-->

Gernas BBI 2022 Binar Digital Papua di GOR Cenderawasih Papua Siap Digelar

Gernas BBI 2022 Binar Digital Papua di GOR Cenderawasih Papua Siap Digelar.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Direktur Informasi, Komunikasi, Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Septriana Tangkary, mengajak seluruh pihak ikut menyukseskan acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Papua 2022 (Gernas BBI) dengan tema “Binar Digital Papua” di GOR Cenderawasih Papua pada Rabu (24/8/2022).

Beberapa menteri pun dijadwalkan akan hadir, baik secara offline maupun online, di antaranya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menkominfo Johnny G Plate, Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Kemudian, Menkop UKM Teten Masduki, Menparekraf Sandiaga Uno, Mendagri Tito Karnavian, Menkeu Sri Mulyani, MenPUPR Basuki Hadimuljono dan Meninves Bahlil Lahadalia.

“Gernas BBI Papua 2022 merupakan bagian dari percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional,” kata Septriana Tangkary dalam rapat koordinasi Gernas BBI Binar Digital Papua, Senin (22/8/2022).

Menurut Septriana, Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang penuh potensi sumber daya alam dan produk khas unggulan dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, UMKM Papua harus terus didorong untuk naik kelas dan berdaya saing bahkan tingkat global, salah satunya dengan masuk ke dalam ekosistem digital.

"Saya berharap semua pihak bisa ikut menyukseskan acara ini. Ini adalah kolaborasi kita bersama," katanya.

Panitia Gernas BBI 2022 mengatakan pihaknya telah mempersiapkan seluruh fasilitas pendukung untuk menyukseskan acara di Bumi Cendrawasih tersebut. Mulai dari jaringan listrik, internet, keamanan, venue dan lainnya.

"Terkait dengan pengamanan sudah siap dari TNI dan Polri. Jadi tidak perlu ragu lagi terkait keamanan," tegas Septriana.

Puncak Gernas BBI 2022 Papua akan dimeriahkan oleh pertunjukan tarian budaya Papua, artis Papua, fashion show, expo produk UMKM Papua dan lain-lain dan akan ditandai dengan pemukulan Tifa. 

Kominfo yang ditunjuk sebagai campaign manager pun telah memastikan akan terus memperkuat infrastruktur pendukung digitalisasi seperti Palapa Ring, satelit pendukung, dan base transceiver station (BTS).

Sampai saat ini berdasar data dari aptika.kominfo.go.id, sudah lebih dari 5000 BTS yang telah dibangun di Papua.

"Salah satu upaya untuk mempercepat transformasi digital melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas) BBI Papua 2022," kata Septriana.

Septriana menuturkan, transformasi digital di sektor publik terus menguat dalam beberapa tahun terakhir, apalagi dalam kondisi pandemi COVID-19 yang memaksa masyarakat untuk cepat beradaptasi, termasuk di Papua yang termasuk daerah penuh potensi.

Gernas BBI Papua 2022 mendapat dukungan penuh antara lain dari Telkom Group dan Telkomsel untuk konektivitas, serta sejumlah platform e-commerce nasional.

Untuk penyiaran, selain kanal-kanal Ditjen IKP Kominfo, event itu juga disiarkan oleh televisi nasional (TVRI) yang dapat disiarkan juga oleh operator televisi nasional lainnya. (Kominfo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel