-->

Kemenkumham Papua Rayakan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023

Kemekumham Papua Rayakan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah Papua turut merayakan peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023. Dalam upacara yang dipimpin oleh Kakanwil Anthonius Mathius Ayorbaba, S.H., M.Si pada Jumat, 22 Desember 2023 dengan Tema ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’. 

Membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (RI), Bintang Puspayoga, Kakanwil Ayorbaba mengatakan tema hari ibu tahun 2023d telah didasari oleh situasi dan kondisi di masyarakat, manakala persoalan kekerasan terhadap perempuan, kesenjangan akses ekonomi perempuan, dan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan masih sangat tertinggal dibadingkan laki-laki. 

“Namun disisi lain, telah banyak bukti besarnya peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan,” kata dia. 

Kemekumham Papua Rayakan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023

Lanjut Ayorbaba, di Indonesia, telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi strategis yang awalnya terkesan mustahil dilakukan perempuan. Hal ini membuktikan bahwa perempuan, apabila diberi peluang dan kesempatan, mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change).

Pergerakan perempuan dalam pembangunan, tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Untuk itu, semua upaya dan langkah diharapkan mampu berjalan sesuai dengan prinsip ‘equal partnership’. 

“Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia bersama kaum laki-laki berperan membangun bangsa, sekaligus juga berperan aktif membangun kesejahteraan dan menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia, baik di tingkat regional maupun internasional,” sebut Ayorbaba. 

Kemekumham Papua Rayakan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023

Ia pun mengajak semua masyarakat, khususnya kaum perempuan Indonesia untuk terus berkarya, mampu menjaga sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya.

Sesama perempuan baiknya saling mendorong, menginspirasi dan membantu serta janganlah sesama perempuan saling menjatuhkan. Karena perempuan, akan semakin kuat jika kita bersatu untuk mendobrak stigma yang masih melekat. Sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi warna tersendiri bagi pembangunan bangsa melalui peran dan karya nyata.

“Tentunya, kaum perempuan tidak dapat berjuang sendiri. Maka pada kesempatan yang baik ini, saya juga ingin mengajak seluruh pihak yang hadir untuk terus memperkuat sinergi dan kolaborasi untuk memberdayakan perempuan di berbagai bidang. Bersama perempuan, kita wujudkan Indonesia Emas 2045. Perempuan berdaya, Indonesia maju,” ajaknya. 

Perayaaan Hari Ibu di Kemenkumham Papua diakhiri dengan game bersama dan pembagian buku biografi politik 70 tahun Menkumham, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D.  dengan judul 'Anak Kolong', dimana kata sambutan disampaikan oleh Presiden ke-5 RI, Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri dan sekapur sirih oleh Ketua DPR RI, Dr. (H.C) Puan Maharani, S.Sos. (Laura Sobuber) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel