-->

Peringatan HKG PKK ke-51 Tahun 2023 di Kota Jayapura

Peringatan HKG PKK ke-51 Tahun 2023 di Kota Jayapura

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Jayapura, Provinsi Papua memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-51 Tahun 2023 dengan Tema ‘Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh’. 

Perayaan tersebut dirangkaian dengan penutupan kegiatan Jambore Kader PKK Tahun 2023 dengan Tema 'Kolaborasi Kader PKK untuk Kesejahteraan Keluarga' dan Sub Tema 'Melalui Kader PKK Kita Tingkatkan Motivasi, Inovasi dan Integritas untuk Meningkatkan Kualitas Kehidupan Keluarga'.

“Apresiasi yang tinggi kepada mama-mama hebat yang sudah mengabdikan diri bagi sesama, bagi saudara-saudara yang ada di wilayah Kota Jayapura. Saya berdoa pengabdian ini mendapatkan berkat dari Tuhan yang Maha Kuasa,” kata Penjabat (Pj) Walikota Jayapura, Frans Pekey pada Jumat, 26 Mei 2023. 

Menurutnya TP-PKK Kota Jayapura adalah mitra kerja pemkot yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada tingkat distrik, kelurahan atau kampung. Pelaksanaan jambore PKK di tahun ini memiliki makna pergerakan dalam bingkai PKK yang difokuskan pada keberpihakan terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga, masyarakat dan banga Indonesia yang meliputi segala upaya bimbingan, pembinaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri.

“Kemeriahan dan rasa syukur memperingati HKG PKK haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energy baru di setiap gerak langkah dan krida gerakan PKK melalui Setiap kader PKK yang adalah agen perubahan dalam lingkungan keluarga dan selanjutnya masyarakat,” harap Pekey. 

Ketua TP-PKK Kota Jayapura, Maria Yuvita Gobay Pekey mengungkapkan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya memantapkan 10 program pokok PKK yang didasarkan atas prioritas program tahun 2023 yang telah dibuat oleh TP-PKK Kota Jayapura.

Selanjutnya meningkatkan peranan TP-PKK Kota Jayapura sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya Program Pemerintah yang sinergi dengan 10 program pokok PKK. 

Memberikan penghargaan bagi kader PKK yang telah lama mengabdi sebagai penghormatan dan juga motivasi agar lebih tangguh dan semangat dalam nelaksanakan program-program PKK serta Meningkatkan kreatifitas dan perekonomian serta derajat kesehatan keluarga juga kepedulian terhadap sesama.

Peringatan HKG PKK ke-51 Tahun 2023 di Kota Jayapura

“Ini momentum sangat penting bagi kaum perempuan yang tergabung dalam organisasi TP-PKK untuk mengekspresikan, mengaktualisasikan diri, kompetisi diri dengan ketrampilan dan keahlian. Sehingga ini merupakan ajang yang tepat juga untuk saling bersilahturahmi, bertukar pengalaman, berbagi cerita, memotivasi, dan saling mendukung satu sama lain,” ungkap Maria. 

Dalam rangka Peringatan HKG PKK Tahun 2023, TP-PKK Kota Jayapura melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya memberikan healing dan bantuan sembako serta peralatan mandi bagi warga masyarakat yang terkena dampak Gempa Bumi di Posko APO Halaman Parkir Gereja Katolik Santo Fransiskus Asisi dan di Posko Bhayangkara yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2023.

Pencanangan kegiatan HKG PKK ke-51 tahun 2023 Tingkat Kota Jayapura yang dirangkaikan dengan Pemberian Makanan Tambahan berupa Bubur Ikan bagi balita dan telur bagi Ibu Hamil serta Lomba Cipta Menu Sehat Berbahan Dasar Ikan dalam rangka Pencegahan dan Penurunan Angka Stunting yang diikuti oleh Peserta dari TP PKK Kampung, Kelurahan, Dan Distrik serta perwakilan dan Gabungan Organisasi Wanita yang ada di Kota Jayapura. Bertempat di Taman Imbi Kota Jayapura pada tanggal 23 Februari 2023.

Ibadah Oikumene Awal Tahun TP PKK Kota, Distrik, Kelurahan, Kampung bersama Dharma Wanita Persatuan dan GOW Kota Jayapura tanggal 24 Maret 2023 bertempat di Aula Sian Soor Kantor Walikota Jayapura.

Lomba Administrasi Posyandu yang ada di 5 Distrik di Kota Jayapura yang penilaiannya dilaksanakan dengan turun langsung ke Posyandu yang telah ditunjuk dari masing-masing Distrik Penilaian Lomba dilaksanakan dari tanggal 09 s.d 12 Mei 2023 serta penilaian akhir pada hari Jum'at 26 Mel 2023 bertempat di Gedung LPMP Kota Jayapura. 6 Marsilent Pincele Dear the Trypt.

Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang diikuti oleh Tim dari TP PKK Kampung dan Kelurahan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2023 bertempat di Gedung LPMP Kota Jayapura.

Lomba Paduan Suara Mars HKG dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2023 bertempat di Gedung LPMP Kota Jayapura, Pameran Hasil UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) dari Kader PKK Kelurahan, Kampung dan yang akan dilaksanakan pada hari Jum'at, 26 Mei 2023 bertempat di Gedung LPMP Kota Jayapura.

Pemberian Piagam Penghargaan dan Puncak Acara Peringatan HKG PKK ke-51 tahun 2023 Tingkat Kota Jayapura akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023 bertempat di Gedung LPMP Kota Jayapura.

Berikut nama-nama kader PKK yang menerima Piagam Penghargaan Kader Inspiratif PKK Tahun 2023, yaitu Ny. Hj. Musri Astuti Soetono - Bidang Lingkungan Hidup, Ny. Rosalina Betaubun - Bidang Pertanian, Ny. Ros Hamid Salim - Bidang Kesehatan. 

Peringatan HKG PKK ke-51 Tahun 2023 di Kota Jayapura

Penerima Piagam Penghargaan Adhi Bhakti Madya (15 Tahun), yaitu Ny. Emmy Modouw (Distrik Heram), Ny. Alista Gainau (Distrik Heram), Ny. Etty H. A. Warinussy (Heram), Ny. Ester C. Somisu (Distrik Jayapura Utara), Defota Yakadewa (Distrik Jayapura Utara) dan Hamdana (Distrik Muara Tami). 

Penerima Piagam Penghargaan Adhi Bhakti Madya (20 Tahun), yaitu Ny. Titik Krismiyati (Distrik Heram), Ny. Alfonsina Regina Fouw (Distrik Jayapura Utara), dan Ny. Rosmini (Distrik Muara Tami).

Diikuti pemenang Lomba Defile dan Yel-Yel, yaitu  Juara 1 Distrik Muara Tami,  Juara 2 Distrik Heram,  Juara 3 Distrik Jayapura Utara. Pemenang Lomba Senam Kreasi Cegah Stunting, yaitu Juara 1 Distrik Muara Tami, Juara 2 Distrik Jayapura Utara, dan Juara 3  Distrik Heram.

Pemenang Lomba Administrasi Posyandu, yaitu Juara 1 Posyandu Cenderawasih (Distrik Heram),  Juara 2  Posyandu Wamsar (Distrik Muara Tami), Juara 3 Posyandu Gelatik (Distrik Muara Tami), Juara Harapan 1 Posyandu Yotefani (Distrik Abepura), Juara Harapan 2 Posyandu Pasifik Indah (Distrik Jayapura Utara), dan Juara Harapan 3 Posyandu Cenderawasih (Distrik Jayapura Selatan).

Pemenang Lomba Cipta Alat Permainan Edukatif, yaitu Juara 1  Distrik Heram, Juara 2 Distrik Muara Tami, Juara 3 Distrik Jayapura Utara.

Pemenang Lomba Cipta Menu B2SA, yaitu Juara 1 Distrik Jayapura Utara (Regu A), Juara 2 Distrik Heram, Juara 3 Distrik Muara Tami (Regu A), Juara Harapan 1 Distrik Jayapura Utara (Regu B), dan Juara Harapan 2 Distrik Muara Tami (Regu B).

Pemenang Lomba Penyuluhan Bina Keluarga Balita, yaitu Juara 1 Distrik Heram, Juara 2 Distrik Muara Tami, Juara 3 Distrik Jayapura Utara. 

Pemenang Lomba Paduan Suara, yaitu Juara 1 Distrik Heram, Juara 2 Distrik Muara Tami, Juara 3 Distrik Jayapura Utara.

Pemenang Lomba Pidato, yaitu Juara 1 Distrik Muara Tami, Juara 2 Distrik Heram, Juara 3 Distrik Jayapura Utara. 

Pemenang Lomba Cerdas Cermat, yaitu Juara 1 Distrik Muara Tami, Juara 2 Distrik Heram,  Juara 3  Jayapura Utara. (Laura Sobuber) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel