-->

Televisi Nasional Denmark, DR1 Meliput Mini Festival Lembah Baliem 2022

Televisi Nasional Denmark, DR1 Meliput Mini Festival Lembah Baliem 2022

WAMENA, LELEMUKU.COM - Mini Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) yang ke 31 pada 8 - 10 Agustus 2022 bukan saja menjadi sorotan wisata mancanegara dan domestik.

Festival tahunan yang diselenggarakan di Kampung Wosiala, Distrik Usilimo, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan ini menjadi sorotan media luar.

Salah satu media luar yang meliput adalah DR1 (DR Et) yang merupakan stasiun televisi nasional negara Denmark, Danish Broadcasting Corporation (DR). 

Menurut salah satu kru yang meliput bernama Jensen, pihaknya datang ke Papua khusus untuk meliput festival tahunan yang sempat tertunda selamat 2 tahun dengan alasan pandemi COVID 19 tersebut.

Ia menilai festival budaya ini memiliki daya tarik yang kuat dibandingkan festival budaya di Papua maupun di Indonesia, meskipun dengan skala yang lebih kecil dari tahun sebelumnya.

"Festival ini memiliki karakter yang kuat dan unik," jelas dia.

Bersama kru yang dengan leluasa berinteraksi dengan pengunjung dan peserta festival, ia berharap tradisi budaya seperti ini harus terus terjaga.

"Sebab kami lebih menikmati pelestarian budaya seperti ini," kata dia.

Festival ini sendiri menampilkan banyak sekali atraksi menarik, Mulai dari simulasi perang antar suku yang diiringi musik tradisional Pikon.

Tarian tradisional suku di Lembah Baliem oleh pelajar dan ratusan peserta ratusan, tradisi bakar batu yang dinikmati oleh semua pengunjung.

Paling kurang 102 turis mancanegara, khususnya dari Eropa hadir dalam festival budaya yang dibuka oleh Bupati Jayawijaya, Jhon Ricard Banua, SE, M.Si  yang ditandai dengan penanaman pohon ini.

Mayoritas turis mancanegara yang sudah memastikan hadir berasal dari Prancis, Jerman dan Rusia yang akan tinggal di 4 hotel besar yang ada di Wamena diantaranya Hotel Baliem Pilamo, Grand Sartika, Grand Baliem dan Guest House. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel