-->

Derek Hegemur Minta Kepala OPD Prioritaskan Penanggulangan Kemiskinan di Papua

Derek Hegemur Minta Kepala OPD Prioritaskan Program Penanggulangan Kemiskinan di Papua

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Papua, Derek Hegemur, memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi untuk berfokus pada penurunan angka kemiskinan di wilayah Bumi Cenderawasih melalui program kerja mereka. Instruksi ini disampaikan oleh Derek di Jayapura pada hari Selasa, 25 Juli 2023.

"Dalam rangka mendukung kualitas hidup yang sejahtera bagi masyarakat Papua, kami meminta para Kepala OPD untuk lebih berfokus pada penurunan angka kemiskinan di wilayah ini," jelas Derek.

Derek juga menyebut bahwa dengan tersisa sembilan kabupaten dan kota pasca pembentukan daerah otonom baru, upaya menurunkan angka kemiskinan di Papua akan menjadi lebih mudah. Dia menyatakan bahwa dengan jumlah OPD yang lebih sedikit untuk diurus, fokus penanganan dapat lebih tepat sasaran, dan hal ini diharapkan dalam mengembangkan daerah otonom baru (DOB).

Menurut data Badan Pusat Statistik Provinsi Papua pada Maret 2023, persentase penduduk miskin sebesar 26,03 persen, mengalami penurunan sebesar 0,77 persen poin dari September 2022, dan 0,58 persen poin dari Maret 2022.

Namun, Statistisi Ahli Madya Fungsi Statistik Sosial BPS Papua, Sugiyanto, mengungkapkan bahwa persentase penduduk miskin di perkotaan pada Maret 2023 mencapai 5,68 persen, mengalami kenaikan sebesar 0,39 persen poin dibandingkan September 2022.

Pada Maret 2023, rata-rata rumah tangga miskin di Provinsi Papua terdiri dari 4,98 orang anggota. Besarnya garis kemiskinan per rumah tangga miskin secara rata-rata adalah sebesar Rp3.418.616 per bulan. (KominfoPapua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel