-->

Dinkes Yahukimo Gelar Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Bagi 33 Puskesmas

Dinkes Yahukimo Gelar Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Bagi 33 Puskesmas

DEKAI, LELEMUKU.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar pelatihan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) untuk 33 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Dekai pada tanggal 23-27 Agustus 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Yahukimo Lesman Tabuni, SKM, MM mengatakan kegiatan tersebut guna mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati (Wabup), yaitu ‘Yahukimo Sehat’ dengan melibatkan 33 Kepala Puskesmas dan operator.

Tabuni menjelaskan tujuan pelatihan SIK ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem informasi yang terintegrasi di semua unit pelayanan Puskesmas, sehingga dapat meningkatkan kecepatan proses pada pelayanan, mempermudah akses data, pelaporan dan akurasi data sehingga menjadi lebih baik.

"Dunia sekarang di era digital, sehingga kami undang 33 kepala Puskesmas dan operator untuk melakukan pelatihan. Sehingga sistem pelayanan di puskesmas  masing-masing dapat diinput secara terustruktur, " Kata dia pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Ia menambahkan narasumber yang dihadirkan masing-masing dari Pusdating Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), Konsultan Makassar, dan Dinkes Provinsi.

“Pengelolaan data tingkat puskesmas sangat penting, saya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan itu dengan baik,” ujar Tabuni.

Perwakilan Dinkes Provinsi Papua, Bagus memberikan apresiasi kepada Dinkes Yahukimo yang mengawali dari Kabupaten lain untuk meningkatkan capaian SBN, dimana capaian SBN merupakan program prioritas nasional yang langsung dipantau oleh Kemenkes, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Data dasar SBN itu dari Puskesmas, sehingga laporan dan capaian yang diperoleh diharapkan lebih baik dari tahun sebelumnya,” sebut dia.

Sementara itu, mewakili Kemenkes RI, Pusdatin Yoga Ediaksa menjelaskan materi yang akan disampaikan adalah penginputan data pasien masuk, pencatatan pelaporan obat-obatan, dan mempermudah menginput data dari Kabupaten Yahukimo. (Olemah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel