-->

GMKI Sabang Merauke, Mianggas Rote Serukan Nasionalisme dan Kebangsaan di Perbatasan Indonesia-PNG

GMKI Sabang Merauke, Mianggas Rote Serukan Nasionalisme dan Kebangsaan di Perbatasan Indonesia-PNG

Jayapura, LELEMUKU.COM - Dari Ujung Timur Indonesia di tanah Papua tepatnya di kota jayapura mahasiswa peserta Konsultasi Nasional Gerakan Mahasiswa Indonseia (GMKI) serukan Nasionalisme dan Kebangsaan sebagai wujud dari rasa kebersamaan,keadilan dan kesejahteraan indonesia dari Sabang Merauke, Miangas Rote.

Dengan mengelorakan dan Serukan Nasionalisme dan Kebangsaan Mahassiswa Peserta GMKI meningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa adalah sarana untuk membangkitkan semangat nasionalisme, yang dapat dilakukan dengan senantiasa memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan bernegara dalam kehidupan bermasyarakat.

Kehendak bangsa untuk bersatu dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia merupakan sarat utama dalam mewujudkan nasionalisme nasional. Dengan demikian, tidak pada tempatnya untuk mempersoalkan perbedaan suku, agama, ras, budaya dan golongan. Kehendak untuk bersatu sebagai suatu bangsa memiliki konsekuensi siap mengorbankan kepentingan pribadi demi menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

Tanpa adanya pengorbanan, mustahil persatuan dan kesatuan dapat terwujud. Malah sebaliknya akan dapat menimbulkan perpecahan. Inilah yang telah dibuktikan dalam momentum Konsultasi Nasional GMKI dengan seruan Nasionalisme dan kebangsaan untuk mempererat rasa persaudaraan dan merangkul kembali seluruh lapisan masyarak   dari Sabang Merauke, Miangas Rote Hal ini di lakukan untuk mewariskan jiwa patriot dan rasa cinta tanah air kepada generasi anak cucu pada masa mendatang.

Kakanwil Kemenkumham Papua Anthonius M Ayorbaba yang juga merupakan Alumni senior GMKI mengatakan  seruan Nasionalisme dan kebangsaan yang di lakukan dengan menyanyi lagu lagu kebagsaan oleh Mahasiswa peserta Konsultasi Nasional GMKI ini merupakan rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Nasionalisme yang harus dibangkitkan kembali adalah nasionalisme yang diarahkan untuk mengatasi semua permasalahan di atas, bagaimana bisa bersikap jujur, adil, disiplin, berani melawan kesewenang-wenangan, tidak korup, toleran, dan lain-lain," Ucap Anthonius pada Sabtu 27 Agustus 2022


Hal terpenting dalam upaya tersebut adalah dapat dilakukan dengan sistem berkelanjutan, atau dilakukan pembiasaan dan tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja. Dengan demikian rasa nasionalisme dalam diri generasi muda Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) akan terus berkembang," Pungkas Anthonius M Ayorbaba

Kegiatan di lanjutkan dengan acara penutupan dan pelepasan Mahasiswa peserta Konsultasi Nasional GMKI yang di pusatkan di pantai cybery kampung Engros kota Jayapura. (HumasKemenkumhamPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel