-->

Piter Gusbager dan Forkopimda Keerom Rayakan HUT ke 19 Kabupaten di Kampung Adat

Piter Gusbager dan Forkopimda Keerom Rayakan HUT ke 19 Kabupaten di Kampung Adat.lelemuku.com.jpg

ARSO, LELEMUKU.COM - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  yang ke-19 Kabupaten Keerom, Provinsi Papua pada tanggal 12 April 2022 merupakan hari yang bersejarah. Karena ini baru kali pertama kabupaten ini melaksanakan peringatan HUT Kabupaten di Kampung Adat Semografi atau Somografi, Distrik Web.

Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP menyatakan perayaan HUT kabupaten di kampung dengan segala macam keterisolasian dan kampung dengan beragam kendala ketertinggalan akses dan berjarak beberapa jengkal dari Tapal Batas RI-PNG ini dinilai bersejarah.

Karena baru kali inilah Bupati Keerom, melakukan serangkaian kunjungan dan memberikan program serta bantuan bahkan hingga bermalam, bukan hanya semalam namun beberapa malam di beberapa kampung di Distrik Yaffi dan Web. Baik di Kampung Yuruf, Kampung Favenumbu hingga puncak acara di Kampung Semografi.
 
Sebagian besar pimpinan daerah Forkompinda Keerom, mulai Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Dandim, hingga pimpinan-pimpinan OPD, mengunjungi daerah yang berada di ujung negeri, tak lain agar bisa menjadi perenungan tentang kebijakan-kebijakan apa yang akan dan perlu dilakukan untuk mendobrak keterisolasian dan kesejahteraan masyarakat tapal batas.
 
Dalam kunjungannya, Piter Gusbager menyatakan dirinya tak main-main dengan kata-katanya untuk membangun Kabupaten Keerom.

"Untuk membangun Keerom dan mengejar ketertinggalan Kabupaten Keerom dengan kabupaten / kota lain, maka kita harus berlari dan melompat, harus melakukan inovasi-inovasi dan terobosan-terobosan," ujarnya pada kesempatan tersebut.
 
Maka salah satu kebijakan Bupati yang juga anak asli Keerom ini, salah satunya dengan melaksanakan HUT Keerom di Kampung Semografi. Bukan hanya perayaan, tapi bupati memberikan beragam hadiah baik bantuan fisik maupun program bagi masyarakat Distrik Web dan yaffi, khususnya di Yuruf, Favenumbu, Somografi.
 
Beragam kegiatan HUT Keerom ini sebenarnya telah dilaksanakan di Arso dalam bentuk rangkaian kegiatan sejak akhir maret. Kemudian Bupati bersama jajaran dan Forkompinda lalu melaksanakan rangkaian kegiatan di Yuruf, Fevenumbu dan Semografi sejak minggu 10 April 2022 hingga Kamis, 13 April 2022.
 
Piter Gusbager dan Forkopimda Keerom Rayakan HUT ke 19 Kabupaten di Kampung Adat.lelemuku.com.jpg

Pada kesempatan tersebut, Bupati berkesempatan memberikan bantuan program pembinaan UMKM bagi pedagang kecil mama-mama papua, yaitu modal usaha sebesar Rp. 2,5 juta. Dilanjutkan pemberian bantuan bibit buah durian bersertifikasi sebanyak 300 bibit.
 
Selain itu Bupati Keerom juga memberikan bantuan mobil pickup toyota (blakos) sebanyak 2 unit, motor sebanyak 2 unit, bantuan alat musik bagi gereja, peralatan dan baju bagi sekolah dasar, paket sembako untuk warga, penyerahan/penempatan guru dan kepala sekolah di Favenumbu, perbaikan SDN Favenumbu, penyerahan bantuan baju layak pakai, dll. Bahkan masyarakat umum dapat mendapatkan banyak hadiah doorprice dan makan bersama pada saat puncak acara peringatan HUT Keerom.
 
Pada kesempatan tersebut Bupati, Piter Gusbager bersama Wakil Bupati, Wahfir Kosasih juga menyampaikan komitmennya untuk melaksanakan visi-misi yang telah dijalankan dan akan terus dilaksanakan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat yaitu Keerom Bangkit yang Inovatif, Mandiri, Bermartabat dan Berkelanjutan.
 
"Dengan tema kegiatan kali ini yaitu Karya Tanpa Batas di Negeri Tapal Batas adalah spirit agar kita berkarya tak henti-henti berkarya tanpa memandang latar belakang kita, suku, agam, ras, gender. Semua berkarya tanpa batas, tak memandang kecil dan besar, sekecil apapun kontribusi kita bagi pembangunan di Keerom, itu sangat penting bagi negeri ini," lanjutnya.
 
Tema ini selaras dengan semangat pembangunan Kabupaten Keerom yaitu "Kwembo Kentkei Girguran Kentsuwri," yang dalam bahasa Indonesia berarti "Tuhan menciptakan, kita yang membangun".

"Ini mengandung makna Tuhan yang menciptakan alam ini, tapi jika manusia yang tak mampu atau tak bisa memanfaatkan karya Tuhan, maka kesejahteraan tak akan tercapai. Maka marilah kita bersatu, bergandengan tangan untik membangun Keerom, Tanpa persatuan, mustahil kita bisa membangun. Termasuk kita butuh bantuan, dan perhatian seluruh pihak, pemerintah pusat, investor, pemerintah dan masyarakat,"paparnya.
 
Atas kegiatan ini, Ketua LMA Keerom, Marinus Isagi dan Ketua Panitia Lokal Semografi, yusuf Ibe, menyampaikan apresiasi atas digelarnya kegiatan HUT Keerom di semografi. (HumasKeerom)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel