-->

Hilar Limbong Allo Upayakan Pelayanan Aduan Masyarakat Mimika Melalui “Meno Lapor”

Hilar Limbong Allo Upayakan Pelayanan Aduan Masyarakat Mimika Melalui “Meno Lapor”

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika Bekerja sama dengan Lintasarta mengadakan Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam penggunaan jaringan internet yang terpasang pada 40 OPD di lingkup Pemda Mimika.

Kegiatan ini yang berlangsung di ruang Mimika Command Center (MCC) SP3, Kamis 15 September 2022.

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka Penyusunan Perubahan PKN II Angkatan XXVI Provinsi Papua yang diikuti Kepala Dinas Kominfo Hilar H. Limbong Allo, S.Sos., M.Si., dengan judul “Belum Optimalnya Layanan Aduan Masyarakat Secara Online”.

Sesuai dengan undang-undang dan Peraturan Komisi Informasi (Perki) Nomor 1 Tahun 2021 menjelaskan bahwa OPD sudah harus menjawab aduan masyarakat paling lambat 7 hari setelah aduan diterima, oleh karena itu seluruh OPD sudah harus mempersiapkan SDM dalam mengikuti perkembangan jaman digital saat ini.

Kadis Kominfo Hilar H. Limbong Allo, S.Sos,. M.Si., mengatakan berdasarkan itu Lintasarta sebagai provider yang telah bekerjasama dengan Diskominfo akan memberikan informasi kepada masing-masing perwakilan OPD dan diharapkan juga semua peserta dapat mengikuti dengan baik.

“Kedepannya layanan aduan secara online tidak lagi menjemput bola atau datang ke tiap OPD secara fisik, namun dengan adanya jaringan online di 40 OPD nantinya sudah bisa menerima secara langsung aduan dari masyarakat yang diteruskan langsung dari Dinas Kominfo sebagai basis data yang menerima semua laporan dari masyarakat.” ujar Hillar.

Tujuan dalam kegiatan ini adalah terlaksananya pelayanan aduan masyarakat secara online kepada pemerintah serta terjalinnya koordinasi yang baik antar OPD di lingkup Kabupaten Mimika dengan memberikan informasi yang baik kepada masyarakat.

"Diskominfo juga kedepannya akan membuat terobosan baru di Command Center yakni tahun ini Diskominfo juga akan mengaktifkan CCTV yang terkoneksi dengan Command Center, untuk sementara ada 4 CCTV yang telah diaktifkan dan tahun berikutnya akan kita tambah sampai di daerah/lorong yang dianggap rawan dan juga diharapkan Kominfo bisa membangun beberapa BTS di kampung untuk meningkatkan jaringan di kampung, Dinas Kominfo berharap semoga jaringan di kota, pedalaman, pegunungan maupun pesisir semua bisa terjangkau," jelasnya.

“Titik fokus saya sebagai reformer untuk perubahan di pelatihan PKN II tahun 2022 ini adalah optimalisasi layanan aduan masyarakat secara online dan diharapkan kedepannya akan terjadi implementasi atau pelaksanaan dari layanan aduan masyarakat secara online, dan sebagai brandnya adalah MENO LAPOR yakni Menyerukan Orasi Lewat Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat," tutup Hillar. (DiskominfoMimika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel