-->

Kasrul Selang Kunjungi Tempat Karantina 14 ODP di BPSDM Maluku

Kasrul Selang Kunjungi Tempat Karantina 14 ODP di BPSDM Maluku


Kasrul Selang Kunjungi Tempat Karantina 14 ODP di BPSDM Maluku

Posted: 26 Mar 2020 07:39 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku yang juga Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengunjungi tempat karantina 14 ODP di BPSDM Provinsi Maluku, Kamis (26/3).

Sebanyak 14 ODP yang di karantina tersebut adalah rekan dari pasien 01 (positif Covid-19) yang sebelumnya menginap di Hotel Amaris, Ambon.

Selain mengunjungi dan berdialog dengan para ODP, Sekda yang datang bersama relawan Palang Merah Indonesia (PMI) yang tergabung dalam Gugus Tugas juga melakukan sterilisasi dengan menyemprot disinfektan ke seluruh ruangan asrama maupun perkantoran BPSDM Maluku. (HumasMaluku)

Firman Poceratu Ajak Masyarakat Tanimbar Jadikan Covid-19 Musuh Bersama

Posted: 26 Mar 2020 07:39 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Inisiator Generasi Membangun (Gema) Tanimbar, Firman Poceratu, SE mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku untuk menjadikan Pandemic Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) sebagai musuh bersama.

"Harapannya seluruh lapisan masyarakat bisa sadar bahwa covid-19 adalah musuh bersama dan tanggungjawab ini bukan hanya ada di pemerintah tetapi kita semua," ajak dia kepada Lelemuku.com pada Kamis (26/03/2020).

Poceratu pun mengungkapkan keterlibatan pihaknya dalam mendukung Tim gugus Percepatan Penanganan Pandemic Virus Corona Tanimbar dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sarana fasilitas umum, di Pelabuhan Saumlaki, Masjid Baitulraman Saumlaki, Gereja Ebenhaeser Saumlaki, Geeja Katolik Santo Mhatias Saumlaki, Pasar Lama Olilit, Pasar Omele dan Terminal Saumlaki pada Kamis (26/03/2020).

Kemudian di Gereja Katolik Tri Tunggal Hati Kudus Sifnana, Gereja Damai Saumlaki dan Masjid An nur Saumlaki pada Jumat (27/03/2020) dan Gereja BPU Saumlaki, Masjid Babutaqwa Omele Saumlaki serta Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Olilit Barat pada Sabtu (28/03/2020).

"Gema ikut terlibat dalam penyemprotan yang berkolaborasi dengan TNI, Polri dan BPBD Tanimbar. Gema juga punya 2 buah alat penyemprot, sebelumnya kami sudah berinisiatif untuk lakukan penyemprotan, namun setelah berkoordinasi dengan Wakapolres yang meminta kami untuk bergabung dalam kegiatan baik ini," ungkapnya. (Laura Sobuber)

Tim Penanggulangan Covid-19 Tanimbar Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Fasilitas Umum

Posted: 26 Mar 2020 07:39 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Tim gugus Percepatan Penanganan Pandemic Virus Corona atau Novel Coronavirus (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum pada Kamis (26/03/2020).

"Penyemprotan disinfektan akan dilakukan tiga hari ini, hingga Sabtu 26 Maret nanti, lokasinya di tempat-tempat fasilitas umum yang sering dikunjungi masyarakat. Harapannya semoga lewat kegiatan ini, masyarakat Tanimbar pun turut menjaga kebersihan diri lingkungan dan mengikuti aturan dari pemda. Paling penting semoga pandemik ini cepat berakhir agar kita bisa kembali beraktifitas seperti biasa," ungkap Ketua Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19, Doni B. Layan kepada media di posko.

Kemudian Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Maluku Tenggara Barat (MTB), AKBP Adolof Bormasa, SH., MH pun menyatakan dukungan personelnya bersama TNI. Ia mengatakan pihaknya sangat mendukung penuh kegiatan yang dilakukan dan kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanimbar untuk tidak boleh panic tetapi bersama-sama menjaga diri dengan memperhatikan kebersihan ditengah keluarga dan menjaga imunitas tubuh.

"TNI dan Polri jelas kami mendukung penuh kegiatan gugus di Tanimbar, tadi dengan jumlah personil TNI dan Polri dan ASN serta pemuda gereja, komunitas dan organisasi seluruhnya ada 250 orang dengan sasaran di tempat-tempat umum," katanya.

Berikut tempat fasilitas umum yang mendapat penyemprotan disinfektan, diantaranya Pelabuhan Saumlaki, Masjid Baitulraman Saumlaki, Gereja Ebenhaeser Saumlaki, Geeja Katolik Santo Mhatias Saumlaki, Pasar Lama Olilit, Pasar Omele dan Terminal Saumlaki pada Kamis (26/03/2020).

Gereja Katolik Tri Tunggal Hati Kudus Sifnana, Gereja Damai Saumlaki dan Masjid An nur Saumlaki pada Jumat (27/03/2020) dan Gereja BPU Saumlaki, Masjid Babutaqwa Omele Saumlaki serta Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Olilit Barat pada Sabtu (28/03/2020).

Turut terlibat dalam kegiatan itu Kodim 1507 Saumlaki, Lanal Saumlaki, Satradar 245/Saumlaki, Polres MTB, Brimob Kompi 3 Yon C Pelopor Saumlaki, Komunitas Generasi Membangun (Gema) Tanimbar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanimbar. (Laura Sobuber)

Herry Naap Nyatakan Hasil Lab 2 PDP di Biak Bebas Corona

Posted: 26 Mar 2020 06:39 AM PDT

BIAK, LELEMUKU.COM – Dua orang yang masuk dalam Pasien Dalam Pemantauan (PDP) di RSUD Biak dinyatakan negatif terkena virus corona. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd, dalam konferensi pers di Posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penagananan Covid-19, Kamis (26/03/2020).

Kedua pasein PDP itu adalah seorang pria (24) dengan nomor 01 dan pasien perempuan (39) dengan nomor 02 dinyatakan besas dari virus corona setelah ada hasil pemeriksaan atau uji sampel di laboratorium Litbangkes Jakarta yang telah diterima pihak RSUD Biak, Kamis (26/3) kemarin.

"Hasil uji laboratorium terhadap sampel di di Laboratorium Litbangkes Jakarta sudah ada, kita patut syukuri bersama, hasilnya negatif (pasien dinyatakan bebas dari virus corona)," kata Bupati Herry A Naap yang juga bertindak sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penagananan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor.

Meski hasil uji laboratorium kedua pasien PDP itu dinyatakan negatif, masyarakat dan semua pihak diminta tetap waspada dan menjaga diri serta mendukung upaya-upaya pencegahan yang terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor.

"Kita harus tetap waspada terhadap virus ini, tetapi masyarakat jangan panik dan jangan mudah percaya hoaks. Mari kita terus memperhatikan tindakan-tindakan pencegahan, saya berharap semua pihak ikut mendukung komitmen pemerintah, mulai dari pusat sampai kedaerah yang terus melakukan berbagai upaya "perlawanan" terhadap penyebaraan virus corona ini," imbuh Bupati yang didampingi Sekda Markus O. Mesnembra, SH.,MM.

Sementara itu, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Daud Duwiri, S. KM, M.Kes mengatakan, dengan adanya hasil uji laboratorium itu maka kedua pasien PDP yang dinyatakan negative (tidak terinfeksi virus corona) akan dipulangkan secepatnya setelah dinyatakan kondisinya sudah pulih benar.

Sementara, untuk beberapa yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang saat ini mengkarantinakan diri di rumah masing-masing tetap dalam pengawasan. "Jadi berbagai langkah diambil oleh pemerintah pada dasarnya untuk menjaga Kabupaten Biak Numfor bebas dari virus corona, dan semua pihak diharapkan ikut mendukung," tandas Daud Duwiri didampingi Direktur RSUD Biak dr. Ricard Ricardo Mayor, M.Kes.

Sekedar diketahui, dalam keterangan pers itu Bupati Herry Ario Naap didampingi langsung oleh Sekda Biak Numfor Markus O, Masnembra, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud Duwiri dan Direktur RSUD Biak dr. Ricard Ricardo Mayor, M.Kes. (HumasBiakNumfor)

Lukas Enembe Ungkapkan Opsi Lockdown Papua Diputuskan Pekan Depan

Posted: 26 Mar 2020 05:41 AM PDT

Lukas Enembe Ungkapkan Opsi Lockdown Papua Diputuskan Pekan DepanJAYAPURA, LELEMUKU.COM - Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan opsi lockdown atau karantina wilayah untuk menekan sebaran virus Corona atau Covid – 19, baru akan diputuskan pada Rabu (25/3/2020) pekan depan, setelah menerima laporan dari satuan tugas (satgas) yang baru dibentuk.

"Kelihatanya virus (Corona) ini sudah ada di Papua, sehingga pemerintah harus memutuskan yang terbaik bagi rakyatnya. Makanya saya memberikan kesempatan kepada sampai hari Rabu depan kepada Satgas Covid-19 Papua untuk melaporkan hasilnya".

"Sehingga pada hari Rabu saya akan umumkan, apakah Papua Lockdown atau tidak," terang Gubernur Lukas usai melakukan pertemuan tertutup dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Papua, di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, Jumat (20/3/2020).

Selain opsi lockdown, sambung dia, Pemprov juga mengkaji opsi pembatasan sosial yang bertujuan mengendalikan, menghentikan atau memperlambat sebaran virus Corona. Hanya saja pembatasan itu sampai kepada upaya menutup bandara maupun pelabuhan selama 14 hari.

"Intinya kita uji coba dulu selama 14 hari, kemudian kelanjutannya kita akan putuskan yang terbaik setelah saya juga melakukan pertemuan dengan para bupati dan walikota," terangnya.

Ditanya mengenai ketersediaan bahan makanan bagi warga Papua apabila rencana lockdown atau pembatasan sosial diterapkan, Gubernur mengatakan kebijakan ini masih harus diputuskan bersama pihak terkait.

Menyoal kebutuhan anggaran untuk penanganan Corona, Lukas katakan telah meminta dinas kesehatan dan instansi terkait untuk mengkaji ulang kebutuhan ril untuk menangani virus itu.

Dengan demikian diharapkan dalam waktu dekat kebutuhan anggaran penanganan Corona segera ditetapkan. (diskominfoPapua)

Murad Ismail Ucap Bela Sungkawa Wafatnya Ibunda Jokowi, Hj. Sudjiatmi Notomihardjo

Posted: 26 Mar 2020 02:33 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Gubernur Maluku, Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail bersama Istri, Widya Pratiwi Murad Ismail turut memberi ucapan berbela sungkawa atas berpulangnya Ibunda Jokowi, Ibu Hj. Sudjiatmi Notomihardjo pada usia 77 tahun di Solo, Jawa Tengah pada Rabu (25/03/2020) pukul 16.45 WIB.

Melalui ucapan dukacita tersebut, Murad Ismail beserta keluarga mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ibunda Presiden Indonesia tersebut. Pemimpin Maluku itu pun mendoakan semoga almarhumah husnul khotimah, diterima segala amal kebaikannya di dunia, diampuni dosa-dosanya dan keluarga besar diberikan keikhlasan.

Sebelumnya Jokowi mengungkapkan Ibu Hj. Sudjiatmi Natomihardjo meninggal di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Kota Surakarta karena sakit yang sudah didapnya selama empat tahun. Ia pun memohon doa agar jalan dari almarhumah ibunda menjadi lapang menuju Allah SWT. (Laura Sobuber)

Andrea Dian Positif Corona, Ganindra Bimo Nyatakan Kuasa Tuhan

Posted: 26 Mar 2020 01:33 AM PDT

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Presenter Indonesia Ganindra Bimo mengatakan dirinya akan selalu ada untuk Istri tercintanya, Andrea Dian Bimo yang saat ini tengah diisolasi di rumah sakit karena positif VirusCorona.

Hal itu ia ungkapkan melalui pesan manis teruntuk Andrea sambil menunjukkan foto Andrea, ia menulis Andrea adalah nafas dan hidupnya.

Menurutnya dalam 8 tahun mengarungi bahtera rumah tangga bersama Andrea begitu banyak suka dan duka yang dilalui hingga pada titik Tuhan memberi satu ujian, Andrea harus dirawat karena virus pandemi dunia tersebut.

"Dan sekarang, Tuhan beri kamu 1 ujian baru. Yg mungkin banyak orang atau bahkan aku pun ga siap & ga sanggup untuk ngejalaninnya . Tapi Tuhan taro kamu d situasi ini , kenapa? Karna Tuhan tau kamu bisa jadi terang dimanapun kamu berada & karna kamu kuat ! SANGAT KUAT BAHKAN !," tulis dia saat dikutip Lelemuku.com pada Sabtu (21/03/2020).

Pria 34 tahun itu pun menguatkan Andrea dengan meminta untuk tidak perlu ada tanya kenapa harus Andrea tetapi percayalah kepada kuasa dan rencana Tuhan yang akan jauh lebih indah dari apapun. Ia juga meminta Andrea untuk sabar dan mengikuti prosedur perawatan dan menyatakan bahwa dirinya selalu ada untuk Andrea selama 24 jam dalam seminggu.

"Inget , ada aku di hidupmu 24/7 !
Blom lagi sejuta temen2 kamu yg juga sayang n cinta kamu bgt .
Dan pstinya S E L A L U ada Tuhan yg mendampingi stiap langkah & nafasmu. So… jgn pernah sedetik pun kamu menyerah & merasa sndiri . We r here for u baby ! OK! tugas kamu skrg adalah ….focus ke pemulihan kesehatanmu , & slalu percaya , KAMU AKAN KEMBALI KE SINI … JAUH LEBIH KUAT & LEBIH HEBAT DARI SEBELUMNYA ! I LOVE U TO INFINITY & BEYOND @andreadianbimo GBU #allprayersup," tambahnya. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel