-->

Derek Hegemur Pastikan Pemprov Papua Terus Dorong Penguatan Tata Kelola Bersih Lewat SPI

Derek Hegemur Pastikan Pemprov Papua Terus Dorong Penguatan Tata Kelola Bersih Lewat SPI

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pelaksana Tugas Asisten Bidang Umum Setda Papua Derek Hegemur memastikan terus berupaya melakukan penguatan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya kepada seluruh ASN di lingkungan pemerintah provinsi.

Upaya tersebut diantaranya lewat pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) 2022, Kamis (25/8/2022), di Jayapura.

“Dimana lewat pemaparan hasil SPI tersebut, diharapkan menjadikan wilayah yang paling Timur di Indonesia itu, bebas dari korupsi khususnya di Bumi Cenderawasih,” terang Derek. 

Dia menjelaskan sejak tahun 2016 lewat pendampingan KPK, Pemprov Papua terus melakukan upaya pencegahan korupsi mulai dari bidang perencanaan dan penganggaran, pepengadaan barang dan jasa, perijinan, penguatan APIP, manajemen ASN, pengelolaan pendapatan serta manajemen aset.

Sementara pelaksanaan SPI merupakan survei untuk memetakan risiko dan kemajuan upaya pencegahan korupsi yang dilakukan kementerian atau lembaga serta pemerintah daerah.

“Sebab dalam Responden SPI tersebut terdiri dari internal yaitu pegawai di lembaga, eksternal yaitu publik penerima layanan dan kalangan ahli”

"Sehingga dengan berpartisipasi dalam survei penilaiai Integritas ini, berarti telah membantu pemerintah untuk membuat peta pencegahan korupsi sehingga pemerintah dapat dengan sigap memperbaiki tata kelola pemerintahannya," terangnya.

Dia tambahkan, sejak beberapa tahun lalu, Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK telah membantu dan menuntun dalam pelaksanaan SPI pada Pemerintah Provinsi Papua.

"Dimana dengan penguatan tata kelola pemerintahan, merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah Provinsi Papua dalam mewujudkan visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan," tutup Derek. (DiskominfoPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel