-->

Orang Mabuk Jadi Pemicu Pembakaran Kantor Kampung Karya Bumi Besum

Orang Mabuk Jadi Pemicu Pembakaran Kantor Kampung Karya Bumi Besum

SENTANI, LELEMUKU.COM - Kantor Kampung Karya Bumi Besum, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura menjadi sasaran pembakaran pihak dari pada Senin, 01 Januari 2024.

Insiden tersebut berawal pada pukul 10.45 WIT, ketika sekelompok pemuda asal Kampung Genyem, dalam keadaan mabuk, melakukan pengeroyokan terhadap anggota TNI Babinsa Besum dari Koramil Genyem di Jalan Poros Besok-Genyem.

Pengeroyokan tersebut terjadi setelah Babinsa Koramil Genyem akan pulang setelah menyelesaikan tugas siaga Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan dihadang oleh kelompok pemuda mabuk di jalan. 

Oknum pemuda dari Kampung Besum yang membuat onar tersebut ditegur oleh anggota TNI itu, tapi tidak terima ditegur. Sehingga terjadi keributan dan menyerang aparat tersebut.

Akhirnya pemabuk tersebut mendatangkan massa untuk menyerang aparat itu, karena terdesak Babinsa tersebut membela diri.

Dalam upaya membela diri, seorang pemuda yang mabuk terkena sabetan celurit dari Babinsa, mengakibatkan korban tersebut harus dilarikan ke rumah sakit dan menjalani pengobatan medis.

Kondisi tersebut memicu kemarahan para pemuda yang kemudian membakar kantor Kampung Karya Bumi Besum yang bersambung dengan Pos Polisi (Pospol) sebagai bentuk protes terhadap tindakan tersebut.

Pembakaran dan kericuhan ini menimbulkan kerugian signifikan bagi pemerintah dan masyarakat setempat sebab usai peristiwa tersebut, warga di Kampung Karya Bumi mengungsikan diri ke tempat yang aman.

Pihak kepolisian dan TNI menangani peristiwa ini dengan segera mengambil langkah-langkah preventif untuk meredam ketegangan dan memastikan keamanan di Kabupaten Jayapura. 

Diantaranya melalui mediasi kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kejadian ini serta menurunkan aparat keamanan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel