-->

Eltinus Omaleng Pimpin Upacara Hari Kemerdekaan RI Tahun 2022 di Mimika

Eltinus Omaleng Pimpin Upacara Hari Kemerdekaan RI Tahun 2022 di Mimika

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Upacara Detik-detik Proklamasi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah berlangsung pada Rabu, 17 Agustus 2022, di lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika.

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Mimika, Dr. Eltinus Omaleng, S.E., M. H., selaku Inspektur Upacara. Dihadiri pula oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, S. Sos., M.M., Penjabat Sekretaris Daerah Mimika, Jeni O. Usmany, S. Pd., M. Pd., para pimpinan OPD, Forkopimda, Ketua dan anggota DPRD Mimika, perwakilan instansi yang ada di Kabupaten Mimika serta para undangan..

Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara, Kapten CZI Muh. Irsal M., S.S.T. Han., S.T., lulusan Akademi Militer TNI AD tahun 2012 yang menjabat Danramil 1710-04/Tembagapura.

Detik-detik proklamasi diperingati dengan bunyi sirene selama 1 menit. Dilanjutkan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Anton Bukaleng, S. Sos.

Selanjutnya semua peserta upacara bersama-sama mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Setelah pembacaan doa, dilakukan pengibaran bendera Merah Putih.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yakni Letda Inf Tandia Liansyah Supriatna, lahir di Bandung, 7 Agustus 1998. Lulus dari Akademi Militer tahun 2021, saat ini menjabat Danton 3 Kipan A Yonif R 754/ENK.

Sementara Perwira Upacara yaitu Kapten Inf Gertaim Pakpahan, lahir di Deli Serdang, 27 Mei 1979. Lulusan Diktupa TNI AD tahun 2012 ini menjabat Pasipers Kodim 1710/Mimika.

Sedangkan pembawa bendera ialah Marlin Santiana Tenawe, lahir di Timika, 25 Agustus 2006, berasal sekolah SMAN 1 Mimika, anak dari Bapak Yustinus Tenawe dan Ibu Martha S. Sahertian.

Tiga orang pengibar bendera adalah Elmenero Hektor Kapisa Tanlain, lahir di Timika, 12 April 2005, berasal dari SMAN 1 Mimika, anak dari Yance Luther Tanlain dan Linda Kapisa, Fransiskus Xaverius Franklin Kenzie Zonggonau, lahir di Timika, 14 Juli 2006, asal sekolah SMA YPPK Tiga Raja Mimika, anak dari Soni Zonggonau dan Marlina Bemey, dan Muh. Alfin Ardhiansyah, lahir di Timika, 30 Juni 2006, asal sekolah SMA Al Falah Mimika, anak dari Saharuddin dan Darmawati.

Diikuti dengan aubade atau persembahan lagu-lagu nasional dari Paduan Suara Alleluya, pimpinan Pice Mitakda. Upacara diakhiri dengan foto bersama Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, DPRD Mimika serta seluruh pimpinan OPD.

Selanjutnya diumumkan pemenang Lomba Kendaraan Hias dan Karnaval Budaya yang telah dilaksanakan oleh panitia pada tanggal 15 Agustus 2022. Pemenang Karnaval Budaya tingkat TK diraih oleh Juara I  TK Negeri Pembina, Juara II TK YPPK Tiga Raja, dan Juara III TKIT Nurul Hidayah.

Pemenang karnaval budaya tingkat SD adalah Juara I   SD YPPK Waonaripi, Juara II  SD Inpres Koperapoka I, dan Juara IiI Sekolah Asrama Taruna Papua. Pemenang karnaval budaya tingkat SMP, yaitu Juara I   SMP Negeri 2 Mimika, Juara II  SMP Yapis Timika, dan Juara III SMP Negeri Koperapoka.

Sedangkan pemenang karnaval budaya tingkat SMA Juara I   SMA Negeri I Timika, Juara II  SMK Negeri 3 Mimika, dan Juara III SMK Penerbangan Petra. Pemenang karnaval budaya kategori umum ialah Juara I   Paguyuban Warga Lamongan, Juara II  Kerukunan Keluarga Daerah Barru, dan Juara III Rumah Sagu.

Lomba pawai kendaraan hias Juara I  Flobamora, Juara II  KKBSU (Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Utara), dan Juara III IKT (Ikatan Keluarga Toraja).

Pada kesempatan tersebut juga diumumkan pemenang lomba kampung dan kelurahan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung ialah Juara VI Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah, Juara V Kampung Minabua, Distrik Mimika Baru, Juara IV Kampung Damai, Distrik Kwamki Narama, Juara III Kampung Mimika, Distrik Mimika Barat, Juara II Kampung Mawokauw Jaya, Distrik Wania, dan Juara I Kampung Kanmapiri, Distrik Jita.

Sedangkan lomba kelurahan tahun 2022, pemenangnya Juara I Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika Baru, Juara II Kelurahan Kamoro Jaya, Distrik Wania, dan Juara III Kelurahan Harapan, Distrik Kwamki Narama.

Hadiah lomba kampung dan kelurahan langsung menghubungi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Mimika. Diakhir acara, hadiah pemenang lomba karnaval budaya dan pawai kendaraan hias diberikan kepada pemenang oleh Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda.
 
Peserta upacara detik-detik proklamasi peringatan HUT ke-77 RI di Kabupaten Mimika diikuti oleh satuan Brimob, Polres Mimika, Dinas Satpol PP, Basarnas, Korpri, Pramuka, pelajar, serta seluruh kesatuan yang ada di Kabupaten Mimika.

Rangkaian peringatan HUT ke-77 RI di Kabupaten Mimika sejak upacara tabur bunga kemarin hingga usai resepsi kenegaraan nanti malam, disiarkan secara  langsung di channel Youtube Pemkab Mimika dan melalui videotron di tiga titik yaitu di halaman Gedung Eme Neme Yauware, Pasar Swadaya dan di Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika di SP3. (DiskominfoMimika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel