-->

Lukas Enembe Harap Universitas Internasional Papua (UIP) Ciptakan Generasi Muda Unggul

Lukas Enembe Harap Universitas Internasional Papua (UIP) Ciptakan Generasi Muda Unggul.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Universitas Internasional Papua menggelar Kuliah Perdana Tahun Akademik 2022/2023 di Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Senin, 29 Agustus 2022.

Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Elsye Rumbekwan memberikan apresiasi kepada  Rektor UIP, Dr. Izak Morin, MA bersama jajaran pendidik, Yayasan Maga Edukasi Papua (MEP) dan Universitas Cenderawasih (Uncen) yang telah memberikan waktu membangun universitas  tersebut demi menciptakan generasi muda Papua yang unggul dan berdaya saing internasional.

“Apresiasi kepada para dosen  dan tenaga pendidikan yang sudah memberikan waktu untuk mewujudkan pendidikan dan administrasi dapat melakukan pelayanan dengan standar internasional,” ujar dia.

Elsye mengatakan UIP merupakan anugerah yang Tuhan berikan kepada Papua dan ia pun percaya melalui UIP akan ada banyak generasi Papua yang berkesempatan memperoleh pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Ia mengajak para mahasiswa untuk bersyukur dan memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya serta bertanggungjawab menjadi anak-anak muda yang mampu melanjutkan estafet pembangunan di Tanah Papua.

“Anak-anak yang ada di dalam ruangan ini adalah anak-anak kita semua, anak-anak Papua yang diberikan kesempatan pertama untuk menjadi mahasiswa di UIP. Bawalah universitas ini kepada masyarakat Papua, Indo, dan dunia,” ujar Elsye.

Pada kesempatan tersebut,  Rektor UIP Izak Morin pun menjelaskan tentang metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan tinggi internasional dengan dua fakultas, yaitu Fakultas Science dan Technology dengan program studi Energy Sistem Engineering, Physics Engineering, dan Avition Engineering.

Selain itu, Fakultas Teachers Training and Education dengan program studi English Education, Anthropology Education.

“UIP merupakan kampus bertaraf internasional pertama di Papua,” tutur dia.

Pendirian UIP berlandaskan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 24/E/O/2022 tentang Izin Pendirian Universitas Internasional Papua yang diterbitkan pada 17 Januari 2022.
 
Kampus tersebut dilengkapi dengan Research Center berskala internasional untuk menunjang sarana pembelajaran mahasiswa. UIP akan mendatangkan pengajar dari Papua dan luar negeri dengan latar belakang ilmu yang sesuai dengan kebutuhan kampus dan kemajuan Tanah Papua. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel