-->

Murad Ismail Tegaskan Perguruan Tinggi Profesional Lahirkan SDM Berkualitas di Maluku

Murad Ismail Tegaskan Perguruan Tinggi Profesional Lahirkan SDM Berkualitas di Maluku


Murad Ismail Tegaskan Perguruan Tinggi Profesional Lahirkan SDM Berkualitas di Maluku

Posted: 14 Mar 2020 03:04 AM PDT

AMBON, LELEMUMU.COM – Gubernur Maluku, Murad Ismail menegaskan untuk mewujudkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas di daerah, maka penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) harus dilaksanakan secara profesional.

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang pada peresmian Gedung B dan C Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura Ambon, Kamis (12/3/2020) di Kampus Unpatti Ambon.

Peresmian Gedung B dan C Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini dihadiri Direktur Sumber Daya, Ditjen Dikti, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku serta seluruh civitas akademika.

Dalam kesempatan itu, gubernur menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI atau yang mewakili di Provinsi Maluku.

"Kehadiran bapak disini tentunya dapat melihat secara langsung geliat pembangunan pendidikan dan kebudayaan di Provinsi Maluku," terang gubernur.

Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Rektor dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti dan civitas akademika, yang telah mewujudkan penambahan Gedung B dan C Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti.

Menurutnya, peresmian gedung baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini, tentunya akan menjadi momentum strategis bagi civitas akademika untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Maluku.

Pendidikan, kata gubernur, telah menjadi kebutuhan utama dan terkait erat dengan kehidupan manusia. Untuk itu, pembangunan bidang pendidikan harus menjadi prioritas pembangunan Nasional dan daerah, sebab pendidikan menjadi pondasi dan kunci bagi tersedianya sumberdaya manusia yang berkualitas.

"Kita semua tentunya menyadari bahwa peningkatan mutu pendidikan untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan prasyarat utama untuk meraih kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," paparnya.

Upaya menciptakan SDM berkualitas, lanjut gubernur, terus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa, termasuk lembaga perguruan tinggi, yang terus memainkan perannya dalam membentuk SDM melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ini semua, tentunya sangat diharapkan akan membawa dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas SDM serta tumbuhnya kreatifitas dan inovasi masyarakat, serta daya saing dalam persaingan global.

Gubernur mengatakan, sebagai salah satu lembaga perguruan tinggi di Maluku, tentunya seluruh civitas akademika Unpatti tertantang untuk melakukan perbaikan, pembinaan serta pembenahan sistem pendidikan tinggi, yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif.

Salah satu faktor penting sebagai penunjang aktivitas pendidikan tinggi tersebut adalah tersedianya gedung perkuliahan dan rektorat yang representatif dan memadai. Sehingga memungkinkan terselenggaranya aktivitas pendidikan tinggi dengan baik untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan.

Pemerintah Provinsi Maluku, sebut gubernur, terus berkomitmen untuk membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan serta mengentaskan kemiskinan masyarakat.

"Peluang ini harus kita manfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Maluku," tuturnya. (HumasMaluku)

Muslimat NU Dituntut Beri Kontribusi dan Strategi Signifikan Bagi Pembangunan di Maluku

Posted: 14 Mar 2020 03:04 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Provinsi Maluku, sebagai sebuah kekuatan dan modal sosial berbangsa dan bernegara, dituntut selalu mampu memberikan kontribusi signifikan dan strategis dalam proses pembangunan Maluku di segenap sektor kehidupan.

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku Murad Ismail melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan , M. Saleh Thio, dalam acara Konferensi Wilayah III Muslimat NU Maluku masa bakti 2020 -2025, di Aula Asrama Haji Waiheru pada Jumat (13/03/2020).

Murad berkeyakinan kuat, bila secara kelembagaan Muslimat NU memiliki kapasitas, kompetensi dan proporsionalitas untuk memainkan peran strategis dalam membantu, mendorong dan mengakselerasi proses pembangunan di Maluku.

"NU Maluku mampu membaca persoalan keumatan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. Nerikut memetakannya dengan benar sebagai landasan pengambilan keputusan dan kebijakan stategis dalam pengembangan dan penguatan organisasi agar mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan," yakinnya.

Gubernur Murad juga menyampaikan, perempuan NU dapat terus berkontribusi merespon berbagai isu, persoalan dan agenda keperempuanan seperti diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan, gender, ketidakadilan sosial, ekonomi dan seterusnya.

"Dapat mengembangkan jejaringan kemitraan dalam mendorong, menggolong dan memperkuat koalisi untuk kerja affirmative action terhadap berbagai isu, persoalan dan agenda pemberdayaan perempuan," ujarnya.

Murad berharap, pengurus Muslimat NU Maluku terus melakukan evaluasi, pengembangan dan konsolidasi, bukan hanya dari sisi organisasi melainkan perannya dalam mengembangkan kemandirian organisasi, wujudkan pribadi muslimah yang berkualitas serta mampu menyusun program yang inovatif, agar organisasi dapat berkembang ikut membangun masyarakat Maluku.

"Saya percaya, kehadiran Muslimat NU selama kurun waktu 20 tahun, dalam masa kepemimpinan Dra. Haji Muna Karepesina, telah banyak memberikan kontribusi pada program sosial kemasyarakatan, khusus di bidang pendidikan. Bahkan di tahun 2009, Muslimat NU Maluku mendapat peringkat 3 terbaik nasional bidang pendidikan PAUD," harapnya.

Sebagai organisasi perempuan, lanjut Murad, Muslimat NU Maluku hadir dengan maksud sebagai wadah menyatukan kaum perempuan Maluku melalui transpformasi ilmu dan pembinaan umat secara berkelanjutan tanpa melihat latar belakang suku, organisasi dan strata sosial.

"Olehnya itu, kehadiran Muslimat NU Maluku dan organisasi Civil Society perempuan lainnya saat ini dna kedepan menjadi sangat penting dan strategis dalam membantu pemerintah dalam advokasi, serta kontribusinya bagi kecerdasan perempuan hingga ke level basis paling bawah," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail, Wakil Ketua TP PKK Provibsi Maluku, Beatrix Orno.
(HumasMaluku).

Kunjungi Tiga Posyandu di Ambon, Widya Murad Ismail Ajak Orang Tua Rutin Bawa Balita ke Posyandu

Posted: 14 Mar 2020 02:34 AM PDT

AMBON, LELEMUKU.COM – Duta Parenting Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail, mengajak para orang tua untuk rutin membawa anak balitanya ke posyandu setiap bulan. Hal itu disampaikan saat dirinya mengunjungi tiga posyandu balita di Kota Ambon, Sabtu (14/03/2020).

Dikatakannya, hingga anak berusia lima tahun, ibu harus rutin membawa anaknya ke posyandu. Sebab jika tidak, dikhawatirkan tumbuh kembang anak serta pemenuhan gizinya tidak dapat terpantau dengan baik.

"Posyandu tidak hanya berkaitan dengan vaksinasi anak. Di posyandu, berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak akan diukur, untuk mendeteksi sejak dini jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekurangan gizi, termasuk gagal tumbuh atau stunting," kata Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku ini.

Saat berkunjung ke tiga posyandu di Kota Ambon, yakni di Wara, Ahuru Goa, dan Kampung Rinjani, Widya didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ambon, Debby Louhenapessy, yang juga istri Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

"Kehadiran saya bersama ibu Debby semata-mata sebagai bentuk cinta dan kasih sayang, serta perhatian kami. Kami berharap, anak-anak kita semuanya sehat-sehat. Hanya saja semua terpulang lagi ke para orang tua. Apakah anaknya rutin dibawa tidak, setiap bulan ke posyandu?," ujarnya.

Widya menegaskan, kedatangannya untuk melihat langsung pola pelayanan posyandu yang dijalankan para kader posyandu, bukan untuk melihat kekurangan atau untuk mencari kesalahan. Ia justru mengapresi para kader posyandu, karena apa yang mereka kerjakan adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat.

"Saya berharap, intensif para kader kedepan juga bisa dinaikkan, sebagai bentuk penghargaan kita terhadap kerja-kerja mereka," tegasnya.

Menurut Widya, hampir setahun ini dia turun ke empat kabupaten di Maluku untuk kampanye perangi stunting. Rencananya, Kabupaten Maluku Tenggara dan Maluku Barat Daya, akan menjadi locus stunting yang dia datangi di tahun ini. Sebelumnya, pada Februari lalu, Widya bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail, turun ke Kabupaten Seram Bagian Timur. Di sana ia mengunjungi locus stunting di Desa Kufar, Kecamatan Tutuktolu, serta Desa Kilmuri dan Desa Kilbon di Kecamatan Kilmuri.

"Jangan sampai saya turun ke wilayah kabupaten-kabupaten, tapi posyandu yang ada di Ambon, daerah domisili dan tempat tinggal saya, justru saya lupa dan abaikan. Untuk itu, saya bersama ibu Debby sengaja turun ke posyandu di Ambon hari ini, sebagai tanda kami juga peduli. Mudah-mudahan kedepan kami akan turun lagi ke posyandu lainnya," ungkapnya.

Dari pantauannya, Widya juga menemukan ada anak yang berat badan dan ukuran tubuhnya tidak sesuai dengan usia. Bahkan ada anak yang dibawa ke posyandu selama tiga bulan terakhir, berat badannya selalu turun dari bulan ke bulan.

"Untuk sehat tidak harus mahal. Cukup dengan sayur-sayuran yang bisa di tanam di pekarangan rumah, seperti daun kelor atau daun katok dan lainnya. Bubur buat anak juga bisa di campur dengan ikan, atau dengan daging yang diblender. Kalau bayi diberi makan bubur, dia selalu menolak, mungkin sekali-kali harus ada variasi rasa. Ibu-ibu jangan menyerah. Harus dipaksakan biar anak juga menjadi terbiasa. Ini untuk kebaikan anak-anak ibu," jelasnya.

Pejabat Kepala Pemerintahan Desa Batumerah, Fenly Masawoy, saat menerima kedatangan Widya dan rombongan di Posyandu Ahuru Goa mengaku, kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku dan Kota Ambon di daerahnya, turut memotivasi pihaknya untuk terus berbenah, terkhususnya dalam memberikan perhatian kepada pelayanan posyandu di wilayah Desa Batumerah.

Dikatakannya, Desa Batumerah memiliki 40 posyandu dibawah binaan tiga puskesmas, masing-masing Puskesmas Air Besar, Puskesmas Rijali, dan Puskesmas Waihoka.

"Tahun 2018, pemerintah Desa Batumerah sudah mengalokasikan dana desa yang peruntukannya buat penyediaan sarana-prasarana meja dan kursi posyandu, makanan tambahan, serta intensif bagi para kader posyandu," jelasnya.

Untuk tahun anggaran 2019, lanjut dia, alokasi dana desa untuk pelayanan posyandu masih sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja di tahun itu, pihaknya juga mengadakan pelatihan kader kepada seluruh kader posyandu di wilayah Batumerah.

"Setiap tahun, kami lakukan rapat koordinasi dengan seluruh kader posyandu. Dari pertemuan itu, kami dapat menyerap aspirasi mereka, sehingga mengetahui apa saja yang menjadi kabutuhan posyandu," katanya.

Sementara itu, Ketua Kader Posyandu Kampung Rinjani, Warni Belu, mengatakan, ada 60 anak balita di wilayah Kampung Rinjani, dimana posyandu rutin diadakan setiap tanggal 9 bulan berjalan.

"Perkembangan semua balita terpantau karena para orang tua rutin membawa anaknya ke posyandu. Kalau ada balita yang tidak ke posyandu, kami para kader akan membawa timbangan dan kunjungi rumah balita tersebut sehingga data balita dan Kartu Menuju Sehat (KMS) selalu terisi. Tumbuh kembang anak selalu terpantau," katanya.

Dikatakannya, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) rutin diberikan ke balita. Selain bantuan PMT dari desa, kader posyandu dan orang tua anak secara swadaya juga kerap menyediakan PMT saat waktu posyandu. (HumasMaluku)

Tingkatkan Pelayanan, Adolof Bormasa Cek Ruangan Pelayanan Masyarakat di Mapolres MTB

Posted: 14 Mar 2020 02:34 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Untuk mengetahui secara langsung kondisi pelayanan yang diberikan jajarannya, Kepala Kepolisian Resor Maluku Tenggara Barat, Polda Maluku AKBP Adolof Bormasa,S.H.,M.H, melakukan pengecekan terhadap ruangan pelayanan di Mapolres Maluku Tenggara Barat pada Sabtu (14/3/2020).

Kapolres menekankan kepada Personel yang melaksanakan piket dan pelayanan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Lakukan dengan cepat, persyaratan dan prosedur jangan sampai berbelit-belit, lakukan sesuai ketentuan jangan menyimpang dan mudah dipahami oleh masyarakat," tegasnya Kapolres.

Selain itu, Kapolres mengecek dengan detail dan teliti setiap sudut ruangan pelayanan.

Kapolres juga berpesan kepada seluruh personel untuk menjaga kebersihan setiap ruangan terutama ruangan pelayanan agar selalu terlihat indah dan rapi.

"Mari kita jaga kebersihan tempat kerja kita sehingga dipandang nyaman dan orang yang datang juga merasa aman," tutupnya. (HumasPolresMTB)

Adolof Bormasa Pimpin Upacara Purna Bhakti Anggota dan PNS Polri di Polres MTB

Posted: 14 Mar 2020 02:34 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepolisian Resor (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku melaksanakan acara Wisuda Purna Bhakti Anggota Polri dan PNS Polri yang dilaksanakan di halaman Polres Maluku Tenggara Barat pada Sabtu (14/3/2020).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapolres MTB AKBP Adolof Bormasa,S.H.,M.H., perwira upacara Kasat Samapta AKP Nahum Tengah, Komandan upacara Kasium Ipda Jhon Amelaman serta di hadiri oleh Wakapolres Kompol Lodevicus Tethool,S.H.,M.H, Serta Para Pejabat Utama Polres Maluku Tenggara Barat, Kapolsek Jajaran Polres Maluku Tenggara Barat, Perwira Polsek serta para Brigadir Polres Maluku Tenggara Barat dan Bhayangkari Cabang MTB.

Sebanyak 4 personil di satuan Polres Maluku Tenggara Barat mengalami pensiun dari tugasnya sebagai anggota Polri dan PNS Polri, terdiri dari 2 Polri dan 2 PNS Polri. Anggota yang melaksanakan upacara purna bhakti Kompol Simon.A.Mansilety, Iptu Johanis Laikyar, Pengatur Manase Turalely dan Pengatur Jacob Watfenu.

Kapolres Bormasa membacakan amanatnya bahwa atas nama pimpinan dan pribadi dirinya menyampaikan penghargaan dan rasa hormat kepada segenap anggota yang telah memasuki masa purna atas dedikasi dan kerja serta darma baktinya kepada Bangsa dan Negara.

"Tak ada gading yang tak retak, atas nama kesatuan Polres Maluku Tenggara Barat memohon maaf, kami akan terus bersama-sama rekan sekalian sebagaian dari keluarga besar Polri. Pada saatnya nanti kita juga akan mengalami purna tugas seperti rekan-rekan semua, dan menjadi masyarakat biasa. Sekali lagi ucapan terimakasih tertuju kepada saudara yang telah memasuki masa purna tugas, semoga nanti ditengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman, tertib dan sampaikan pesan-pesan Polri kepada masyarakat," ungkap dia.pasukan upacara wisuda purna bhakti, diantaranya 1 (Satu) Regu Perwira Polres dan Polsek jajaran, 1 (Satu) SST Brimob Kompi 3 Batalyon C, 1 (Satu) SST Sat. Samapta, 1 (Satu) SST Sat Lantas, 1 (Satu) SST Gabungan Staf Polres, 1 (Satu) SST gabungan Sat Reskrim,Sat Intel dan Sat Narkoba Polres dan 1 (Satu) Regu Bhayangkari MTB.

Selesai pelaksanaan upacara purna bhakti dilanjutkan dengan pelepasan para purna bhakti dengan tradisi pedang pora, Kapolres Maluku Tenggara Barat memimpin langsung kegiatan tradisi pedang pora serta bertindak sebagai Komandan pedang pora Kasat Binmas Iptu Richard.A.Bana,S.Sos,S.H.,M.H.

Upacara maupun pelaksanaan tradisi pedang pora berlangsung aman dan lancar. (HumasPolresMTB)

Akibat Meluasnya Corona Virus, Pasar Saham Amerika Serikat Jatuh ke Titik Terendah

Posted: 13 Mar 2020 05:34 PM PDT

Akibat Meluasnya Corona Virus, Pasar Saham Amerika Serikat Jatuh ke Titik TerendahWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Keadaan darurat akibat terus meluasnya virus corona kembali membuat pasar saham anjlok ke titik terendah sejak "Black Monday" tahun 1987, memperpanjang penjualan saham besar-besaran yang telah menghapuskan sebagian besar keuntungan Wall Street sejak Presiden Donald Trump menjabat.

Standard & Poor 500 hari Kamis (12/03/2020) anjlok 9,5% - dengan penurunan total 26,7% atau yang terbanyak sejak angka tertinggi yang dicapai bulan lalu.

Ini membuatnya jauh di atas ambang 20 persen yang biasa disebut sebagai memasuki pasar yang lesu, yang secara resmi mengakhirikenaikan harga-harga saham yang belum pernah terjadi sebelumnya selama hampir 11 tahun.

Indeks Dow Jones terpuruk 10% atau kerugian terbesar sejak anjloknya pasar hingga hampir 23% pada 19 Oktober 1987.

Pasar-pasar Eropa juga anjlok 12%, bahkan setelah Bank Sentral Eropa berjanji akan membeli lebih banyak obligasi dan memberikan lebih banyak bantuan.

Penurunan itu terjadi di tengah serangkaian pembatalan dan penutupan di seluruh dunia, termasuk larangan perjalanan bagi sebagian besar penduduk negara Eropa ke Amerika, dan meningkatnya kekhawatiran bahwa Gedung Putih atau otorita berwenang lainnya di seluruh dunia tidak dapat atau tidak mampu menangkal dampak wabah virus corona terhadap perekonomian dalam waktu dekat.

Nilai-nilai saham di Wall Street anjlok begitu cepat sehingga pada saat bel pembukaan pasar berdering langsung memicu penghentian perdagangan selama 15 menit secara otomatis, yang kedua dalam pekan ini.

Apa yang disebut sebagai "circuit breaker" atau penghentian perdagangan ini diadakan pertama kali setelah anjloknya pasar than 1987, dan belum pernah digunakan lagi hingga saat ini. (VOA)

Gangguan Pandemi Virus Corona di Amerika Serikat akan Cekik Ekonomi Amerika Serikat

Posted: 13 Mar 2020 05:34 PM PDT

Gangguan Pandemi Virus Corona di Amerika Serikat akan Cekik Ekonomi Amerika SerikatWASHINGTON, LELEMUKU.COM - Kekhawatiran semakin berkembang bahwa gangguan akibat pandemi virus corona akan mencekik pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan mengakibatkan resesi.

Gedung Putih sedang mempertimbangkan serangkaian langkah jangka pendek untuk meredakan tekanan finansial pada bisnis dan pekerja yang terimbas, tetapi para ekonom memperingatkan bahwa semakin banyak virus menyebar semakin besar pula dampak ekonomi dan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih.

Di Amerika Serikat, kini terjadi kekhawatiran yang semakin meningkat mengenai gangguan ekonomi yang disebabkan oleh virus corona, yang sekarang telah dinyatakan sebagai pandemi.

William Hoagland, Ekonom pada Pusat Kebijakan Bipartisan di Washington, D.C., adalah salah seorang analis yang merasakan kekhawatiran demikian.

"Kami memperkirakan bahwa ini akan berpotensi menjadi periode ekonomi yang lemah bagi Amerika Serikat. Kami tidak akan melihat pertumbuhan yang telah kami proyeksikan," ulasnya.

Industri perjalanan telah hancur oleh wabah virus corona di kapal pesiar dan oleh pembatalan perjalanan udara yang meluas.

Larangan terhadap pertemuan-pertemuan umum telah mendorong pembatalan konferensi, festival musik dan acara olahraga, dan membuat restoran-restoran dan berbagai gedung pertunjukan berjuang untuk tetap bertahan.

Penutupan sebagian pabrik-pabrik yang membuat suku cadang kendaraan bermotor di Tiongkok meningkatkan kekhawatiran bahwa produsen mobil Amerika harus mengurangi produksinya.

Pasar keuangan bereaksi dengan ketakutan dan volatilitas ekstrem, dengan anjloknya nilai saham dan harga minyak.

Pada hari Rabu Presiden Donald Trump mengumumkan larangan sebagian besar perjalanan dari Eropa dan bantuan keuangan untuk pekerja dan bisnis yang terkena dampaknya. Tetapi, dia juga berusaha meyakinkan publik bahwa perekonomian akan baik-baik saja.

"Ini bukan krisis keuangan. Ini hanya saat sementara yang akan kita atasi bersama sebagai sebuah bangsa dan bersama-sama dengan semua negara di dunia," tandasTrump.

Presiden Trump telah mengusulkan pemotongan pajak sementara dan pinjaman untuk industri dan pekerja yang terkena dampak pandemi virus korona ini. Gedung Putih juga mempertimbangkan cuti keluarga dengan tetap mendapat gaji bagi para pekerja, tetapi tidak jelas bagaimana hal itu akan dilaksanakan.

Bradley Gold, dosen bisnis di University of Texas, menyampaikan pendapatnya. "Biasanya di dunia bisnis, keadaan ini merupakan sesuatu yang akan menjadi sangat, sangat memprihatinkan dan biasanya tidak disukai oleh orang-orang bisnis, tetapi saya kira saat ini kita sedang menghadapi krisis kesehatan masyarakat."

Meloloskan undang-undang anggaran baru akan membutuhkan dukungan dari Partai Demokrat di Kongres yang menginginkan dana tambahan untuk pemeriksaan dan perawatan medis, asuransi pengangguran yang diperluas, dan peningkatan pengeluaran untuk program jaring pengaman sosial.

William Hoagland, analis ekonomi dari Pusat Kebijakan Bipartisan, setuju dengan perlunya penyesuaian anggaran tersebut.

"Ini akan menambah defisit federal dalam jangka pendek, tetapi penting jika itu berarti melindungi keselamatan dan keamanan publik Amerika dan memulihkan kepercayaan ekonomi yang diperlukan untuk bergerak maju," imbuhnya.

Langkah-langkah tegas diperlukan segera, kata para analis, untuk memberikan bantuan segera kepada orang-orang yang terimbas dan untuk mempercepat pemulihan ekonomi setelah wabah berakhir. (VOA)

Terkait Blok Masela, Zakarias Batlayery Minta Pemilik Petuanan Terlibat Pelepasan Tanah di Lermatan

Posted: 13 Mar 2020 05:34 PM PDT

Terkait Blok Masela, Zakarias Batlayery Minta Pemilik Petuanan Terlibat Pelepasan Tanah di LermatanSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Salah satu pemilik petuanan di Desa Lermatan, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Zakarias Batlayery  menyatakan pihaknya sepenuhnya mendukung jalannya perkembangan proyek strategis nasional Blok Masela oleh Perusahaan minyak dan gas asal Jepang, Inpex Corporation di Tanimbar, secara khusus di desa tempatnya berasal.

Oleh sebab itu ia pun meminta kepada Pemda Tanimbar untuk memperhatikan kepemilikan tanah hak ulayat yang dimiliki oleh para tuan tanah dimana selama proses pembelian hingga pembuatan pelepasan tanah di desa tersebut para pemilik petuanan tidak dilibatkan.

"Ini kan proyek strategis nasional tetapi bagaimanapun harus memperhatikan hak masyarakat dari desa kami yang berawal dari 12 kepala keluarga pada tahun 1711 hingga saat ini. Semua pelepasan yang dilepaskan kepada Agus Theodorus oleh kepala desa lama bersama perangkat dan DPD serta diketahui Camat Tanimbar Selatan lama tanpa ketahuan pemilik tanah. Mohon perhatikan hak ulayat kami," pinta dia.

Hal ini diungkapkan menanggapi pernyataan Bupati Tanimbar, Petrus Fatlolon, SH., MH yang mengungkapkan jika pihaknya saat ini pemerintah kabupaten sedang berupaya untuk melakukan pembebasan lahan seluas 47 hektar dari Pulau Nustual di wilayah Desa Lermatan  yang akan menjadi tempat pembangunan pelabuhan kilang gas alam cair Blok Abadi Masela.

"Proges pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab pemda, yang pertama yang mau dibebaskan ini adalah Pulau Nustual seluas 47 hektar," ungkap Bupati Fatlolon pada  Senin (24/03/2020).

Fatlolon menyatakan bahwa pembebasan lahan tersebut sudah menjadi  kewenangan Pemerintah Provinsi melalui tim yang ditunjuk langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail dan diketuai oleh Asisten I Setda Maluku, Franz Johannis Papilaya dengan melakukan beberapa tahapan, seperti perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan penyerahan hasil.

"Saat ini masih ditangani oleh tim pembebasan lahan yang diketuai oleh pemerintah provinsi karena itu sudah diatas kewenangan bupati, tetapi gubernur. Di pulau nustual 47 hektar dan terus akan dilakukan pembebasan lahan di daratan hingga pada total lahan seluas 1472 hektar," tambahnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanimbar, Lukas Souhuwat melalui salah satu staf mengatakan bahwa kewenangan pembebasan lahan di Desa Lermatan sudah menjadi tanggung jawab dari Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Maluku dan pihaknya di kabupaten ditugaskan untuk mendampingi setiap proses dan tahapan yang berjalan. Ia pun mengakui bahwa sejauh ini pihaknya belum mengeluarkan sertifikat tanah atas nama masyarakat desa tersebut.

"Ini menjadi tanggungjawab kantor wilayah dan sejauh ini melalui surat dan arahan Bupati Fatlolon kepada kami untuk tidak mencetak atau membuat satu sertifikatpun dari Lermatan," ungkap dia beberapa waktu lalu. (Albert Batlayeri)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel