata, tanpa memberikan makna yang bernilai dalam era otonomi khusus Provinsi Papua,”ungkap Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Bidang Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Derek Hegemur,SH,MH.

Dikatakan Gubernur, berkaitan dengan itu, dengan adanya Program Beasiswa Siswa Unggul Papu, diharapkan dapat menghasilkan SDM OAP yang berkualitas, dengan daya saing yang tinggi sehingga dapat berkontribusi dalam percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua.

Enembe menjelaskan bahwa kebijakan afirmasi pemberian beasiswa kepada putra-putri OAP dengan tujuan meningkatkan akses pendidikan bermutu dan berkualitas guna peningkatan mutu dan daya saing. Serta menyiapkan lulusan yang dapat  bekerja secara mandiri di dunia usaha,  dunia industri dan pemerintahan, guna percepatan pembangunan kesejahteraan dan kemajuan wilayah Provinsi Papua.

Transportasi udara adalah tulang punggung pembangunan di Papua dalam hal mobilisasi barang maupun orang. Kondisi geografis Papua yang cukup sulit dijangkau, terutama di wilayah pegunungan, menjadikan transportasi udara satu-satunya pilihan bagi pemerintah dan masyarakat.

“Transportasi udara merupakan penunjang utama pembangunan di Papua, yang hampir 80% wilayah geografisnya adalah pegunungan dengan ketinggian rata-rata 500 hingga lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut,”jelasnya.

Dengan keberhasilan ini, kata Gubernur, OAP dalam konteks NKRI harus melalukan revolusi pola pikir dan nilai hidup masyarakat dalam kerangka pasar dunia, agar sejalan dengan  penguatan birokrasi pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik, dan tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara di Tanah Papua.

Sementara itu, Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko A. F. Rumaropen, SP, M.Eng mengatakan dari siswa-siswi yang diwisuda hari ini menjadi bukti keberhasilan program Gubernur Papua dalam pengembangan SDM OAP.

Dijelaskan dari 15 siswa-siswi OAP yang diwisuda tersebut, masing-masing  4 orang Program PPL (Private Pilot License), 2 Orang CPL-IR (Commercial Pilot License - Instrument Rating), dan 9 Orang FIC (Flight Intructor Course), ME (Multi Engine) & Caravan.

“15 Orang putra-putri asli Papua sangat membanggakan, karena 4 orang diantaranya lulus di Program PPL (Private Pilot License), 2 Orang CPL-IR (Commercial Pilot License - Instrument Rating), dan 9 Orang FIC (Flight Intructor Course), ME (Multi Engine) & Caravan,”jelas Aryoko.

22 Siswa-siswi yang diwisuda antara lain I Komang Krisna Bayu, Abraham Brahma Calaga, Heru Pramadhana,Muhammad Deli Rahmansyah, Rizadi Azka, Tatid Irawan Athariq, Faizal Efendi Simatupang, Prengki Wakerkwa, Reven Wenda, Pither Tisony Keiya, Misael Molama, Paskahlis, Oromi Gwijangge, Akwila H.M.T Kogoya,Naftali Wigidipa, Yonathan Alex, Ray Marcelino, Charlewis Oriway Ansek, Alpons Keiya, Christian AP Baibaba, Harol Kristian Doko Kayame, Michael Apollos. (diskominfopapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel