-->

Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad Bangun Pasar Rakyat di Tima, Lanny Jaya

Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad Bangun Pasar Rakyat di Tima, Lanny Jaya
Suasana saat peresmian Pasar Rakyat di halaman Gereja Manggalome di Desa Tima pada Minggu (20/3/2022) - (Pendam17) 

TIOM, LELEMUKU.COM - Masyarakat pedalaman Papua tepatnya di Desa Tima, Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, kini merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan aktivitas jual beli hasil kebun dan bahan sembako lainnya, Pasalnya Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad telah membangunkan pasar rakyat di wilayah tersebut.

Sebelum dibangun pasar rakyat, untuk memasarkan hasil kebun biasanya masyarakat memanfaatkan halaman Gereja Manggalome di Desa Tima yang terbuka, dimana saat berjualan secara lesehan masyarakat akan langsung terpapar panas sinar matahari dan parahnya bila hujan maka masyarakat harus segera mengamankan dagangan mereka agar tidak kehujanan

Berangkat dari pengamatan sistem perekonomian warga tersebut, Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad dari Pos Tima berinisiatif mendirikan pasar rakyat, dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang tersedia di alam, Prajurit tempur Kostrad yang mempunyai sesanti Bharata Eka Sakti itu bersama-sama masyarakat mendirikan pasar rakyat, setelah pengerjaan rampung untuk menambah nilai historis pasar rakyat tersebut diberi nama Pasar Bharata Tima.

Hal ini disampaikan Komandan Pos (Danpos) Tima Satgas Yonif MR 412 Kostrad Lettu Inf Tarudin, S.Sos dalam keterangannya, Minggu (20/3/2022).

Lebih lanjut, Danpos Tima mengatakan bahwa mendirikan Pasar Bharata bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian rakyat dengan membantu memfasilitasi masyarakat dalam menjual hasil perkebunan, sehingga bisa berjualan dengan nyaman tanpa harus kepanasan dan kehujanan, selain itu yang tidak kalah penting dengan adanya Pasar Bharata ini masyarakat tidak perlu lagi menuju kota yang jauh dengan akses jalan yang sangat terbatas untuk menjual hasil kebun.


Ditemui disela-sela kegiatannya di Pos Kotis yang berada di Distrik Tiom Lanny Jaya, Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy H., S.Sos., M.Si. menegaskan bahwa kegiatan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat merupakan salah satu program unggulan Satgas Yonif MR 412 Kostrad di daerah penugasan

"Kami Satgas Yonif MR 412 Kostrad hadir di tanah Papua ini selain menjaga stabilitas keamanan juga berupaya dan berbuat walau dengan hal sekecil apapun untuk memberikan manfaat dan mengatasi kesulitan masyarakat salah satunya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah penugasan," jelas Letkol Inf Renaldy

Sebagai ungkapan terima kasih, masyarakat Desa Tima menggelar acara syukuran dihari perdana Pasar Bharata di operasionalkan, dalam acara tersebut masyarakat menggelar kegiatan tari-tarian adat bersama dengan Prajurit Satgas Pos Tima sebagai wujud syukur dan bahagia mereka serta doa agar kiranya Pasar Rakyat yang telah didirikan ini berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat di Desa Tima.

Sementara itu, saudara Betti Wenda yang merupakan Tokoh Pemuda di Desa Tima menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satgas Yonif 412 MR 412 Kostrad khususnya dari Pos Tima atas inisiatif dan usahanya mendirikan Pasar Bharata tersebut.

"Kami warga berharap semoga Pasar Bharata ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Tima Distrik Balingga Kabupaten Lanny Jaya Papua," pungkasnya. (Pendam17)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel