-->

Tindakan Cepat Warga dan Damkar Cegah Kebakaran Meluas di Tanah Hitam

Tindakan Cepat Warga dan Damkar Cegah Kebakaran di Tanah Hitam

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jayapura, Provinsi Papua, Veronita Kirana menyebutkan pihaknya bersama warga Jalan Enggros Abepura, Distrik Abepura berhasil mengatasi dan mencegah terjadinya kebakaran yang lebih meluas pada Minggu, 21 Januari 2024. 

Awalnya, Veronita menerima laporan dari warga melalui group pesan Damkar Kota Jayapura pukul 05.49 WIT, yang selanjutnya disampaikan kepada anggota Damkar. Pukul 05.52 WIT, armada damkar dari Pos Distrik dan Mako bergerak cepat menuju lokasi kejadian.

“Obyek yang terbakar adalah 1 unit rumah milik Bapak Tofan di depan hypermart tanah hitam,” sebut dia. 

Lanjut Veronita, hanya satu unit rumah yang terkena dampak. Dugaan sementara karena korsleting listrik di area dapur menjadi penyebab kebakaran, dan beruntungnya, saat kebakaran terjadi, penghuni rumah tidak berada di tempat.

Tindakan Cepat Warga dan Damkar Cegah Kebakaran di Tanah Hitam

Menurutnya warga setempat dengan sigap mengendalikan api, mencegahnya merambat, dan dilanjutkan dengan pembasahan total oleh unit Damkar. 

“Meskipun kerugian materi diperkirakan puluhan juta rupiah, tidak ada korban jiwa. Pasukan damkar berhasil menarik diri pada pukul 06.19 WIT setelah situasi terkendali tanpa hambatan yang berarti,” kata dia.

Kejadian kebakaran itu merupakan yang ke-11 dalam tahun 2024 dari 13 laporan yang diterima. Dari 13 kasus, satu kasus kebakaran lahan tidak dapat dilayani karena lokasi sulit dijangkau, dan satu kasus kebakaran rumah dapat ditangani mandiri oleh warga, menunjukkan semakin meningkatnya kesadaran dan sinergitas masyarakat dalam penanganan kebakaran dini. 

“Masyarakat kita semakin peduli, semakin terbangun responsibility dan sinergitasnya untuk melakukan penanganan kebakaran diri,” ungkap Veronita. (Laura Sobuber) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel