-->

Rumah Sakit Dian Harapan Gelar Aksi Donor Darah Jelang HUT ke-28

Rumah Sakit Dian Harapan Gelar Aksi Donor Darah Jelang HUT ke-28 Rumah Sakit Dian Harapan Gelar Aksi Donor Darah Jelang HUT ke-28

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Rumah Sakit (RS) Dian Harapan di Kota Jayapura, Provinsi Papua menggelar Aksi Donor Darah dengan Tema ‘Setetes Darah Untuk Kehidupan’ guna menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) rumah sakit itu yang ke-28 pada Sabtu, 22 April 2023.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jayapura dan berlangsung di Aula Jan Van Der Horst OFM Lantai 2 RS. Dian Harapan pada Sabtu, 1 April 2023.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengajak karyawan beserta masyarakat umum bersama-sama membantu yang membutuhkan darah, seperti yang kita tahu bahwa setetes darah itu sangat berarti bagi manusia,” ujar Ketua Panitia dan selaku Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM), Shinta Lolok.

Ia mengatakan ditargetkan ada 80 hingga 100 orang terlibat dalam kegiatan dengan memperhatikan tahapan teknis donor darah, dimana peserta awali dengan registrasi mengisi daftar hadir, skrining oleh petugas PMI dan apabila hasilnya lolos dapat dilanjutkan dengan pengambilan donor darah. 

“Jadi yang harus diperhatikan sebelum donor adalah pastinya kondisi badan fit, tidak mengkonsumsi antibiotic, perempuan tidak lagi menstruasi, istirahat 5 sampai 6 jam sebelum donor, HB normal, berat badan normal dan  standar tensi darah normal 110/70,” kata Shinta.


Rumah Sakit Dian Harapan Gelar Aksi Donor Darah Jelang HUT ke-28

Setelah proses donor darah pun, peserta disarankan untuk istrirahat selama 5 hingga 10 menit guna mengurangi atau mencegah rasa lemas dan pusing.  

“Puji Tuhan yang ikut registrasi semuanya 80 sampai 90 persen lolos untuk ikut mendonorkan darahnya,” sebutnya.

Shinta menambahkan perayaan ulang tahun rumah sakit di tahun 2023 bertemakan ‘Pelayanan Holistik’ yaitu pelayanan secara menyeluruh. 

Dalam rangka HUT Rumah Sakit, pihaknya telah melakukan kegiatan tepat di Hari Orang Sakit Sedunia pada Bulan Februari 2023, diikuti Donor Darah, dan pelaksanaan puncak perayaan yang direncanakan akan disesuaikan sebab tanggal 22 April bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Selanjutnya, masih dengan iven HUT RS pada Bulan Agustus tepat 17 Agustus akan diadakan Bakti Sosial di Kabupaten Keerom, rekoleksi bagi karyawan dan nanti akan ditutup dengan Perayaan Natal rumah sakit di akhir Bulan Desember.

“Puncak kegiatan ultah tanggal 22 April mengingat bertepatan hari lebaran, jadi kemungkinan bisa dimajukan atau kami mundur yang disesuaikan dengan kesediaan dari bapak uskup untuk memimpin misa ultah tersebut,” ungkapnya. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel