-->

Mathius Awoitauw dan Dewan Adat Tabi Sikapi Daerah Otonomi Khusus Baru

Mathius Awoitauw dan Dewan Adat Tabi Sikapi Daerah Otonomi Khusus Baru


SENTANI, LELEMUKU.COM - Bupati Jayapura, Papua Mathius Awoitauw bersama masyarakat Adat di wilayah Tabi menyatakan sikap mendukung pemekaran daerah otonomi baru di Provinsi Papua.

Pernyataan sikap bersama Bupati Awoitauw dengan para pemimpin adat dari Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura ini diungkapkan pada Rabu (4/5/2022) petang.

Pihaknya menyatakan pemekaran wilayah otonomi baru di Papua sangat penting dan memberikan keuntungan yang besar terhadap masyarakat asli Papua.

"Selama 20 tahun masyarakat adat Tabi kompak untuk bicara mendukung otsus. Sebab undang-undang Otsus mendukung orang asli Papua," kata dia.

Dikatakan forum kepala daerah pemerintah ze tanah Tabi menyatakan dukungan untuk berjalannya pemekaran sesuai dengan UU Otsus Papua

Ia menyatakan revisi UU otonomi khusus Papua yang baru disahkan harus dijaga dan disosialisasikan sehingga memberikan keuntungan kepada masyarakat asli Papua.

"Otsus sudah direvisi dan tetapkan untuk 20 tahun kemudian dan saya mau kita semua satu suara untuk kawal UU otsus," papar dia.

Dikatakan, wilayah adat Tabi sebagai daerah utama pemerintah Provinsi Papua selama ini akan selalu berkomitmen dan bersama untuk satu suara guna meluluskan rencana pemekaran daerah ini.

"Tabi harus berdiri di depan untuk kepentingan orang Papua. dan Tabi tidak boleh tercerai-berai. Jaga Papua dari Tabi sehingga dapa menyinari suku bangsa di  dan nusantara dari negeri matahari," tutup dia. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel